Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

peletakpeletikAvatar border
TS
peletakpeletik
Senam Beladiri Citbitik Mayangkara



SENAM BELADIRI CITBITIK MAYANGKARA


Perguruan Senam Beladiri Citbitik Mayangkara merupakan salah satu silat tradisional betawi. Silat Citbitik berawal pada abad 17 yang diwarisi dari pendekar wanita pada tempo tersebut yang bernama “Mak Tjenik“ kepada seorang pemuda asli kampung pasar minggu yang bernama “Ncit“. Ncit merupakan sosok pemuda yang rajin, sholeh dan berbakti kepada orang tua. Oleh kakeknya ncit diberi nama kesayangan yaitu “Bitik” maka dikalangan kampung pasar minggu ia dikenal dengan ncitbitik.
Ilmu Silat ini diturunkan secara turun temurun kepada anak cucunya. Pada awal abad 19 ilmu silat ini lebih dikenal dengan nama “Maen Pukul Monyet Putih”. Hampir seluruh masyarakat asli pasar minggu pernah belajar ilmu silat tersebut. Pada saat ini “Maen Pukul Monyet Putih” terbagi menjadi dua aliran yaitu “Silat Citbitik Sejati” dana “Senam Beladiri Citbitik Mayangkara”. Diantara dua aliran tersebut hanya Senam Beladiri Citbitik Mayangkara yang tercatat sebagai anggota IPSI dengan no. Anggota 88/IPSI/15/SP/V/1988.
Senam Beladiri Citbitik Mayangkara dibawah asuhan guru besar “Bapak Abbas” dan "Bapak Bambang Widyantoro SH" serta dibantu pengembangannya oleh dua pendekarnya yaitu “Bapak Marzuki” dan “Bapak Choerudin”.
Di dalam perkembangannya silat ini bukanlah nama asing bagi kancah prestasi olah raga silat khususnya di wilayah DKI Jakarta. Banyak sudah prestasi yang diraih oleh para atletnya baik putra maupun putri. Diantara prestasinya adalah : Emas putra kelas G pada POPNAS di Palembang, Perak putra kelas I dan kelas E pada PORDA 2001 dan banyak lagi prestasi yang diraih pada tahun 2002 baik mewakili perorangan maupun sekolah.
Dalam materi latihannya silat ini dibagi menjadi 3 kelas yaitu : Silat Tradisional, Silat Prestasi dan Senam Pernapasan. Adapun tempat dan jadwal latihan Senam Beladiri Citbitik Mayangkara saat ini di Balai Rakyat Pasar Minggu pada hari selasa dan jumat pukul 20.00 - 22.00 WIB.



# UNTUK SAAT INI LATIHAN DIPINDAHKAN SEMENTARA, KARENA GOR BALAI RAKYAT PASAR MINGGU SEDANG DALAM RENOVASI.
LOKASI : Jl. Raya Ragunan Gg. Mawar, Pasar Minggu (tidak jauh dari GOR Balai Rakyat)
0
3.7K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan