menu.hari.iniAvatar border
TS
menu.hari.ini
90% Pemuda Korea Kuliah, Indonesia Hanya 20% [Katanya mau dapet Bonus Demografi]


Jakarta -Jumlah kelompok masyarakat usia produktif yang besar membuat Indonesia berada pada tantangan yang besar pula. Indonesia bahkan berpotensi mengalami bencana demografi.

Demikian disampaikan Rektor IPB (ralat: ITB) Ahmaloka dalam paparannya pada dialog bertajuk Penguasaan SDM-Iptek Sebagai Kunci Kemajuan Indonesia di Masa Depan dalam rangkaian seminar bertema Refleksi 3 Tahun Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP(3EI) dii JCC, Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Menurutnya, ancaman utama Indonesia di sektor pengembangan SDM terutama dikarenakan masih rendahnya keterlibatan masyarakat indonesia usia 18-24 tahun yang mengenyam pendidikan.

"Sulit jika kita ingin menjadi negara maju kalau kondisi teknologi kita masih seperti ini. Jumlah mahasiswa Indonesia 6 juta. Kalau distatistikkan, angka partisipasi kasarnya baru 20%," kata Ahmaloka.

Artinya, dari setiap 100 orang penduduk Indonesia usia 18-24 tahun, hanya 20 orang yang bisa menikmati fasilitas pendidikan.

Angka ini sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan negara lain seperti Korea Selatan yang tingkat partisipasinya sudah 90%. "Kita sangat jauh tertinggal" tegas dia.

Permasalahan ini yang harus menjadi fokus pemerintah agar dapat segera diperoleh solusinya. Ia mengatakan, Pemerintah baru dapat melanjutkan program yang sudah dimulai di pemerintahaan saat ini.

Program tersebut adalah menyediakan SMK Plus dan juga Community Collage. Yakni berupa lembaga pendidikan kejuruan yang berfokus pada pengembangan SDM sesuai potensi pengembangan lokal di masing-masing daerah.

"Kemendikbud punya target 2020 jumlah mahsiswa bisa double. Jadi kalau sekarang partisipasinya 20%, diharapkan nanti 40%, kira-kira begitu," pungkasnya.

Ia kembali menegaskan, ini harus benar-benar menjadi perhatian pemerintah agar Indonesia tak terjerumus dalam jebakan bencana demografi.

"Sering kita dengar indonesia dapat bonus demografi. Itu kalau kita berhasil mendidik. Kalau kita gagal mendidik maka akan menjadi demografi desaster (bencana demografi)," pungkasnya.

http://finance.detik.com/read/2014/0...nesia-hanya-20
http://finance.detik.com/read/2014/0...nesia-hanya-20

Pe-er Era Pakde nih

Intinya gan, kita lupakan dulu debat kusir wacana MBT Leo

emoticon-Ngakak

ada ancaman nyata yang pasti akan terjadi 15 tahun dari sekarang.

kalo gue sih jujur aja: PESIMIS.

Diubah oleh menu.hari.ini 04-09-2014 12:28
0
4.2K
54
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan