Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

conan211Avatar border
TS
conan211
Waspada Belanja di Lazada
Halo gan, saya ingin menceritakan pengalaman berbelanja saya di lazada.co.id..
Saya merupakan pelanggan setia lazada, karena menurut saya lazada merupakan situs belanja online yg kredibel dan bertanggung jawab, serta sering bikin promo promo yang murah abis..
Tapi setelah sekian banyak transaksi, saya baru tahu kalau lazada bisa menarik kembali barang yang telah kita beli.. walaupun kita telah pesan, kita bayar, kita mendapatkan kwitansi bukti pembelian, dan barang telah di kirim.. dengan dalih telah terjadi kesalahan pencantuman harga.. yuhuu.. secara sepihak dari Lazada..

Jadi nih, ceritanya, pada tanggal 26 Juli, saya lagi searching produk di lazada.. waktu liat ada diskon besar, saya langsung pesan (checkout).
Besok paginya saya bayar melalui internet banking, dan siangnya saya mendapatkan kwitansi pembayaran, serta tak lama kemudian informasi pengiriman berupa resi JNE.. transaksi selesai..

Waspada Belanja di Lazada



bahagia dong, dapet harga murah, kwitansi udah ditangan.. beress, tinggal nunggu barang..

eh beberapa hari kemudian saya dapet telpon yang bilang dari JNE.. katanya Lazada mau narik barang.. salah ngasih harga katanya.. wooh, saya langsung bilang, saya keberatan, produknya udah saya beli.. saya punya kwitansi pembayarannya.. lazada pun tidak pernah menghubungi saya..


Waspada Belanja di Lazada

kemudian saya email cs lazada dan dikatakan tidak mungkin lazada melakukan penarikan, mungkin itu JNE abal abal.. oke okee.. besoknya saya telpon lagi cs nya, dia bilang Lazada tidak akan melakukan penarikan.. oke okee..
tapi anehnya, pas cek status JNE, paket udah di return ke CCC (tmpat penjualnya kayaknya)

Waspada Belanja di Lazada


nah akhirnya siangnya, saya telpon lagi, kali ini saya di hubungkan dengan atasan si CS.. setelah berdebat panjang, dan saya keukeuh kalo saya punya bukti pembayaran, dan ijab qabul perdagangan udah selesai, akhirnya saya ga bisa apa apa lagi, dan cuma bilang kalo pengalaman saya akan saya sharing di surat pembaca.

Si atasan CS Lazada bilang, Lazada berhak membatalkan dan menarik barang yg dipesan. walaupun kita udah punya Kwitansi pembelian (transaksi selesai) itu ada di term and use. setelah saya tanyakan, baru deh ada email masuk
Waspada Belanja di Lazada



Nah hati hati aja lah kalo udah beli beli.. nanti kalo udah di pake, di sayang2, di kasih ke pacar, di kasih ke mertua, eeeh di tarik lagi sama Lazada, tanpa konfirmasi, tanpa info apa apa..

oke agan agan.. walaupun agak kesel, ya udah lah.. konsumen mah apa atuh..
selamat berbelanja online!!

saya tadi buka web YLKI gan, dan saya sebagai konsumen sudah melakukan hak dan kewajiban saya gan..
Hak-hak Konsumen
Sesuai dengan Pasal 4 Undang-undang Perlindungan
Konsumen (UUPK), Hak-hak Konsumen adalah :
1. Hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan
dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa;
2. Hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta
mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai
dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang
dijanjikan;
3. Hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur
mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa;
4. Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas
barang dan/atau jasa yang digunakan;
5. Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan dan
upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen
secara patut;
6. Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan
konsumen;
7. Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan
jujur serta tidak diskriminatif;
8. Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi/
penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang
diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak
sebagaimana mestinya;
9. Hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan
perundang-undangan lainnya.

Kewajiban Konsumen
Sesuai dengan Pasal 5 Undang-undang Perlindungan
Konsumen, Kewajiban Konsumen adalah :
1. Membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan
prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/
atau jasa, demi keamanan dan keselamatan;
2. Beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian
barang dan/atau jasa;
3. Membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati;
4. Mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa
perlindungan konsumen secara patut.

note: dalam hal dengan dalih kesalahan input harga, walaupun kita sudah punya faktur pembelian, lazada berhak untuk membatalkan dan menarik produk secara sepihak dan tanpa pemberitahuan.. hidup konsumen?

saya menulis ini dengan tujuan agar kaskuser lebih berhati hati dgn online shop. dan berharap agar tidak ada kaskuser lain yang mengalami. semoga pengalaman saya dapat menjadi pelajaran bagi pembaca semua.
Waspada Belanja di Lazada

yang perlu dicermati seperti dari screen shot di atas adalah pembatalan dilakukan melalui pemberitahuan terlebih dahulu. tidak langsung dibatalkan begitu saja.
selain itu dikatakan bahwa pesanan dapat dibatalkan walaupun telah dikonfirmasi, atau kartu kredit sudah tersedot biayanya.
nah yg perlu di kritisi adalah kata "pembatalan" dan "telah dikonfirmasi".
menurut hemat saya, pembatalan hanya dapat dilakukan pada proses transaksi. jika transaksi sudah selesai, apa yg harus di batalkan?
Pesanan memang sudah dikonfirmasi (ini batasannya) namun jika telah dibayarkan, dikirim dan mendapatkan kwitansi pembelian (lunas)?
jika Pembayaran secara kredit, memang tidak bisa dikatakan jika transaksi telah selesai, dan memang wajar jika lazada bisa membatalkan PROSES pemesanan. tapi tidak jika transaksi sudah selesai, lunas.

oke kaskuser, yuk kita lebih cermat dalam berbelanja

updated: produk yg udah saya beli, dan udah saya jual jualin pada di tarik.. gimana dong gan? udah saya jualin padahal.. emoticon-Frown

updated: saya berkonsultasi dengan LSM mengenai hal ini gan. Karena menurut saya, saya merupakan pemilik yang sah.
Diubah oleh conan211 04-08-2014 10:29
0
13.4K
48
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan