CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ternyata Orang Jawa itu Juga berbeda-beda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f1a16d108b466b448b4668/ternyata-orang-jawa-itu-juga-berbeda-beda

Ternyata Orang Jawa itu Juga berbeda-beda

Tampilkan isi Thread
Halaman 56 dari 84
ane keturunan jawa...gak jawa tulen sih... soalnya masih sedikit ada darah cina jg...
babe ane jawa timuran(mojokerto), mamah ane keturunan cina yg tinggal di jateng(gede di jogjanan,lahir di ngapakan)...

ane gak kaget dengan persepsi TS..
soalnya emang banyak yg ane alamin sendiri..

ane biasa blak2an walaupun hidup di jateng,dan banyak yg tersinggung karena ane terlalu blak2an... klo gak cocok,gak suka,gak setuju,ya langsung aja bilang. dan mereka jadi freak... hahahha
padahal orang jateng itu kalo gak suka rata2 cuma bisa nyindir2 doang... lebih sakit mana coba?di sindir atau di kasih tau langsung(blak2an)???

menurut pegalaman dan yg ane rasain sendiri sebagai keturunan cina.orang jateng itu menganggap orang cina itu sebelah mata,dan antipati..
sedangkan di sby dan sekitar,mereka bisa lebih baik menerima keturunan cina,dan orang majapaitan itu lebih mudah menerima perbedaan di banding mataraman.

segitu aja deh share dari ane...

salam damai slalu... emoticon-Kiss
ane anak pasuruan...
apa ane juga tinggi yah?
klo ama temen sebaya ane paling pendek emoticon-Matabelo
Quote:


a: piye kabare dab?kok rung modhar kowe? emoticon-Ngakak
b:wooo bajiguuriii,muatamu Tho emoticon-Ngakak
menurut ane enakan jogja gan,ente blm pernah liat org jogja blak2an mungkin,,biasanya sih cuma sama tmn2/ gank aja sih,orang jogja - solo itu sebajingan apapun tetep kalo ngomong sama org yg lebih tua selalu gunain bahasa jawa alus dan bersikap sopan ,
Diubah oleh OrangSelat
Jiancok, TS e ancene gateli puol emoticon-Ngakak
Salam jancok gan, emoticon-Ngakak
ane orang jawa timur gan, dan ane suka rujak emoticon-Big Grin
yg jabar kok tdk dibhas jg gan?
satus persen ak wong jatim cak emoticon-Ngakak Bpk wong Sby,,Ibu wong Jember emoticon-Kiss berbeda2 kota,suku,bahasa gk masalah,yg penting tetap satu "INDONESIA" emoticon-I Love Indonesia
hm.. bener juga kata TS ya ..
logat aja beda
jangankan Jawa. Surabaya - Gresik - Lamongan aja sudah berbeda, beda baik dari segi bahasa, budaya, maupun perilaku masyarakat sehari-hari, pdhl kota tersebut berdekatan.
ane nggomong gini karena pernah tinggal di 3kota tsb emoticon-Blue Guy Peace
dari nama (daerah)nya aja udah beda gan
jawa barat, jawa tengah, jawa timur
dan sekalipun satu daerah.. jangan digeneralisir juga gan
sudah fitrahnya tiap manusia berbeda sifat
emoticon-Big Grin
ane punya temen asli surabaya orangnya pendiem gan..
ngomong juga pelan.. ga blak blakan
Diubah oleh abizaidan
setelah ane inget2 dengan seksama & dlm tempo yg sesingkat2nya ttg pacar ane yg jawa timuran...
apa yg ts katakan 87,3 % benar
emoticon-shakehand
ane orang surabaya yang melewatkan waktu selama 5 tahun di salatiga, jadi saya tahu persis gimana perbedaan karakter jawa timur dan jawa tengah.

ane setuju ama TS, beberapa point emang bener. emoticon-Jempol emoticon-Jempol

orang timur lebih tinggi dari tengah secara fisik emang bener gan. mgkn faktor alam dan genetis kali ya gan.

orang jateng emang ramah bgt gan, sopan santun dan toto kromonya AKHIRNYA menular ke ane. ane jadi ngerasa budaya suroboyoan kurang sopan kalo ama orang tua, tapi kalo ama temen sebaya ga usah ditanya gan jauh lbh nyaman karna kayak udah ga ada batasan.

orang jateng emang "mbendol mburi" gan, beda dengan orang jatim yg lbh suka "hajar bleh" dulu kemudian damai n dadi temen akrab. itu ciri khas orang jatim gan.

pelit itu masalah orang masing2 gan ga ada hubungannya dgn jateng ato jatim, sama aja kok ada yang pelit ada yang emang "lumo".

kesimpulannya jateng maupun jatim punya kelebihan dan kekurangan sendiri2.
ane bangga jadi orang jatim dengan karakter kami, dan saya senang pernah tinggal di jateng yang ramah.

oia kalo masalah guyon atau bikin lawakan, orang sunda dan betawi lebih luwes gan. kalo orang jatim emang terkenal ludruk dan becanda ala becakan. orang jateng emang orangnya lebih kaku n serius pembawaannya. orang sunda dan betawi paling asik kalo menurut saya, bener2 bisa bikin ketawa. secara ane hidup di jakarta sekarang dan temen2 banyak orang sunda,hehehe

yang paling penting dari suku apapun dan daerah dimanapun kita tetep satu indonesia (bukan pilpres2an lho ya...) emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
serem bgt kalo semuanya sama malah gan emoticon-Ngakak
beda2 semua . . .

tapi tetap satu Indonesia

emoticon-I Love Indonesia



Terlalu luas gan jawa mah emoticon-Ngakak
hahaha 99% bener gan yang agan bilang

sebagai gambaran klo urusan guyonan jawa timur kurang lebih seperti ini

Yang dikatakan TS memang bener, tapi gak semuanya bener. Kalo menurut ane sih, orang jateng memang main aman, mereka gak pengen bikin sakit hati jadi lebih baik jaga perkataan dan perbuatan.
ane juga orang jawa, tp mirip orang bandung emoticon-Big Grin
bbrp poin ada bener nya...
Halaman 56 dari 84


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di