CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ternyata Orang Jawa itu Juga berbeda-beda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f1a16d108b466b448b4668/ternyata-orang-jawa-itu-juga-berbeda-beda

Ternyata Orang Jawa itu Juga berbeda-beda

Tampilkan isi Thread
Halaman 61 dari 84
Quote:


O pantesan. Ojo di generalisir yo cuk
Ane sependapat sama agan.
Ane sendiri berasal dari Jember, dan bahasa jawanya juga agak unik, gak seperti bahasa walikan Malang atau Suroboyoan. Biasanya bahasa Jemberan itu ada akulturasi dg bahasa Madura. Bahasa jawanya kasar, bahasa maduranya juga kasar, dan terjadi akulturasi, dan itu lah bahasa yang ada di Jember. Gak cuman Jember aja yg punya bahasa ini, tp rata2 juga ada di karesidenan Besuki seperti Lumajang, Bondowoso, Situbondo, mmm trus mana lagi ya? gak inget emoticon-Bingung (S)

Bahasa jemberan favorit ane gan:
Ageh! = Gih!
Maktaker! = Masa sih? / Mustahil / Gak mungkin
Hadheklah! = Mampuslah / Unfortunately
Mangkakno = Makanya
Siyaaaaahhh! = Hah? Gak mungkin (asli yg ini bingung, sbenernya ga ada artinya hahaha)
Mak cek = kok segitunya (misal: Koen mak cek nakale seh? = Kamu kok segitu nakalnya sih?)
Akhiran -o = kalimat perintah (misal: Mreneo! = Kesini gih!, Sabaro! = Yang sabar kamu!, Mblayuo! = Kamu lari sana!)

Kayanya cuman segitu aja yg ane inget gan.
emoticon-Ngakak
Diubah oleh grakgrakgrak
ane tambahin gan dr sisi bahasa dan intonasi
jatim: gueeedee, dg intonasi semakin naik
jateng: gedi, dg intonasi semakin turun
intinya biasanya jatim lebih keras dibanding jateng.
orang jawa yg sesungguhnya itu yg tinggal diwilayah pecahan kerajaan mataram yaitu: jogja dan solo

wilayah kerajaan solo itu tidak hanya karesidenan surakarta (solo, boyolali, klaten, karanganyar, wonogiri, sukoharjo, sragen) tapi sampai jawa timur... ngawi, madiun, pacitan

kalo wilayah solo keutara... purwodadi, ingat bahwa hutan disana adalah milik sinuhun (raja solo) yg sekarang dikelola PTPN

trus gunung lawu itu jg wilayah solo walaupun lokasinya di jawatimur

kalo wilayah kerajaan jogja tepatnya... ane kurang faham tp sampai ke gunung merapi dan laut selatan

jujur ane bangga dg raja jogja yg telah yg sangat dekat dg hati rakyat... bahkan ngerso dalem (sebutan beliau) sejak andilnya sangat besar buat pendirian negara Republik Indonesia ini

demkian tambahan dari nubi... mohon ditaruh dipejwan jika berkenan

jangan terkotak2 suku mana... kita semua adalah warga negara Indonesia

emoticon-I Love Indonesia
orang jawa itu mencakup 3 propinsi ; D.I Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
makanya orang jawa itu beda-beda.
Oh iya gan, pernah juga ane selalu miskomunikasi sama orang jateng. Ane sendiri orang jatim. Berikut ceritanya...

CERITA 1:
Ane: (masuk kuliah abis setelah beberapa hari sakit)
Temen Ane: Heh, kowe wes mari?
Ane: Hahhh??? Opone sing mari?
Temen Ane: Yo kowe, kowe wes mari? Jarene lara wingi.
Ane: Iyo, ncen lara. Emange aku mari opo?
(tet tooooot, misunderstood!)

CERITA 2:
Ane: (lagi nungguin dosen pembimbing buat konsultasi karena masih ada mahasiswa lain yg lagi bimbingan sama dia)
Temen Ane: (tiba-tiba nongol) Eh, kowe gak niliki Pak Pembimbing?
Ane: Hahhhh? Niliki? Opone sing ditiliki?
Temen Ane: Yo iku Pak Dosen Pembimbingmu, wonge wes rampung.
Ane: Iyo, tapi opone sing ditiliki? Njijiki ikih!
(tet tooooot, misunderstood!)

CERITA 3:
Ane: (lagi santai2 dulu sebelum berangkat kuliah)
Temen Ane: (menyeruak masuk dan menyapa ane) Heh, kowe gak mangkat?
Ane: Ya Allah, aku sek urip jeh. Dungamu iki elek tenan.
(tet tooooot, misunderstood!)

emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak

Bagi yg ngerti bahasa ane, pasti akan paham di mana letak kesalahpahamannya hahahaha emoticon-Ngakak
nambahin gan.

Katanya orang jawa itu

Kalo udah di posisi yang tinggi atau sukses dalam bidang pekerjaan
tingkat gx tau dirinya tinggi.
alias ngerasa dewa.

sebenernya si IA.. ahaha

soalnya suaminya adik bapak saya jawa tuh..(ada 2 orang)

ya emang kampret si menurut ane DUA-DUANYA ..
opo-opoan iki cok, gak usah mbedak-mbedakno,. podo ae pek, arek2 iki gapleki kabeh, taek...hehehehe
Quote:


ora generalisir,tapi sebatas pengalaman ae cuk....
pengalaman kan bedo2,nek pengalamane pean bedo yo wajar2 ae...
sek penting ojo tukaran.... emoticon-Kiss
Tau apa ente tentang orang jawa tengah gan?
opo-opoan iki cok, gak usah mbedak-mbedakno,. podo ae pek, arek2 iki gapleki kabeh, taek...hehehehe
aku bukan orang jawa ka emoticon-Malu
Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
kesalah pamahan 1. mari,jateng=sembuh,jatim=sudah,selesai
2. niliki,jateng=menjengung,menengok,jatim=nonton,melihat
3.mangkat,jateng=berangkat,jatim=mati..
Hargai perbedaan gan..
Hmm, iya si emang. Bicara atau logat orang jawa bagian timur emang terkesan kasar. Tp ya emang begitulah bawaannya. Beda sama orang bawa bagian tengah yg halus, nada bicaranya biasa dan lebih sopan. Tp gak semua juga gan, coba deh ke utara, pasti nada bicaranya keras dan cepat. Hehe.

wakakak
ane punya sepupu org sidoarjo, dan persis kaya ts bilang dkit2 pamer, istilah nya biar miskin asal sombong, wkwkk
no offense emoticon-Peace
Jancokk,,,gan...ane asli surabaya cuma sekolah di solo...99% bener apa yg disebutin TS...

Kalo ane jujur lebih nyaman berteman akrab dengan arek jawa timuran daripada jateng dan sekitarnya...karena lebih blak2anemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


mari = sehat
niliki = marani
mangkat = budhal

wokwkwkwkwokwk

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

bener banget nih....ane sbagai orang surabaya jg ngerasain emoticon-Embarrassment

memang karakteristik orang jatim terutama surabaya lebih "kasar & cablak" sih ya dari orang jawa tengahan, sehingga kadang2 terjadi misskomunikasi gitu kalo lagi interaksi sama temen2 dari jawa tengah emoticon-Hammer

menurut kita biasa aja....menurut mereka bisa luar biasa emoticon-Hammer ( luar biasa nggak sopannya emoticon-Hammer )

jadi terkadang sampe ane suka bertanya2 sendiri " apa ane salah ngomong ya emoticon-Confused: "

soalnya yang menurut kita nada bicara biasa, supel, rame , cablak, gampang akrab sama orang,, malah dibilang "kasar, nggak sopan, centil, berisik, dll "

emoticon-Hammer memang butuh banyak waktu untuk saling mengenal satu sama lain dengan budaya yang berbeda emoticon-Berduka (S)
Quote:


punya pengalaman yg sama nih... ane juga kaget waktu itu, hari pertama masuk kuliah setelah sakit, ditanya "wis mari?"...ane kira ada tugas kuliah yg belum kelar...hahaha

istilah Malang:
mari = kelar, selesai
waras = sembuh

istilah Jateng:
mari = sembuh
waras = tidak gila

susah yaa...

Diubah oleh sava10
Halaman 61 dari 84


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di