Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jonrugintingAvatar border
TS
jonruginting
Besok Judgment Day di MK, Siapa Menang?
Quote:


Lima Opsi MK

Setidaknya ada lima opsi yang diperkirakan bakal jadi putusan MK terkait sengketa hasil Pilpres.
>> Opsi pertama, adalah memperkuat keputusan KPU yang memenangkan Jokowi-JK atas Prabowo-Hatta. Bila putusan ini diambil, maka tentu saja KPU layak berpesta. Jikalau MK menguatkan putusan KPU, artinya KPU telah melaksanakan tugas dan tanggungjawab untuk menyelenggarakan pemilu sebagaimana mestinya.
>> Opsi kedua, memerintahkan melakukan pemungutan suara ulang di sebagian TPS yang terindikasi terjadi kecurangan. Ada yang mengatakan, bila opsi ini kemungkinan besar yang jadi keputusan KPU karena lebih bersifat moderat dan merupakan putusan paling aman (jalan tengah). Tidak ekstrim ke penggugat (Prabowo-Hatta), tidak signifikan pada pihak tergugat (KPU) dan tidak menyakitkan bagi pihak terkait (Jokowi-JK).
>> Opsi ketiga, menganulir hasil Pilpres yang telah diumumkan oleh KPU dan memerintahkan pemilihan suara ulang di seluruh TPS se Indonesia. Bila putusan ini yang diambil, saya kira akan nampak ekstrim. Namun semua dimungkinkan jika memang didukung oleh fakta hukum yang sahih.
>>Opsi keempat, mendiskualifikasi salah satu peserta pilpres yang terbukti melakukan kecurangan atau menang karena terjadi kecurangan yang terstruktur, sistematis dan massif sebagaiman telah saya jelaskan di Menyoal Diskualifikasi Peserta Pilpres oleh MK. Ini barangkali opsi putusan teresktrim, tapi lagi-lagi, opsi putusan ini pun masuk dalam nalar konstitusi kita alias terbuka ruang jadi pilihan para hakim MK.
>>Opsi kelima, merekomendasikan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk memecat Anggota KPU yang terbukti melakukan pelanggaran yang dibuktikan di dalam sidang-sidang MK sesuai materi gugatan yang ada. Bila kemudian si anggota KPU yang dipecat ini mempengaruhi jumlah suara salah satu kandidat, maka implikasi turunannya adalah kandidat yang meraup suara dari aksi kecurangan tersebut bisa didiskualifikasi. Sekali lagi, diskualifikasi di sini tidaklah mudah. Harus ada bukti dan fakta otentik terjadinya kecurangan yang bersifat terstruktur, sistematis dan massif


Bagaimana Menurut Agan-Agan?
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 66 suara
Menurut Agan, Apakah MK akan mengabulkan Gugatan Prabowo?
ya, MK akan mengabulkan gugatan Prabowo
9%
Tidak. MK tidak akan mengabulkan gugatan prabowo
91%
0
3.1K
36
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan