Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

teNNoNAvatar border
TS
teNNoN
Nyebrang Jalan ala Jakarta dan Amrik
Halo hai agan-agan semua. Sebagai SR, hati ane mulai terketuk buat bikin trit nih.. (jd meskipun udah taunan join kaskus, status ttp newbie abadi emoticon-Kiss (S))

Pernah ngalamin ini ?

atau gini


Yap-yap-yap! Nyebrang jalan!
Dulu aku pernah mendengar, “Orang bule pasti bingung jika mau nyebrang di Indonesia. Di sono kan mobil ngasih berhenti buat orang nyebrang. Di sini? Halah! Jangankan ngasih orang nyebrang, lampu merah dan trotoar aja disikat!”.

Di kota besar khususnya di Jakarta, nyebrang jalan itu susahnya minta ampun. Ane adalah orang penakut, nyebrang jalan bagi ane adalah momok. Ane mending muter deh drpd harus nyebrang, kalo ada jasa ojek sebrang ane juga mau deh bayar.

Saat ini gw beruntung banget sempat ngrasain tinggal di Negeri Paman Sam, Oregon tepatnya. Satu hal yang pertama kali ane sadari adalah, nyebrang jalan di sini tuh GAMPANG banget!

Sumpeh deh! Pejalan kaki di sini adalah raja jalanan. Gak bakal ada mobil yang berani ngelawan si pejuang betis. emoticon-Malu (S)
Tapi bukan berarti bisa sembarangan juga asal nyebrang. Nah ane mau bagi-bagi cerita nih tentang nyebrang jalan di Oregon.
Ada beberapa tipe nih.

1. Di jalan-jalan kecil biasanya relatif mudah menyeberang karena jalan sepi. Jika ada mobilpun pasti berhenti jika melihat ada orang hendak menyeberang. Di kondisi ini, penyeberang jalan seolah jadi raja, selalu didahulukan.
jalan di perumahan tempat ane tinggal gan.


2. Jika di jalan cukup besar, selalu ada jalur khusus penyeberangan terutama di simpang jalan. Meski jalan sepi, sangat dilarang untuk menyeberang karena takutnya ada mobil ngebut tak terlihat. Di sekitar penyeberangan selalu ada tombol yang digunakan sebagai tanda 'request' menyeberang. Untuk menyeberang kita cukup memencet tombol itu, tunggu sebentar, dan kemudian lampu tanda aman menyeberang menyala. Ada musik yang diputar juga, bunyinya 'kikuk, kikuk, kikuk,' gitu gan, sehingga lebih menarik perhatian pengemudi mobil. Saatnya menyebarang. Mudah sekali kan.
Nih wujud tombolnya


3. Nah, kalau di pusat kota, rambu-rambu penyebarangan akan menyala otomatis setiap sekian menit. Jadi tinggal tunggu waktu dan giliran saja. Tidak lama, paling 3 menitan.
NIh foto lampu merah di kotanya (bukan poto ane nih)


Pelanggaran lalu lintas di sini adalah masalah serius, apalagi kalau sampai terjadi kecelakaan. Jika ada pejalan kaki yang tertabrak, wah bisa runyam urusan sama polisi. Orang sini males urusan sama polisi karena ribet dan dendanya selangit. Udah gitu gak bisa disogok lagi. emoticon-Shutup (S)

Nah, smoga aja lalin di tanah air bisa lebih baik. Bagaimanapun ane tetep cinta emoticon-I Love Indonesia (S).

Komeng ya Gan, tapi kalo gak jg gpp. Secara ane jg kerjaannya gentayangan doang. Tapi ane tetep ngikutin kaskus dimanapun dan kapanpun. emoticon-Jempolemoticon-I Love Kaskus
emoticon-Toast

Spoiler for Blog bagus tentang nyebrang jalan di Indonesia:
Diubah oleh teNNoN 03-09-2014 23:41
0
11.4K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan