CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ternyata Orang Jawa itu Juga berbeda-beda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f1a16d108b466b448b4668/ternyata-orang-jawa-itu-juga-berbeda-beda

Ternyata Orang Jawa itu Juga berbeda-beda

Tampilkan isi Thread
Halaman 59 dari 84
jangankan beda kabupaten, satu desa aja ada yang beda bahasanya..
contohnya di kampung ane (bekasi pesisir)

itulah indonesia dengan segala keberagamannyaemoticon-Kiss
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
orang jawa emang keren gann
itulah orang jawa timur gan tp tetep emoticon-I Love Indonesia (S)
kalo daerah ane dapat imbuan "leh","go","em"
contoh: pyeleh, wesgo, bapakem
meski berbeda kita ttp satu bangsa jgn lupa ya
Bener sih. Tapi kalo ente pernah hidup di jawa tengah sebelah barat (ngapak) jawa tengah (tengah ke timur) sampe ke jawa timur pasti ada kesamaan bahasa. Tapi kalo udah di jogja, Beda banget bahasanya. Masih bahasa jawa tapi beda. Misal kamu dalam bahas jawa adalah kowe. Jika di bahasa jawa ngapak maka menjadi rika. Rika dalam bahasa jawa biasa berarti sana/di sana (halus), lalu di surabaya juga tau riko. Hanya beda pelafalan saja, a dan o.
Yang ane pahami adalah, banyak kata dlm bahasa jawa yang di jogja sudah jarang orang gunakan, tapi di jatim digunakan.
Tdk bisa di digeneralisir sebenarnya, saya Jawa tapi Lahir di Pedalaman Jambi, saya pernah dpt beasiswa dari Kampus dan dpt IP 4, semua memiliki kesempatan yang sama dan perbedaan adalah warna kehidupan, salam Pujakusuma, bacando bakumpul kito basamo
Quote:


berarti apa yg jd pengalaman ane bener dan terbukti kan... emoticon-Ngakak
Ane jawa timur gan..
kwkwkw.. tapi ane pendek.. emoticon-Ngakak
Kalo kasar emang iya sie.. rata rata orang tau ane anak jatim karna ane kebiasaan ngomong "kon" sama "rek" mungkin tuh trendmark nya anak jatim, susah di ilangin.. emoticon-Ngakak
Ane Jawa Timur gan.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Diubah oleh saoto
ane suroboyo gan.. haha

ealah cukz cukz suroboyo cukz,..

tp ane lebih suka suasana kotanya dikota solo dan Jogya.. lah suroboyo isine delok Tleler, Truk mbe pick up ben dino sampe sumpek..

salah kota paling ane gan..



Bener bgt gan, ane orang tegal tp lama stay di jakarta...Nah, pas ane ada tugas kantor ke Surabaya bener2 ane excited bgt soalnya kawan2 baru ane di sana kocak, ngocol, kasar tapi bener2 ane kerasan di sana. Oia, kawan2 ane di sana rata2 umurnya lebih tua dari ane lho...tapi asik bgt gayanya!!

Klo pengalaman buruknya sih, waktu masih kuliah dulu ane coba2 ngamen di blok M (Mayasari 37) buat tambahan jajan...laaaah, apesnya kebablasan trus ketemu arek2 di sono, gitar ane mau di pecahin emoticon-Takut
emang bener gan, klo ane sama sohib ane di jogja sering banget manggil dia cok emoticon-Ngakak
Quote:


kediri ngendi kang emoticon-Ngakak
iyo eg kang emoticon-Sorry
nang kene siing "paling diminati" nek ra pulisi, tentara, dokter, pns..
tapi cabe2ane ora kediri ora malang ora surabaya podo wae kok kangemoticon-Genit
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
dopos gan....
Diubah oleh mr.sompretos
sekedar info aja, jawa tengah, terutama daerah yang logatnya 'ngapak', justru budayanya egaliter, tidak mengenal ningrat atau priyayi, bahasanya pun awalnya tidak mengenal bahasa krama/alus
karena pengaruh daerah jawa tengah yg lain, seperti solo, jogja, dll, yg bahasanya 'bandek' baru bahasa krama mulai digunakan di daerah ngapak

imho sih, sebatas pengamatan ane sebagai org yg besar di purwokerto
-dopost
Diubah oleh sigit3

jatim vs jateng , tidak pernah akur dengan kata : MBONCENG

Bagi orang jateng, mbonceng itu adalah orang yg dibelakang. Tapi bagi orang jatim, mbonceng itu adalah orang yg dibelakang.
Betul banget gan. Ane juga orang Jawa tapi keturunan doangemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Bokap ane Jawa timur nah nyokap ane jawa tengah
Kebetulan Ane lahir diKalimantan
Diubah oleh noerzhidayat
Ane orang luar jawa yg besar di jawa barat gan, tapi sekarang lagi numpang hidup di jawa timur. emoticon-Big Grin
Yg ane lihat, orang2 disini memang lebih terbuka dan ngomongnya blak2an.
Trus kayaknya mereka doyan banget ngopi emoticon-coffee ane jadi kebawa sifat dan budaya jawa timur.
Nah, waktu ane liburan ke semarang dan jogja ane dan temen2 ane dari jatim dengan santainya ngobrol cak-cuk style emoticon-Big Grin
Dan langsung jadi pusat perhatian (dan cibiran) orang2 sekitar emoticon-Ngakak (S)
Akhirnya kami pun menyesuaikan bahasa emoticon-Embarrassment

*Biarpun beda, kita harus tetap menghargai budaya lokal gan. emoticon-Big Grin
Halaman 59 dari 84


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di