Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ayah.rojakAvatar border
TS
ayah.rojak
[Bukan Leo Tapi Juga Diperlukan] Cari Rumah Sitaan? BPD Bisa Jadi Pilihan
Angga Aliya - detikFinance


Jakarta - Jika Anda berminat membeli rumah sitaan bank, tidak ada salahnya menghubungi Bank Pembangunan Daerah (BPD) di tempat Anda masing masing. BPD punya lebih banyak stok rumah sitaan ketimbang bank umum.

Pasalnya, tingkat kredit macet BPD lebih tinggi dari bank umum, sehingga banyak sekali barang jaminan debitur yang disita termasuk rumah.

Calon nasabah bisa menghubungi marketing bank di BPD terdekat. Salah satu karyawan bank daerah yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, mengatakan jumlah rumah sitaan yang dijual atau dilelang oleh bank tempat ia bekerja jumlahnya cukup banyak.

Lokasinya tersebar di Jawa Barat bahkan sampai ke ibu kota Jakarta. "Bisa dilelang tapi bisa juga ditawarkan langsung ke nasabah kita yang cari rumah, harganya biasanya lebih murah dari harga normal," kata karyawan BPD di Bandung bernama Melly kepada detikFinance, Rabu (3/9/2013).

Rumah-rumah tersebut disita oleh bank karena debitur yang mencicil gagal bayar meski sudah diberi peringatan beberapa kali. Bahkan ada debitur yang memang melapor tidak sanggup bayar dan akhirnya bank membantu mencari pembeli yang mau oper kredit.

"Kita ada daftarnya, itu bisa langsung lewat bank, bisa lelang, bisa juga oper kredit dari pemilik lama," ujarnya. Harga rumah sitaan ini biasanya lebih murah dari harga normal. Biasanya rumah ini dijual cepat karena di debitur butuh uang untuk lunasi utang.

Sementara jika lelang dilakukan oleh kreditur yang melakukan sitaan, biasanya bank sudah mendapat untung dari bunga yang disetor debitur sehingga jarang mematok harga tinggi.

"Biasanya lebih murah dari NJOP, kan mulai dilelang dari harga terendah. Bank juga sudah dapat untung dari bunga cicilan," kata bankir BPD bernama Melly.

BPD lain yang berdomisili di Jakarta juga memiliki banyak stok rumah sitaan. Salah satu karyawan bank tersebut yang bernama Rendi, ditunjuk menjadi tenaga penjual rumah sitaan itu oleh kantornya.

"Tiap hari saya keliling untuk cek kondisi rumah yang baru disita. Setelah itu saya tawarkan ke orang -orang terdekat dulu, seperti teman, keluarga, kenalan bisnis. Kalau belum laku juga nanti dilelang," kata Rendi.

Rumah sitaan yang ditawarkan BPD tempat Rendi bekerja tersebar di seluruh Jakarta hingga Tangerang, Bekasi, dan Depok. Ia mengkalim harganya lebih murah dari harga normal, tapi syaratnya harus dibeli menggunakan KPR di BPD tersebut.

"Pakai KPR dari kita lah, kan tujuannya itu. Kita juga dapat fee, bank dapat kredit baru," ujarnya.


[URL]http://m.detik.com/finance/read/2014/09/03/114415/2679875/1016/cari-rumah-sitaan-bpd-bisa-jadi-pilihan [/URL]


Anda pernah punya pengalaman membeli rumah hasil sitaan bank? Atau Anda justru pernah melelang rumah untuk lunasi utang bank? Kirim cerita pengalaman Anda ke sini emoticon-Smilie

Masalah perumahan seperti peralatan perang, juga harus sedia payung sebelum hujan, dan juga harus di prioritaskan emoticon-Angkat Beer
0
4.2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan