square90Avatar border
TS
square90
[HELP - Butuh Saran] Pengen buka usaha resto, kendala modal. Investor bs jadi solusi?
Halo agan-agan pengusaha sukses sekalian. Mau cerita sedikit tentang perjalanan usaha ane yang belum kunjung berhasil juga.

Ane sekarang usia 24 tahun, bekerja di perusahaan swasta dan udah sering banget pindah dalam kurun beberapa tahun semenjak ane lulus kuliah. Alasannya ane pindah2 selain ngga sesuai dengan pekerjaan yang ane minatin ane emang ngga pernah nyaman kerja sama orang. Ya klise sih itu.

Dulu pas gw kuliah, gw pernah bikin bisnis kecil-kecilan, bisnis kaos di kaskus sama pre order jaket2 gitu, n hasilnya sih lumayan, ane bisa cicil hp bb gemini yang dulu harganya 3 jutaan. cuma akhirnya kandas karena ane banyak belanja, jadi yang seharusnya duit bisa ditabung ngga ada tabungan sama sekali waktu itu.

Trus lulus kuliah ane sempet kerja di Informa PT kawan lama, tapi cuma bertahan selama 6 bulan. Gw ngga lulus probation waktu itu. Akhirnya singkat kata gw pinjem modal dari orang tua gw dan pke duit sisa gaji gw kerja buat usaha sepatu cewek. Tapi pada akhirnya gagal juga, penyebabnya sistem keuangan yg ga baik, trus gw orang nya gak sabaran jadi malah mau lari2 ke bisnis lain yang akhirnya ga berhasil dan akhirnya usaha gw ini koleps. dan akhirnya sekarang gw bekerja lagi sebagai sales project di perusahaan dagang mesin2.

Sampe sekarang, bukannya gw ngga menghargai dan mensyukuri pekerjaan yang Tuhan kasih ke gw, cuma gw sangat mengidam-idamkan berwirausaha. Alasannya, waktu yang lebih bebas, penghasilan lebih banyak, dan gw bisa berkreasi dan bereksperimen tanpa batas. Cuma jujur gw sekarang ini memang masih dalam krisis kepercayaan diri juga krisis modal.

Singkat kata akhirnya gw beli buku2 kewirausahaan, salah satu buku yang menarik gw untuk kembali percaya diri dalam wirausaha itu the power of kepepet yang membakar semangat gw.

Banyak tutorial untuk membuat usaha yang besar dari modal yg sedikit bahkan dari nol. Nah dari situ gw terinspirasi untuk bikin restoran masakan sunda atau suki/dimsum. entah apapun itu makanannya ane kepengen bikin restoran lah. gw merasa kayaknya bisnis restoran ini udah cocok banget di gw, mungkin karena gw seneng makan, dan gw orang yang suka berpikir kreatif soal marketing bukan kreatif di bidang sales yang mungkin banyak sisi 'curang'-nya untuk dapetin jualan. Ya singkat kata ane merasa ini udah cocok lah gan.

Cuma yang sekarang lagi gw pikirin, modal buat bikin restoran itu gak kecil. Pertama buat sewa ruko, juujur aja gw ngga mau sewa ruko yang asal murah tapi pas jualan ujung2nya sepi. Lebih baik mahal tapi pengunjungnya banyak atau setidaknya tempat ane bakalan banyak yang tau lah.

Lalu alat2, tenaga kerja, bahan2, biaya listrik air, dan lain2. gw memang belum hitung jelas berapa modal yang ane butuhkan, Tp dari taksiran gw akan sekitar 250 jutaan.

Kendala gw adalah, saat ini gw hanya ada tabungan sekitar 15 jutaan. modal darimana buat bikin restoran 250 juta? dibuku yang gw baca ada 1 yang menggelitik hati dan pikiran gw. 'Cari Investor!' . Ya krn baca itu akhirnya sekarang gw jadi semangat juga.

Cuma yang gw pikirin sekarang, apakah dengan pakai investor itu adalah jalan yang baik dalam memulai usaha? resiko apa yang ane tanggung kalau pake investor? hutang ke investor? karena stau gw yang namanya inves kalau rugi ya rugi bareng.
dan mungkin apa aja sih yang bisa gw jual ke investor supaya mereka tertarik dan yakin akan inves dan bantu usaha gw ini? langkah2 apa aja sih yang harus gw lakukan?
dan mungkin ada pernyataan2 lain dari agan2 yang berpengalaman juga ane mau dengerin..

sangat butuh saran dan masukan gan.. mohon jawaban dan saran atopun kritik dari agan2 semuanya disini. karena ane udah kebelet banget jadi wirausaha.

Ato mungkin ada yang mau jadi investor ane? emoticon-Big Grin

thanks agan2 emoticon-Smilie
Diubah oleh square90 13-08-2014 17:11
0
3.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan