- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mengenal Istilah 4x4 dan 4x2 pada Mobil serta Perbedaannya


TS
lalu.indonesia
Mengenal Istilah 4x4 dan 4x2 pada Mobil serta Perbedaannya

SELAMAT DATANG DI THREAD (LALU.INDONESIA)

Quote:
Di Jamin No Repost Gan! 
[/QUOTE 

Quote:
Selamat Datang Para Otomotiferszz
Langsung Aja Disimak gan!

Quote:
Mengenal Istilah 4x4 dan 4x2 Pada Mobil

Quote:
Dulu Ane Pernah liat tulisan di mobil gan! dan tulisannya kayak pelajaran ane SD gitu
! Memang kalo kita gak cari tau pasti gak tau
, dan ternyata itu bukan pelajaran Matematika Waktu SD! 




Quote:
Mengenal Istilah 4x4 dan 4x2 Pada Mobil
Quote:
Quote:
Istilah 4x4 Pada Mobil
Spoiler for Istilah 4x4 Pada Mobil:
Four-wheel drive, 4WD, atau 4 × 4 ("four by four") adalah kendaraan roda empat dengan sistem penggerak yang memungkinkan keempat roda untuk menerima tenaga dari mesin secara bersamaan.
Banyak orang mengartikan istilah 4x4 dengan kendaraan off-road.
Tenaga yang disalurkan pada empat roda memberikan kontrol yang lebih baik dibanding mobil biasa pada banyak kondisi permukaan jalan/medan yang dilalui.
Arti singkatan 4 × 4
angka pertama biasanya diambil dari jumlah roda kendaraan,
angka kedua biasanya diambil dari jumlah roda yang mendapatkan tenaga dari mesin.
Banyak orang mengartikan istilah 4x4 dengan kendaraan off-road.
Tenaga yang disalurkan pada empat roda memberikan kontrol yang lebih baik dibanding mobil biasa pada banyak kondisi permukaan jalan/medan yang dilalui.
Arti singkatan 4 × 4
angka pertama biasanya diambil dari jumlah roda kendaraan,
angka kedua biasanya diambil dari jumlah roda yang mendapatkan tenaga dari mesin.

Quote:
Quote:
Istilah 4x2 Pada Mobil
Spoiler for Istilah 4x2 Pada Mobil:
kendaraan roda empat dengan sistem penggerak yang hanya memungkinkan dua roda untuk menerima tenaga dari mesin secara bersamaan.
berarti kendaraan roda empat
dengan penggerak dua roda (hanya 2 roda yang mendapatkan transmisi tenaga dari mesin)
berarti kendaraan roda empat
dengan penggerak dua roda (hanya 2 roda yang mendapatkan transmisi tenaga dari mesin)
- bisa penggerak roda depan / Front Wheel Drive
hanya dua roda depan yang digerakkan oleh mesin
contoh: sedan (pada umumnya) - bisa juga penggerak roda belakang / Rear Wheel Drive
contoh: mobil barang / pick up (pada umumnya)

Quote:
Quote:
Perbedaan Antara Kendaraan 4x4 dengan 4x2
Spoiler for Perbedaan Kendaraan 4x4 dan 4x2:
Apa yang menjadikan kendaraan 4x4 berbeda dengan kendaraan 4x2 yang lain adalah perbedaan pada sistem transmisi. Pada transmisi yang konvensional maka pada kendaraan 4x4 mempunyai tambahan trasmisi (extra transfer case).Transfer case inilah yang kemudian membagi beban kendaraan dengan memindahkan daya melalui proSENSOR shaft ke roda depan. Biasanya pada kendaraan 4x4 konvensional transfer case tersebut mempunyai dua kecepatan yakni gear rasio High dimana rasio perpindahan daya ke roda depan sama dengan torsi daya yang disalurkan ke roda belakang. Sedangkan pada posisi transfer case low maka perpindahan daya pada gigi rendah (Low Gear) maka transfer case tersebut akan melipat gandakan daya menjadi dua kali lipat dengan rasio 2:1 (untuk kondisi transfer case standar). Dengan menggunakan Low Gear tersebut maka akan memberikan daya yang cukup kuat bagi kendaraan anda untuk mendaki bukit atau melintasi lumpur. Disamping memberikan daya yang kuat, maka pada suatu keadaan tertentu, maka Low Gear tersebut dapat berfungsi sebagai "idle" speed pada kecepatan rendah dalam menghadapi beberapa rintangan tertentu. Disamping itu Low Gear tersebut dapat pula berfungsi sebagai penarik beban berat yang dapat menarik beban 2 kali dari maksimum daya angkut (max. load) pada kendaraan tersebut. Kelebihan penggunaan Low Gear lainnya adalah fungsi ‘Engine Break" pada rintangan curam semisal anda menuruni bukit terjal.

Quote:
TAMBAHAN MENGENAI KENDARAAN 4X4
Quote:
Quote:
Spoiler for Type kendaraan 4x4:
Saat ini ada dua type kendaraan 4x4 yang ada dipasaran yakni dengan sistem 4x4 manual dan 4x4 otomatis atau full time fourwheeldrive. Dengan menggunakan sistem full time 4x4 maka anda tidak perlu memindahkan tuas persenelling pada transfer case dari High ke Low karena perpindahan akan dilakukan secara otomatis. Pada sistem transmisi konvensional (manual) maka perpindahan dilakukan dengan cara memindahkan tuas 2H ke 4H.
Quote:
Spoiler for Singkatan Pada Knop Transfer Case:
Arti singkatan pada knop transfer case :
- 2H : Menandakan hanya 2 roda belakang saja yang berputar . Tuas 2 H digunakan untuk kendaraan dalam kecepatan tinggi dan kering. Penggunaan 2H ini dilakukan pada jalan raya biasa (aspal atau kerikil kering/Gravel).
- 4H : Menandakan 4 roda bergerak bersamaan. Perbandingan gigi untuk 4H adalah sama dengan rasio gigi untuk 2H. Fungsi 4H digunakan apabila situasi jalan dalam keadaan licin, baru hujan atau habis hujan. 4H dapat digunakan dalam kecepatan tinggi seperti penggunaan tuas 2H. Pada kendaraan tertentu semisal Suzuki Jimny, Isuzu Invader maka pemindahan gigi 2 H ke 4H dapat dilakukan pada posisi kendaraan sedang berjalan namun demikian usahakan pemindahan gigi dalam posisi kendaraan diam. Disamping itu pemindahan gigi sebaiknya dilakukan dalam keadaan posisi stir mengarah maju (sebaiknya tidak pada saat berbelok kekiri atau kekanan).
- N : Posisi neutral digunakan apabila kendaraan dalam keadaan ditarik atau apabila kendaraan menggunakan PTO Winch (Power Take Off Winch) maka posisi neutral digunakan menggerakan PTO dimaksud. Neutral juga berfungsi sebagai jeda/transisi antara perbedaan gigi kecepatan tinggi (H) ke perbedaan gigi kecepatan rendah (L). Perpindahan posisi 4H ke N dan 4L harus dilakukan pada saat kendaraan benar-benar diam karena perpindahan tersebut dilakukan pada rasio gigi yang berbeda.
- 4L : 4L berfungsi sama dengan 4H namun demikian perbandingan giginya lebih rendah dibandingan 4H. Fungsi 4L adalah untuk mengatasi rintangan medan berat misalnya jalan berlumpur, tanjakan yang cukup curam atau rintangan berbatu. Pemindahan gigi dari 4H ke 4L harus dilakukan dalam posisi kendaraan diam. Karena perbandingan gigi yang berbeda maka pemindahan gigi 4H ke 4L dalam keadaan jalan akan mengakibatkan kerusakan serius pada transfer case.
Quote:
Spoiler for Komponen Dan Penjelasan Singkat:
Beberapa Komponen Dan Penjelasan Singkat
- Clutch
Komponen ini mempunyai fungsi untuk meneruskan dan melepaskan daya dari mesin ketika gir berpindah dalam kondisi berjalan atau berhenti. - Transaxle
Transmisi dan differential yang menjadi satu, bagian ini digunakan pada kendaraan penggerak roda depan. - Differential
Komponen ini mempunyai tiga fungsi yaitu merubah arah dari daya bergerak, mengurangi daya dari propeller shaft, dan membedakan putaran untuk roda ketika membelok. - Drive Shaft
Komponen yang berfungsi meneruskan daya yang terbagi ke setiap roda dari differential. - Transmission
Komponen ini meneruskan dan mengatur kecepatan dan daya dari mesin yang diakibatkan oleh gigi kecepatan yang digunakan, kemudian dilanjutkan ke pemutar roda. - Propeller Shaft
Suatu mekanisme penghubung yang meneruskan daya dari transmisi ke differential (kendaraan mesin di depan dengan penggerak roda belakang).

Quote:
Quote:
Silahkan Tandai Thread Ini Dengan Kasih





Atau Ini Gan!



Asal Jangan Di






Atau Ini Gan!



Asal Jangan Di

Quote:
Quote:
Quote:
MAMPIR JUGA DI THREAD ANE YANG LAIN




Diubah oleh lalu.indonesia 12-06-2014 13:05
0
60.6K
Kutip
26
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan