Quote:
Sekretaris Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Luky Eko Wuryanto optimistis proyek kereta super cepat (highspeed train) di Indonesia akan berjalan dan tidak merugi.
"Dari analisa tenaga ahli, pertama kali Jepang punya high speed train, pendapatan mereka sama seperti pendapatan orang Jawa saat ini. Makanya mereka percaya ini nanti akan banyak peminatnya," kata Luky kepada wartawan di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (26/8/2014).
Atas dasar pertimbangan pengguna jasa itulah, pemerintah untuk kali pertama membangun rute Jakarta-Bandung, dari rute Jakarta-Surabaya. Luky menuturkan, studi kelayakan tahap pertama sudah diselesaikan.
Lebih lanjut dia bilang, studi kelayakan tahap kedua akan lebih berat, karena menyangkut siapa yang akan mengelola apakah BUMN ataukah swasta. "Pak Menko bilang, silakan (investor) Jepang melakukan FS, tapi kita enggak mau diikat dengan teknologi yang hanya dari mereka. Minimal bisa compete dengan China, Korea, dan Eropa. Kita cari mana yang murah tapi spesifkasinya bagus ," imbuh Luky.
Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan bagian dari proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya. Pemerintah Indonesia menerima dana hibah dari Pemerintah Jepang sebesar 15 juta dollar AS untuk studi kelayakan proyek kereta Jakarta-Bandung.
Perkiraan awal, proyek kereta kilat ini akan membutuhkan investasi hingga Rp 56 triliun. Dana tersebut termasuk untuk membangun kereta sepanjang 133 kilometer dan pengadaan kereta cepatnya.
Kompas
Dibandingkannya cuma sama penduduk Jawa doang
itu orang apa gak nyadar ya kalau waktu Jepang bikin Shinkansen semua wilayahnya sudah ada kereta api konvensional.....
dari dulu ane berpendapat mending kelarin dulu pembuatan jalur-jalur KA di luar Jawa daripada ngebet bikin HST.....
duit 56 T bisa buat bikin jalur KA Trans Sumatera lho