- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
[IDE] Kurikulum 2014 : Sebuah Perubahan Besar bagi Pelajar


TS
Grose
[IDE] Kurikulum 2014 : Sebuah Perubahan Besar bagi Pelajar
Quote:
Agan-agan pasti semua udah tau dong tentang Kurikulum 2013 rancangan M. Nuh yang nota bene bagus di atas kertas, tapi kenyataannya masih banyak kendala
Banyak media, lembaga, murid, dan orang tua yang mengeluhkan buruknya Kurikulum 2013. Pulang sore lah, nambah beban pikiran lah, jadi makin stres lah
Karena hal itu, ane sebagai pelajar, yang walaupun belum merasakan Kurikulum 2013 (Ane angkatan terakhir KTSP 2006
) Ane telah melihat secara real keresahan para angkatan di bawah ane
Mengkritik memang perlu, tapi memberikan sebuah solusi/alternatif, itu jauh lebih perlu. Maka dari itu, Ane persembahkan....




KURIKULUM 2014
Kurikulum berbasis : Kreativitas, Akhlak, Pengembangan Nalar, dan Kebebasan
Sebelum kita membahas rancangan ini, ada baiknya kita melihat kekurangan pada Kurikulum sebelum Kurikulum 2013, yaitu KTSP 2006
Spoiler for Kekurangan KTSP 2006:
KEKURANGAN KTSP 2006
Quote:
1. Terlalu banyak materi yang kurang penting
Di KTSP 2006 banyak mata pelajaran yang sebenarnya kurang penting. Kalau di SD sebenarnya masih OK lah. Tetapi memasuki SMP dan SMA, mata pelajaran yang ada menjadi lebih banyak yang sebenarnya tidak penting. Ini menyebabkan murid hanya menguasai ilmu dalam jangka waktu pendek. Ketika di masa depan mereka sudah lupa karena hanya berguna bagi segelintir orang yang memang terus menggunakan ilmu itu
Di KTSP 2006 banyak mata pelajaran yang sebenarnya kurang penting. Kalau di SD sebenarnya masih OK lah. Tetapi memasuki SMP dan SMA, mata pelajaran yang ada menjadi lebih banyak yang sebenarnya tidak penting. Ini menyebabkan murid hanya menguasai ilmu dalam jangka waktu pendek. Ketika di masa depan mereka sudah lupa karena hanya berguna bagi segelintir orang yang memang terus menggunakan ilmu itu

Quote:
2. Materi berfokus kepada hafalan
Di KTSP 2006 materi yang ada lebih banyak hafalan. Sedangkan nalar murid sangat sedikit sekali di pergunakan. Masalah ini terlihat jelas dari soal-soal yang ada dan di berikan oleh guru. Makanya siswa Indonesia masuk peringkat buruk di Tes PISA yang mengandalkan penalaran.
Di KTSP 2006 materi yang ada lebih banyak hafalan. Sedangkan nalar murid sangat sedikit sekali di pergunakan. Masalah ini terlihat jelas dari soal-soal yang ada dan di berikan oleh guru. Makanya siswa Indonesia masuk peringkat buruk di Tes PISA yang mengandalkan penalaran.
Quote:
3. Siswa dipaksa menguasai semua mata pelajaran
Manusia itu tidak ada yang sempurna. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Siswa pasti ada yang jago di Matematika, tetapi mungkin siswa yang lainnya jago di bidang Olahraga. Di KTSP 2006, semua siswa di "Paksa" menguasai semua mata pelajaran. Padahal, gurunya sendiri hanya menguasai 1 mata pelajaran bukan?
Manusia itu tidak ada yang sempurna. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Siswa pasti ada yang jago di Matematika, tetapi mungkin siswa yang lainnya jago di bidang Olahraga. Di KTSP 2006, semua siswa di "Paksa" menguasai semua mata pelajaran. Padahal, gurunya sendiri hanya menguasai 1 mata pelajaran bukan?
Quote:
4.Kurangnya pengembangan minat dan kreativitas
Kreativitas adalah salah satu kunci menuju kesuksesan, sama seperti Kecerdasan. Tetapi di KTSP 2006 ini, kreativitas seakan-akan tidak penting, sehingga sedikit sekali pengembangannya dalam sekolah. Minat juga penting. Setiap manusia pasti memiliki sesuatu yang diminati. Tapi di sekolah sedikit sekali ekstrakulikuler yang sesuai minat kita.
Kreativitas adalah salah satu kunci menuju kesuksesan, sama seperti Kecerdasan. Tetapi di KTSP 2006 ini, kreativitas seakan-akan tidak penting, sehingga sedikit sekali pengembangannya dalam sekolah. Minat juga penting. Setiap manusia pasti memiliki sesuatu yang diminati. Tapi di sekolah sedikit sekali ekstrakulikuler yang sesuai minat kita.
Baca juga : Hal yang perlu di benahi dari kurikulum 2013
Quote:
Sekarang mari kita lihat apa yang ditawarkan oleh Kurikulum 2014
Spoiler for Pembahasan:
Quote:
KREATIVITAS
Seperti yang kita ketahui, sekolah di Indonesia tuh kebanyakan hafalan
Yang namanya kreativitas jarang banget di terapkan (Paling cuma pas pelajaran Kesenian doang
itupun cuman 1x dalam 1 pekan) Maka dari itu, di dalam KURIKULUM 2014 ini, Murid di tuntut untuk mengekspresikan kreasinya, dalam semua pelajaran.
Seperti yang kita ketahui, sekolah di Indonesia tuh kebanyakan hafalan


Quote:
AKHLAK
Kalo kita liat anak2 jaman sekarang akhlaknya pada kacau gan
Ngomong kotor, nggak hormat sama orang tua
Maka dari itu dalam KURIKULUM 2014 ini, Penyempurnaan akhlak & Budi Pekerti adalah hal yang wajib 
Kalo kita liat anak2 jaman sekarang akhlaknya pada kacau gan



Quote:
PENGEMBANGAN NALAR
Kemaren Indonesia ikut tes PISA dan hasilnya kita masuk peringkat pertama (dari bawah
) Tes PISA pada dasarnya adalah sebuah tes untuk mengetahui sejauh mana nalar si murid (Baca : LOGIKA) Kenapa bisa seperti ini? Ini karena setiap jawaban murid di nilai hanya : SALAH atau BENAR. Lagi pula pengemukakan pendapat dalam sekolah sedikit sekali 
Kemaren Indonesia ikut tes PISA dan hasilnya kita masuk peringkat pertama (dari bawah


Quote:
KEBEBASAN
Sesuai dengan UUD 1945 Pasal 28E ayat 3 : "Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat." Maka dalam KURIKULUM 2014 setiap murid di izinkan membuat sebuah Komunitas atau mengikuti komunitas. Yang dimana Komunitas ini akan di gunakan sebagai salah satu media penilaian siswa
Sesuai dengan UUD 1945 Pasal 28E ayat 3 : "Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat." Maka dalam KURIKULUM 2014 setiap murid di izinkan membuat sebuah Komunitas atau mengikuti komunitas. Yang dimana Komunitas ini akan di gunakan sebagai salah satu media penilaian siswa

Quote:
Sekarang mari kita bahas penerapan KURIKULUM 2014 dari berbagai tingkat
Spoiler for Tingkatan:
Spoiler for SD:
SD
Mata Pelajaran :
1. Agama (Budi Pekerti)
2. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
3. Bahasa Indonesia (Diskusi, Public Speech)
4. Bahasa Inggris (Sekarang sudah globalisasi gan
)
5. Matematika tingkat dasar
6. Olahraga
7. Kesenian
8. Komputer (Karena tidak memungkinkan di setiap daerah maka mapel ini di sesuaikan dengan sekolah terkait)
Ekstrakulikuler : DIsesuaikan dengan sekolah masing2. Tidak Wajib.
Jumlah belajar sehari : 4 jam
Istirahat : 30 Menit
Jam Masuk : 07.30 pagi
Pada SD di fokuskan pada Akhlak dan kreativitas.
Mata Pelajaran :
1. Agama (Budi Pekerti)
2. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
3. Bahasa Indonesia (Diskusi, Public Speech)
4. Bahasa Inggris (Sekarang sudah globalisasi gan

5. Matematika tingkat dasar
6. Olahraga
7. Kesenian
8. Komputer (Karena tidak memungkinkan di setiap daerah maka mapel ini di sesuaikan dengan sekolah terkait)
Ekstrakulikuler : DIsesuaikan dengan sekolah masing2. Tidak Wajib.
Jumlah belajar sehari : 4 jam
Istirahat : 30 Menit
Jam Masuk : 07.30 pagi
Pada SD di fokuskan pada Akhlak dan kreativitas.
Spoiler for SMP:
SMP
Mata Pelajaran :
1. Agama (Budi Pekerti)
2. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
3. Bahasa Indonesia (Diskusi, Public Speech, Pengemukakan pendapat mengenai sebuah masalah)
4. Bahasa Inggris
5. Olahraga
6. Komputer
Mata Pelajaran pilihan (Murid harus pilih 2) :
1. IPA
2. IPS
3. Matematika Tingkat Lanjut
4. Kesenian
5. Komunitas (Keterangan di bawah)
Ekstrakulikuler : Disesuaikan dengan sekolah
Jam belajar : 5 jam
Mata Pelajaran :
1. Agama (Budi Pekerti)
2. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
3. Bahasa Indonesia (Diskusi, Public Speech, Pengemukakan pendapat mengenai sebuah masalah)
4. Bahasa Inggris
5. Olahraga
6. Komputer
Mata Pelajaran pilihan (Murid harus pilih 2) :
1. IPA
2. IPS
3. Matematika Tingkat Lanjut
4. Kesenian
5. Komunitas (Keterangan di bawah)
Spoiler for Komunitas:
Komunitas : Setiap tahun ajaran baru, Murid dari satu sekolah di izinkan membuat sebuah Komunitas (Contoh : Komunitas Fotografi) Kemudian, murid diminta menjelaskan kepada yang lain mengenai komunitasnya. Bagi murid yang berminat dapat mendaftar kepada si pencetus. Komunitas tersebut jika memenuhi Syarat akan di carikan pembimbing dari luar sekolah (jika perlu). Setiap Komunitas di awasi oleh guru dari sekolah. Ketika akan kenaikan kelas, anggota di beri tugas (Contoh : Komunitas Fotografi diminta memfoto dengan tema Kemerdekaan. Kemudian foto dinilai oleh Pembimbing Komunitas dan masuk nilai akhir).
Ekstrakulikuler : Disesuaikan dengan sekolah
Jam belajar : 5 jam
Spoiler for SMA:
SMA
Sama seperti SMP, hanya berbeda di Materi yang di ajarkan
Sama seperti SMP, hanya berbeda di Materi yang di ajarkan
Spoiler for Tambahan:
Keterangan Tambahan
1. Setiap Sekolah sebisa mungkin menyediakan Wi-fi. Agar murid2 dapat mengakses mapel dari internet. (Ini salah satu alasan kenapa internet kita harus cepat
)
2. Tidak ada Ujian
Ketika akan naik kelas, murid diminta untuk membuat karya ilmiah. Contoh : Pada pelajaran Bahasa Indonesia, murid diminta mengarang sebuah cerita. Kemudian cerita tersebut di bacakan di depan murid yang lain. Bisa di bilang yang ada hanya ujian praktek lah
3. Setiap pelajaran pertama, sebelum belajar murid diminta menyanyikan lagu kebangsaan, 1 lagu wajib, menyebutkan Pancasila, dan Janji Siswa
1. Setiap Sekolah sebisa mungkin menyediakan Wi-fi. Agar murid2 dapat mengakses mapel dari internet. (Ini salah satu alasan kenapa internet kita harus cepat

2. Tidak ada Ujian
Ketika akan naik kelas, murid diminta untuk membuat karya ilmiah. Contoh : Pada pelajaran Bahasa Indonesia, murid diminta mengarang sebuah cerita. Kemudian cerita tersebut di bacakan di depan murid yang lain. Bisa di bilang yang ada hanya ujian praktek lah

3. Setiap pelajaran pertama, sebelum belajar murid diminta menyanyikan lagu kebangsaan, 1 lagu wajib, menyebutkan Pancasila, dan Janji Siswa
Spoiler for SIMULASI KURIKULUM 2014:
SIMULASI
Spoiler for SD:
Ketika Masuk SD, saya mendapatkan jadwal pelajaran sebagai berikut
SENIN :
Bahasa Indonesia : 2 jam
Istirahat : 30 menit
Bahasa Inggris : 2 jam
Berangkat jam 7 pagi, kemudian masuk jam 07.30. Jam pelajaran pertama adalah Bahasa Indonesia. Guru kemudian masuk. Kami diminta berdiri. Kemudian guru sebagai dirijen, Kami menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dan "Halo-halo Bandung". Kemudian guru mengucapkan Pancasila dan kami diminta mengikuti. Lalu mengucapkan Janji Siswa. Kemudian berdoa. Di kelas, guru mengajarkan mengenai cara membacakan cerita dengan benar. Kemudian kami diminta membacakan cerita yang ada pada buku. Selesai belajar kami istirahat selama 30 menit. Kemudian bel masuk berbunyi. Kami belajar Bahasa Inggris mengenai kata2 sederhana dalam Bhs. Inggris. Kemudian setelah selesai, kami shalat berjemaah, kemudian pulang pada pukul 12.30.
Spoiler for SMP:
SENIN:
Agama : 2 jam
Istirahat : 30 menit
Komputer : 1 jam
Mapel Pilihan : 1 jam 30 mnt
Masuk jam 07.00. Pelajaran pertama dimulai setelah melakukan pembiasaan. Kemudian belajar Agama. Istirahat 30 menit. Lalu Komputer 1 jam. Ketika tiba Mapel Pilihan, Kami semua keluar dari kelas untuk menuju ruangan yang telah di sediakan untuk mapel pilihan kami. Saya memilih IPA. Kemudian saya masuk ruangan IPA dan saya bertemu dengan teman dari kelas lain. Setelah 1 jam 30 mnt, kami pulang pukul 12.30 siang.
UPDATE
Spoiler for BERBAGAI MASALAH KURIKULUM 2013 DAN SOLUSINYA:
Quote:
1.
Masalah : Keterbatasan Buku
Solusi : E-Book (Buku Eletronik)
Di Kurikulum 2013 ini banyak banget sekolah yang kekurangan, bahkan nggak dapet sama sekali
Solusinya mudah. Sekarang zaman sudah canggih. Ada Internet
Pengen tau apa, pasti ada aja dan gampang nemunya
Nah, di Kurikulum 2014 ini, semua mata pelajaran, mulai dari SD hingga SMA di buat websitenya. Jadi murid yang di perkotaan, yang memiliki laptop, tidak perlu mendapatkan buku. Mereka dapat mengakses materi yang di ajarkan dari Internet. Dengan begitu, maka murid yang tidak menerima buku, memberikan jatah bukunya kepada yang tidak mempunyai laptop
Ini kenapa perlunya internet yang cepat di Indonesia 
Masalah : Keterbatasan Buku
Solusi : E-Book (Buku Eletronik)
Di Kurikulum 2013 ini banyak banget sekolah yang kekurangan, bahkan nggak dapet sama sekali





Quote:
2.
Masalah : Kurangnya sosialisasi dan pelatihan mengenai Kurikulum 2013
Solusi : Penyediaan materi melalui website
Solusinya sama seperti di atas, yaitu memanfaatkan internet
Guru tinggal mendowload saja materi mengenai Kurikulum 2014. "Tapikan nggak semua bisa pake komputer.." Maka dari itu, kalo materinya tersedia di internet, seorang guru tinggal membuka materi tersebut di Proyektor. Kan jadinya bisa belajar bareng2
Terus kalo ada pertanyaan, tinggal chatting aja sama orang dari pusat 
Masalah : Kurangnya sosialisasi dan pelatihan mengenai Kurikulum 2013
Solusi : Penyediaan materi melalui website
Solusinya sama seperti di atas, yaitu memanfaatkan internet



Quote:
Maaf jika Ide saya ngawur, banyak kurangnya. Tapi menurut saya ini adalah kurikulum yang di inginkan oleh siswa siswi di Indonesia. Ane minta saran dan kritiknya ya gan. Karena menurut ane Kurikulum ini masih jauh dari kata Sempurna. Kurikulum ini butuh waktu pengembangan paling cepat 2 tahun gan 

Quote:
Jangan lupa 
NO
Jangan Lupa di share ke medsos biar pada kenal dengan rancangan ini 




Quote:
TTD Asyraf Nararendra
Polling
0 suara
Setujukah Agan dengan KURIKULUM 2014?
Diubah oleh Grose 29-08-2014 03:28
0
4.8K
Kutip
53
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan