christvanillaAvatar border
TS
christvanilla
SURAT TERBUKA untuk NOVERA ALVINSYA aka XIP
EDITED

Setelah membuat surat terbuka ini, seller menghubungi saya via LINE. Kita sudah berdiskusi panjang lebar mengenai masalah ini dan berakhir pada sebuah keputusan. Untuk sementara, saya hapus isi ST yang sudah saya buat, dan memberikan kesempatan kepada seller untuk mengurus barang pesanan saya agar tiba di rumah saya dengan selamat tanpa kurang apapun dalam waktu 10 hari.

Kalau memang dalam 10 hari tersebut masalah bisa terselesaikan, maka saya akan hapus ST ini. Tapi kalau masih belum dapat diselesaikan juga, saya akan post kembali isi ST yang sudah saya buat. Saya sudah menyimpan isi ST persis seperti yang pertama kali saya post. Tujuan saya membuat ST ini agar masalah yang ada bisa diurus dan diselesaikan dengan baik. Harapan saya seller bisa menepati janjinya supaya masalah ini selesai dan membangun kembali reputasi seller. Terima kasih.

UPDATE

Hari ini paket yang dijanjikan sampai ke rumah saya. Barang pesanan saya sampai dengan kondisi dus paket yang penyok-penyok dan di dalamnya satu dari dua barang pesanan saya agak penyok di bagian ujung dusnya. Total dari awal saya transfer sampai hari ini adalah tepat 45 hari. Walaupun meleset 15 hari dari yang dijanjikan di awal, tapi seller sudah melakukan itikad baik dan mengurus pesanan saya.

Memang sekarang seller sedang dalam proses membangun kembali nama baiknya. Ini bisa dibuktikan dari pesanan saya yang termasuk dalam gelombang akhir (bulan Juni 2014) yang sampai dengan selamat, walaupun telat 15 hari.

Ada beberapa masukan dari saya buat seller:
- Terbuka dengan buyer.
Kalau ada masalah, jangan ditutup-tutupi. Menutupi masalah cuma akan bikin buyer berpikir kalau seller bohong. Itu bikin buyer benar-benar khawatir, karena uang buat transaksi ini ngga kecil jumlahnya, dan barang yang dipesan gak bisa dilihat langsung sama buyer.

- Pegang komitmen sama apa yang dipromosikan di lapak.
Saya lihat lapak seller di awal-awal sangat bagus, sesuai promosinya, seller fast response dan ramah sama buyer. Sekarang mungkin seller sibuk dengan pekerjaan utamanya yang mengharuskan business trip kemana-mana, ada baiknya kalau menjaga agar tetap fast response. Kalo bener-bener sibuk dan ga bisa fast response, lapaknya harus segera diupdate biar sesuai sama keadaan yang sebenarnya.

- Jujur.
Maksudnya di sini, kalau misalnya baru bisa dikirim 10 hari lagi, bilang 10 hari. Jangan sampai bilang 4 hari tapi kenyataannya lebih lama dari itu karena itu bikin php ke buyer.

Sebenernya kalau saya lihat seller bisa ngirim barangnya secara cepat. Dari transaksi saya, sebenernya cuma butuh 2 minggu buat barang sampe ke rumah saya dari Jepang. Saya nggak tau apa yang bikin lama sebelum waktu 2 minggu tersebut. Kalau waktu itu bisa dipersingkat, buyer pastinya ga bakal koar-koar nanyain barangnya.

Andaikan saja seller bisa fast response n terbuka sama buyer, saya bakal ngecap seller ini sebagai recommended seller. Karena menurut saya dari segi harga, kelengkapan barang, keramahan seller dalam menghadapi buyer, itu sudah bagus. Coba seller perbaiki segi-segi mana yang masih kurang. Saya bener-bener berharap banget semua masalah buyer bisa terselesaikan dan reputasi seller pulih lagi.

Saya juga mau ngucapin terima kasih banyak, buat yang sudah mau membantu kami dalam berbagai macam informasi di thread ini, sampai bela-belain ngejelasin secara detail buat kita semua. Saya merasa terbantu banget. Terakhir, saya mohon maaf kalo ada kesalahan, baik yang disengaja, maupun yang tidak disengaja, baik dalam bertransaksi dengan seller, maupun dalam membuat surat terbuka ini karena saya juga manusia biasa yang ga lepas dari kesalahan. Saya kira cukup segini, dengan ini saya menutup surat terbuka yang sudah saya buat ini. Sekali lagi, mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan. Terima kasih.
Diubah oleh christvanilla 09-08-2014 10:53
0
5.7K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan