CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ternyata Orang Jawa itu Juga berbeda-beda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f1a16d108b466b448b4668/ternyata-orang-jawa-itu-juga-berbeda-beda

Ternyata Orang Jawa itu Juga berbeda-beda

Tampilkan isi Thread
Halaman 60 dari 84
ane pernah ke malang, pas liat tv berita pake bhs daerah alias jatim-an.. asli ngakak gan...emoticon-Ngakak.. pas si pembawa beritanya cewe ngebacain berita tentang razia psk (ane ngerti dikit2), di kamer ada yg lagi "ohok-ohok", dijaring satpol pp.. itu bawain beritanya bisa lempeng gitu tp pas bilang ohok-ohok itu ane ngakak sejadi-jadinya
Nih gan ane luruskan lagi, ga semua jatim gtu..
Menurut bokap ane yg asli blitar, di daerahnya sedikit lebih kalem dibanding di daerah malang surabaya dan sekitarnya.
Gitu.. emoticon-Malu (S)

Org jawa timur jg ada yg lamban lemot dll, itu contohnya pak esbeye sama wakilnya, mereka dr jatim semua lho emoticon-Peace


CMIIW
Ane orang arek,
Emang kasar tapi ane juga sakit hati kalo dikasarin. Apalagi kalo ada yang misuh2 tanpa sebab. Tapi kadang ucapan tergantung emosi seseorang juga, ada yang kasar tapi emang logatnya kayak gitu. Tapi ada pula yang kasar karena marah2. Harap maklum aja, beda kepala beda karakter emoticon-Sorry
jadi gatel pengen komen nih,
menurut ane di jatim pun udah beda di tiap kota, pembaginya sih menurut ane dari karesidenannya, spt karesidenan surabaya (surabaya, gresik, dan sidoarjo) udah beda sama sama karesidenan malang (malang,pasuruan dst) kalo karesidenan surabaya itu yang paling kasar, kalo malang itu sedikit halus, dan karesidenan mojokerto (mojokerto, jombang, lamongan dst) sedikit medok bahasanya, tp perbedaannya tipis sekali kalo orang luar yang dengerin ya sekilas sama. spt contoh : kata tidak, surabaya = gak!, malang = ora. ane aja yang asli gresik pas awal kuliah ke malang agak aneh denger bahasanya, tp bisa cepat menyesuaikan sih, karena perbedaannya cm sedikit dan masih bisa dimengerti.

yang susah tempat kerja ane sekarang, di jawabarat, cirebon lebih tepatnya dan kantor ane rata2 orang jawa tengah semua, jadi waktu dikantor harus lebih hati2 dalam bertutur kata (karena menurut pengalaman ane orang jawa tengah mudah tersinggung dg kata2 yg asal ceplos) dan waktu di kosan ane juga harus belaajar bahas daerah sini (cirebon penggunaan bahasanya aneh, bahasa jawa tp ada campuran sundanya dikit, dan logatnya aneh, dan kebanyakan di cirebon juga ada perantauan orang sunda, ex: majalengka, kuningan, indramayu) jadi harus belajar dua bahasa itu, tp sangat menyenangkan juga belajar bahasa daerah yang ada di indonesia ini, ane malah rencana pengennya pindah sumatra aja dan mempelajari bahasa disana emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh poeboy
ane setuju gan...

ortu ane asli daerah banyumas semua tp dinas di jatim, ane dari lahir sampe lulus SMP di jatim n sekarang udah 5th di banyumas...
untuk masalah postur ane setuju bgt gan, soalnya di jatim postur ane termasuk biasa2 aja gan, tp di SMA ane di jateng ane tertinggi nomer 2 di sekolah..
temen2 ane kgk percaya kalo di jatim tinggi ane termasuk biasa2 aja ( ane 183cm gan)...

masalah guyonan sama temen ane yg bahasanya ngapak pun ane gak nyambung gan, mereka garing bgt guyonannya tp mereka yg nganggep ane garing.. .
(pdhl guyonan ane cenderung kelewatan bahkan dari kelas 10-12 pasti ada yg jotos2an sama ane),
pas salah satu dari temen ane kuliah di daerah wetan dia baru sadar kalo guyonan dia yg garing sampe2 disana dia jd pendiem saking garingnya...haha

secara pribadi sih ane lebih suka sama daerah jatim dari segi makanan,sifat orang2nya, dll...
di banyumas ane cuma suka soto sokaraja'nya doang...


segitu aja deh capek ngetik lewat hape gan....
Yep.. Yg halus blom tentu sifatnya baek smua.. Dan yg kasar jg blom tentu sifatnya jelek smua.. emoticon-Smilie
Quote:
Panjenengan wong Solo toh? emoticon-Stick Out Tongue

Kalau wong Solo itu menurutku...

Khasnya itu diem-diem (low profile) tapi menghanyutkan! emoticon-Najis
Suka belagak bego, belagak polos, padahal pengetahuannya justru sebenarnya lebih luas! emoticon-Hammer2

Asu tenan lah pokok e! emoticon-Ngakak

Wong Solo itu biasanya tidak terlalu suka pamer harta, mereka ini lebih prefer pamer skill (kemampuan, pengetahuan, dsb). Rumah di perantuan boleh cuma "gubuk" doang, tapi jangan ditanya deh kalau urusan aset di kampungnya!

Untuk urusan "koneksi" atau channel / link, kenalan mereka ini cukup banyak! Kenal si ini lah, kenal si anu lah, pokoknya buuuaaanyek e minta ampun! Tapi coba pas tiba urusan nongkrong, curhat, dll? Yo koncone musti yo iku-iku wae!!! emoticon-Ngakak

Soal urusan cita rasa, selera, beeeuuuhhh... mereka ini paling high taste dan paling anti sama yang namanya mainstream! Beda jauh sama "ndeso - ndeso" yang lainnya. Jarang gue nemuin orang Solo yang alay! emoticon-Bingung

yang paling gue dongkol sama "Jawa" yang satu ini, mereka ini paling langka yang namanya ngekritik orang, apalagi secara langsung! Klasik sih,... alasannya terlalu jaga perasaan orang! Padahal mah orang lain juga belum tentu jaga perasaan doi! emoticon-Najis makanya sering banget orang-orang kayak mereka tuh suka dimanfaatin! emoticon-Cape d... Yo jelas lah... wong ndak banyak protes! emoticon-Ngakak

Paling nggak banyak musuh, kalem, adem, bawaanya tenang, ndak banyak omong,... pokok e kalau ente kebetulan lagi nongkrong sama temen-temen ente yang beda suku, mereka serasa ndak ada disitu lah pokoknya! emoticon-Ngakak
pengalaman sama org jawa jadinya agan ts nih
jancuk emoticon-Ngakak kalo menurutku sih emang cocok banget itu gan emoticon-Ngakak
saya sependapat dengan ts emoticon-Shakehand2
walopun saya bukan orang jatim emoticon-Wink
perincian sifat jawa timur yg di jelasin oleh TS lebih ngarah ke orang surabaya tuh..

surabaya dan kota sekitar emang kayak gitu sifatnya..
kalo orang madiun dan sekitarnya masih ngikut gaya jogja.
jember, banyuwangi dst ngikut madura

ane sidoarjo pinggiran tapi gak pernah ortu ane ngomong kasar, eh nenek moyang ane yg d surabaya kasar bener omongannya emoticon-Ngakak
Quote:


sami mawon, mas...hahaha
dijawa memang berbeda gan,ada yang bahasa alus dan kasar.ane juga dari jawa gan..salken yah emoticon-Kiss
jancooooook
TS bener bgt
Share pengalaman pribadi gan.. ane anak jogja, tp sekarang lg di tegal proses bikin bst. Emang bener mulai dari makanan udah beda rasanya. Kalo jogja khasnya manis, kalo sini asin tenan. Gek logat nya jg aneh" lucu gimana gitu, jd kalo pas dikelas bikin ga bisa masuk teorinya bahasanya bikin ngakak mulu bawaannya. Dan terus maaf bukan maksud saya ngremehkan ato gimana, kebanyakan orang sini pemuda nya kaya andika kangen band gan...wkwkwkwkw

Sekian trimakasih wasalam
Quote:


gatel juga pengen komen ini...
sejak kapan "ora" jadi bahasa Malang??
hahaha....ancen e arek Nggresik....
ane orang betawi gan tapi gak sepenuhnya betawi sih nyokap ane orang sunda...
lucu gan kalo orang jawa yang ngomongnya ngapak-ngapak, bokap ane aja suka ngeledekin tetangga ane yang orang jawa timur kalo ngomong kaya gitu, tapi kita rukun-rukun aje gan malah kadang-kadang tetangga ane yang jawa suka ngeledekin bokap ane juga yang orang betawi hahah tapi gak pernah ampe brantem malah pada saling ketawa...

itulah Indonesia gan, Bhineka Tunggal Ika !!! Mantap!
Quote:


Jare sopooooo
Jawa tengah itu juga beda beda lho gan..
contohnya solo sama jogja.itu aja udah ada perbedaan lho. walopun sangat sulit membedakan kalo gak terbiasa.

ya itulah Bhinneka Tunggal Ika emoticon-Smilie
Quote:


jare ku ta....
waduh baru tau ane gan hahahaha
Halaman 60 dari 84


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di