yudo_wAvatar border
TS
yudo_w
[Mouse] Review Gamdias Demeter Most Value Gaming Mouse
VALUE GAMING MOUSE GAMDIAS DEMETER



Hai hai gan balik lagi buat review produk baru, pada kesempatan ini ane akan coba mengulas produk baru gaming mouse, brand-nya baru gan, GAMDIAS.

Mungkin kebanyakan agan belum mengetahui brand Gamdias ini, pabrikan produk Mouse, Keyboard, Headset dari Taiwan ini memulai kemunculannya sejak 2 tahun yang lalu, tahun 2012, saat itu produk mereka belum sebanyak saat ini pilihannya. Menggunakan moto Gaming Art in Motion, Gamdias memfokuskan gaming mouse pada creative design, design body yang artistic dan penggunaan penamaan dan logo dengan symbol-symbol Yunani kuno.

Namun bukan hanya desain bentuk yang menjadi unggulan, tapi juga untuk software, baik untuk seting hardware, seting tombol klik, macro manager dan kemampuan pembaharuan atau update firmware secara otomatis, saat terhubung dengan internet.

Untuk Mouse yang ane ulas pada kesempatan ini adalah model DEMETER Optical Gaming Mouse. DEMETER merupakan salah satu produk value yang dikeluarkan oleh GAMDIAS, walau value model, kemampuannya juga tergolong lengkap dengan bahan material yang berkualitas, di desain dengan serius mulai dari body hingga kemasan, tampak seperti Gaming mouse bernuansa Lord of the Ring emoticon-Big Grin

UNBOXING GAMDIAS DEMETER



Box dari GAMDIAS bercorak dominan warna putih, nampak pada karton putih pembungkus atau boxnya logo GAMDIAS yg berkesan timbul bila terpantul cahaya, Nampak pengerjaan yang rapi dan berkualitas, secara penampilan luar nampak menjanjikan dari sisi box pembungkusnya.



Pada bagian depan terdapat beberapa fitur unggulan yang di selipkan pada box depan Demeter ini, yaitu 64K (onboard memory), 6 Smart Keys, 2000 Dpi. Dan pada bagian belakang ada tambahan fitur mouse berikut penjelasannya, tambahan fiturnya, Optical Sensor, Selectable polling rate dan Heavy duty 10 million click lifecycle.

Keseluruhan Fiturnya :
  • Optical Sensor, Demeter menggunakan optical sensor, yang memiliki tracking power yang berdaya maksimum untuk kebutuhan navigasi yang sangat presisi
  • 6 Smart Keys, 6 tombol mouse, dimana 5 tombol dapat digunakan untuk berbagai keperluan, untuk program macro editing yang berisi perintah-perintah tombol utama untuk keperluan game, penggunaan profile seting, keyboard keys, media control, fungsi windows, dll.
  • 64K onboard memory, Plug & Play di PC yg berbeda, dimana di dalam mouse tetap menyimpan 3 profile macro assignment yang sudah di seting sebelumnya.
  • Selectable Polling Rate, Poling rate yang dapat diubah mulai 125 / 250 / 500 / 1000 Hz
  • 2000 DPI, untuk keakuratan pixel menggunakan tingkat pixel men-support hingga 2000 DPI
  • Heavy Duty 10 million click lifecycle, umur kekuatan tombol yang digunakan di produk Gamdias, hingga 10 juta klik




Lalu kita buka box-nya gan, didalamnya terdapat mouse Demeter dan buku petunjuk instalasi serta bonus stiker logo GAMDIAS. Mouse DEMETER berwarrna hitam doff, dengan contour garis yang di desain classic, kombinasi warna tombol berwarna silver sangat sesuai dengan body hitam doff pada mouse. Mouse ini tampak lebih simple dan elegan dengan hanya menonjolkan dua cahaya pada scroll dan pada logo pada bagian punggung mouse.



Desain body mouse yang streamline, garis desainnya tampak kuat pada pinggiran mouse, bener terasa mulus gan di semua bagian. Rapih pengerjaannya, Ane pribadi suka dengan tambahan ornament garis pada mouse terkesan futuristik gan.



Mouse ini didesain untuk both hand (bisa untuk tangan kiri dan tangan kanan), posisi tombol back dan forward yang pada mouse biasa di jadikan satu di sebelah kiri, pada DEMETR ini dibagi sama rata, satu di kiri dan satu di kanan, sangat membantu untuk pengguna bertangan kidal. Jenis tipe mouse gaming ini terasa kurang besar di tangan ane gan



Pada bagian samping kiri kanan mouse terdapat texture kasar pada bagian grip jari tangan, membantu agar tidak terjadi slip saat digunakan. Seperti yang ane sebutkan di atas bentuk dan texture kiri kanan yang sama persis, membantu bagi pengguna mouse baik yang menggunakan tangan kanan ataupun tangan kiri atau kidal, nyaman untuk both hands user



Melihat bentuk lekukan pada bagian samping kiri kanan dan di belakang, bukan hanya desain ornament untuk mempercantik tampilan. Garis ini digunakan untuk meningkatkan alur udara saat di gunakan, dengan begitu akan mengurangi rasa gerah pada jari tangan, juga pada telapak tangan, saat digunakan dalam jangka waktu lama, bagus kan bagi ente para maniac game,ente pade kagak ada berhentinye maen online, apalagi pas liburan, jadi susah banget masuk server game online, penuh terus buset dah… emoticon-Big Grin



SOFTWARE DEMETER, “HERA”



Ok gan sekarang kita coba colokkan mouse Demeter ke Komputer, tapi sebelumnya kita siapkan dulu software GAMDIAS “HERA”. Untuk mendapat software ini agan harus download terlebih dahulu di website GAMDIAS http://www.gamdias.com/en/p/demetergms5000/ Link tersebut langsung menuju halaman Demeter, disana juga terdapat pilihan download software HERA. Setelah men-download software tersebut, install software HERA ke computer, usahakan mouse DEMETER jangan terpasang terlebih dulu.

Software HERA ini sendiri sebenarnya digunakan untuk semua model mouse GAMDIAS, tampak pada gambar tiap karakter pada tampilan software HERA mewakili tiap jenis mouse GAMDIAS. Mulai dari DEMETER, HEADES, ZEUS, APOLLO, semua mouse GAMDIAS terhubung pada software ini.



Setelah software HERA terinstall, lalu tancapkan mouse DEMETER pada USB port. Mouse akan segera terdeksi oleh software HERA, lalu akan tampil permintaan download untuk melengkapi file data mouse DEMETER. Jadi usahakan untuk tetap terkoneksi dengan internet saat menginstall mouse ini.



Setelah semua terinstall, maka Software HERA siap digunakan pada DEMETER, pada tampilan awal menu berada pada bagian “Key Assigment”. Pada menu ini kita bisa mensetting semua tombol pada mouse DEMETER, misal back and forward keys, dimana fungsi standard mouse untuk backward dan forward bisa difungsikan untuk fungsi yang lain, misal untuk fungsi macro atau yang lain.



Pada menu kedua adalah Macro Management, disini kita bisa membuat, mengedit script macro yang biasa digunakan untuk permainan FPS (First Person Shooter), seperti Point Blank, Counter Strike, AVA, game online berbasis shooter game. Pada menu ini kita bisa mengubah delay, command dan semua seting yang kita butuhkan pada mouse. Pada software ini pengguna bisa membuat file macro baru, menduplikat macro file, selain itu agan juga bisa menyimpan file macro ini sehingga bisa di copy di computer lain, berbagi / share macro script di tempat lain yang sama-sama menggunakan mouse Gamdias.

Untuk mengcopy atau menaruh file macro, agan tinggal menekan “Open File Explorer”, dari sini agan bisa langsung menuju folder penyimpanan file macro. Agan tinggal copy atau paste script macro agan ke dalam folder ini.



Menu ketiga, Mouse Control. Pada bagian ini kita bisa mengontrol seting gerakan mouse, mulai dari kecepatan cursor, kecepatan scroll, kecepatan doble klik mouse, DPI level dan Polling Rate



Menu keempat , menu “Mouse Luminance” Pada bagian ini agan bisa atur warna cahaya yang tampil pada mouse DEMETER, seting warna yang agan kehendaki atur gradasi warnanya lalu klik ok untuk menyudahi setting luminance.



Pada bagian ini Assign Sound and Timer, software HERA melengkapi kemampuan mouse DEMETER ini dengan setting suara dan timer. Agan bisa menyiapkan sound efek, dengan format WAV, untuk di inputkan atau dimasukkan pada tombol klik mouse ini, kalau agan klik kiri mouse mengeluarkan efek1, kalau klik kanan mouse akan muncul efek2, semua dapat diatur di bagian ini.



Begitu pula untuk timer, seperti contoh tampilan reminder di atas, agan bisa menggunakan fasilitas ini sebagai reminder dengan seting waktu yang agan tentukan, dengan reminder agan bisa mengubah kalimat yang akan tampil dilayar untuk pengingat.

Misal agan disuruh mami agan menjemput mami di pasar 30 menit lagi. Sembari agan main game agan set timer buat reminder 30 menit lagi, setelah 30 menit muncul pesan di layar, SAATNYA JEMPUT MAMI. Jadi tetep enjoy main game tapi tetap tepat waktu sesuai schedule, tanpa di omelin mami agan :P



Sound File Edit, disini agan bisa melakukan editing suara atau sound efek yang akan di inputkan pada klik mouse, bahkan agan bisa membuat efek baru, karena pada software ini juga telah dilengkapi sound recorder. Tambahkan sound efek dengan suara agan sendiri, cintailah produk-produk bikinan sendiri hehe…



Untuk agan-agan yang sudah mempunyai koleksi efek suara, bisa langsung dicopy ke dalam folder sound di dalam direktori software HERA, bila efek suara tadi sudah ada didalam folder Sound, efek suara tadi bisa langsung di lihat di dalam menu software HERA.



Untuk menu Timer setting ini juga digunakan untuk detail penggunaan timer yang tadi disebutkan pada Assign Sound & Timer. Disini agan set timer untuk countdown berapa hari, jam, minute dan second. Alarm juga bisa ditambahkan untuk reminder, tampilan waktu countdown, dan kalimat yg tampil bisa diseting disini., dan juga posisi tampilan pada layar di tengah, samping atau di atas dan bawah terserah agan yang seting



Pada menu Muscle Memory, akan menampilkan informasi penggunaan mouse GAMDIAS ini. Semua pergerakan dan informasi tiap tombol dapat dilihat disini.



Dan pada menu terakhir bagian Updated dan Support, akan tampil Firmware dan versi software Hera yang digunakan pada system yang agan gunakan.



Ada kabar baik dari distributor GAMDIAS Indonesia, Infonya.. GAMDIAS Taiwan memberikan beberapa script untuk pengguna game online FPS Point Blank, karena melihat animo pengguna game Point Blank yang cukup banyak di Indonesia, mereka menyediakan beberapa script untuk Point Blank, nanti pada bagian akhir akan ane beri link-nya, semoga bermanfaat. Tampak pada gambar cara penempatan file berextensi (.ahk), file.ahk tersebut berisi perintah macro, tempatkan pada directory macro di software HERA agan yang udah di copy di hardisk agan, supaya macro manager bisa langsung mengakses file tersebut.

BENCHMARK DEMETER

Pada Review ini ane coba test performa mouse ini gan, dengan tiga software penguji, yaitu :
1. Pavel Mouse Rate
2. Mice Judge
3. Shooting Test Performance



Rate (Pavel Pscheidl software untuk mengetahui Mouse Rate). Hasil mouse DEMETER : (freq : 500Hz) (delay : 2.0ms)



MiceJudge test quality hasil : A- masih terdapat gigi gergaji di struktur graphic-nya



Untuk Shooting Speed Test, hasil : DEMETER masih unggul dibanding standard gaming mouse

KESIMPULAN

Gamdias benar-benar serius merancang gaming mouse-nya, hal ini paling nampak pada tampilan software yang disediakan untuk gaming mouse-nya. DEMETER sendiri adalah salah satu produk value (kisaran harga sekitar 250rb-an) di banding model yang lain, apalagi seperti Zeus untuk bentuk body memang lebih garang dan komplit, secara performa mouse DEMETER ini sangat terbantu oleh software HERA, dengan berbagai fasilitas tambahan di dalam softwarenya tampak sangat membantu menambah fitur dari mouse DEMETER ini.

Kelebihan:
  • Harga mouse DEMETER tergolong murah untuk kelas gaming mouse
  • Desain mouse ringan dan desain both hands sangat membantu org yang bertangan kidal
  • Software HERA yang sangat menunjang performa DEMETER
  • Fasilitas tambahan pada HERA seperti sound untuk tombol mouse, reminder yang tampil di layar dengan seting waktu tertentu, sangat menunjang kemampuan mouse Gamdias
  • Hasil Macro Manager bisa disimpan dalam bentuk file ber-ekstensi .ahk, memudahkan pengguna untuk men-share atau membagi script macro,

Kekurangan :
  • Setelah men-download HERA software, tidak bisa langsung digunakan, karena HERA harus mendeteksi jenis mouse dulu, kemudian men-download file sesuai dengan jenis mouse-nya
  • Tombol Back dan Forward yang terpisah, agak tidak terbiasa bagia pengguna mouse standard, dimana tombol Back – Forward biasanya sejajar di kiri


Demikian sekilas produk GAMDIAS DEMETER, semoga bermanfaat bagi agan-agan sekalian, untuk menjadi pembanding saat menentukan pilihan produk gaming. Terima kasih atas perhatiannya.

Berikut ini untuk agan-agan yang membutuhkan script macro Point Blank untuk mouse GAMDIAS
Spoiler for Script Point Blank Mouse Gamdias:
0
5.8K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan