Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

biomiplasAvatar border
TS
biomiplas
Selamatkan Indonesia dari Sampah Plastik Ubah Jadi BBM Gan!
Halo GAN!

Pada tau tidak?
Data dari Kementrian Lingkungan Hidup (2008), jumlah sampah plastik penduduk Indonesia per hari mencapai 23.600 Ton dan saat ini sampah plastik telah menumpuk 6 Juta Ton atau setara dengan 1 Juta Gajah dewasa. emoticon-Bingung (S)

Pada tau tidak?

Kalau ternyata sampah plastik yang kita buang selama ini bisa dijadikan bahan bakar minyak setara dengan Minyak Tanah, Solar dan Premium emoticon-Malu (S)

Bagaimana kita bisa memanfaatkan kondisi ini menjadi sebuah peluang berharga?
Yuk kita simak emoticon-Smilie



Pemanfaatan plastik bagi kehidupan manusia memang tidak terelakkan. Sebagian penduduk dunia menggunakan plastik dalam kehidupan sehari hari.

Impor plastik dan barang dari plastik sepanjang Januari-Juli tahun 2011 melonjak 46% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2010, karena tingginya permintaan terhadap bahan baku plastik di dalam negeri.

Adapun untuk impor barang dari plastik atau barang jadi, menurut dia, terjadi khususnya pada produk terpal plastik impor, mainan anak-anak dari plastik, peralatan dapur (piring plastik).



Keistimewaan plastik selain memerlukan energi yang lebih hemat, plastik juga memiliki bobot yang ringan, praktis, dan tidak mudah pecah hingga menyebabkan tidak akan pernah bisa terlepas dari plastik.

InSWA atau Indonesia Solid Waste Assosiation, yang berdiri pada tahun 2003 dan sebagai wadah asosiasi yang menangani khusus pengelolaan sampah di Indonesia mengungkapkan perlunya bagi setiap unsur masyarakat untuk mendukung pengelolaan dan penggunaan plastik ramah lingkungan.



Persoalan persampahan di Indonesia merupakan sebuah fenomena nasional yang memerlukan perhatian khusus untuk menemukan solusi terbaik menyangkut bagaimana melakukan pengelolaan, pengurangan, penggunaan kembali, dan daur ulang.



Menurut Ketua Umum InSWA Ir Sri Bebassari, MSi, 100% manusia di dunia menghasilkan sampah, tapi hanya 1 persen yang peduli tentang pengelolaan sampah.

Tidak seorangpun yang bersedia ketempatan sampah, meskipun hasil buangan dari dirinya sendiri (not in my back yard-NIMBY). UU No 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah pasal 15 berbunyi, "produsen wajib mengelola kemasan dan atau barang yang diproduksinya yang tidak dapat atau sulit terurai oleh proses alam".



Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, laju penggunaan plastik pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Pertumbuhan kemasan plastik meningkat 10 hingga 13 persen per tahun.

Sebuah penelitian di Amerika juga menemukan fakta bahwa satu keluarga yang terdiri dari empat anggota keluarga, dalam setahun bisa menghabiskan kantong plastik sebanyak 1.460 buah.

Menurut kajian peneliti InSWA, setiap hari rata-rata orang Indonesia menghasilkan sampah 0,5 Kg dan 13 persen di antaranya adalah sampah plastik.



Dari permasalah tersebut timbulah ide untuk menyelamatkan lingkungan khususnya di negeri tercinta INDONESIA emoticon-I Love Indonesia (S) ini dengan menciptakan sebuah alat untuk mengkonversi limbah plastik menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat bahkan memiliki nilai jual.

Kita mungkin sudah banyak melihat tentang pemanfaatan limbah plastik menjadi aneka ragam kreasi seperti tas, tempat alat tulis, pajangan, dan masih banyak lagi.



Namun banyak yang tidak mengetahui atau menyadari bahwa bahan baku utama pembuatan plastik adalah dari minyak bumi yang dapat dijadikan bahan bakar minyak yang setara dengan minyak tanah, solar dan premium.

Pada dasarnya plastik adalah Polimer atau rantai panjang atom yang saling mengikat satu sama lain sehingga dengan sebuah proses yang disebut Pirolisis dapat mengembalikan plastik ke dalam bentuk asal mulanya.



Mekanisme Pirolisis adalah teknologi konversi sampah plastik menjadi bahan bakar minyak atau proses degradasi termal dengan cara memanaskan plastik tanpa oksigen dalam kondisi tekanan atmosfir pada temperatur sekitar 370-420 derajat C.

Pada temperatur tersebut plastik akan mencair dan berubah menjadi gas, sehingga rantai panjang hidrokarbon akan terpotong menjadi rantai pendek. Langkah berikutnya yang mesti dilakukan setelah itu adalah proses pendinginan gas tersebut, sehingga akan terkondensasi dan berubah menjadi cairan.

Cairan inilah yang nantinya menjadi bahan bakar minyak, baik berupa minyak tanah, solar maupun bensin.



Atas dasar tersebut tim kami melakukan berbagai percobaan demi terciptanya alat konversi yang benar-benar dapat mewujudkan teori diatas. Berkat kerja keras yang melelahkan selama kurang lebih 3 tahun melakukan uji coba terciptalah alat konversi limbah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) yang kami beri nama BIOMIPLAS Technology

BIOMIPLAS Technology atau biasa kami menyebutnya dengan BIOMIPLAS telah berhasil melakukan konversi plastik kembali keasalnya dan menghasilkan minyak setara dengan minyak tanah, solar bahkan premium.

Setelah merasa yakin dengan apa yang dihasilkan Tim kami berfikir untuk menyebarkan BIOMIPLAS ke seluruh pelosok di Indonesia untuk dapat mengatasi permasalahan limbah plastik.

Namun karena biaya untuk membuat BIOMIPLAS cukup lumayan maka Tim kami mencoba membuat kalkulasi bisnis, apakah biaya yang dikeluarkan cukup menarik dengan apa yang dihasilkan dari BIOMIPLAS.

Ternyata hasilnya sangat Fantastis!!

BIOMIPLAS mampu memproduksi hingga ratusan liter minyak per hari yang dapat di jual kembali dengan harga lebih murah dari harga minyak yang beredar ( kecuali BBM Subsidi...tapi sudah mau dicabut Gan emoticon-Big Grin ) sedangkan modal bahan baku utama hanya sampah plastik yang dapat dibeli murah dari para pengepul.

Itu artinya bisnis BIOMIPLAS ini memiliki potensi mengasilkan keuntungan hingga ratusan juta per bulan

Hal ini akan menjadi Solusi sekaligus Peluang Bisnis yang luarbiasa, bayangkan dari sampah yang dibuang bisa menjadi BBM yang begitu dibutuhkan masyarakat.



Semoga ciptaan karya ANAK BANGSA seperti ini bisa terus berkembang bukan justru ditekan, karna biar bagaimanapun bisnis bahan bakar minyak dikuasai oleh pihak tertentu. Kalau sampah bisa jadi bahan bakar minyak tentu masyarakat bisa beralih dalam pembelian BBM.

Mari dukung dan kawal karya ANAK BANGSA ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang Gan! emoticon-I Love Indonesia (S)

Agan mau tau lebih banyak tentang konversi limbah plastik jadi BBM dan hitungan bisnisnya? Main-main aja ke web BIOMIPLAS emoticon-Smilie

Gabung juga di Komunitasnya Gan!
https://www.facebook.com/biomiplas

Ditunggu komen-komen Agan semua yang tentunya bermanfaat untuk BIOMIPLAS kedepannya.... emoticon-Malu (S)

Tolong bantu di rate ya gan emoticon-Smilie

Buat yang mau proposal dan perhitungan bisnis bisa request tulis aja email agan dibawah komen agan emoticon-Angkat Beer

Sumber: http://www.biomiplas.com
Diubah oleh biomiplas 14-08-2014 16:25
0
11.3K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan