Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

a.dwisatyaAvatar border
TS
a.dwisatya
Membongkar keanehan penelusuran ‘membongkar HACKER ABAL-ABAL “AUDIT KPU”’
Beberapa waktu lalu muncul sebuah blog yang berjudul AUDIT-KPU yang dengan jelas memaparkan sistem IT yang digunakan oleh KPU dalam pemilihan presiden beberapa waktu lalu. Tidak berselang lama, muncul thread di kaskus dengan judul Membongkar HACKER ABAL-ABAL “AUDIT KPU” yang mana mencoba mengupas identitas seorang yang mengaku berhasil masuk ke sistem KPU dan ‘melihat-lihat’ sistem yang KPU gunakan.

Analisa
Sebagai seorang awam IT yang sesekali melakukan posting di blog, agaknya saya terkejut dengan identifikasi yang dilakukan oleh suatu pihak sehingga muncul sebuah nama yang disebut-sebut sebagai pembuat situs audit-kpu.blogspot.com yang di awal membuat geger dunia maya karena audit independennya. Sebut saja Dirgayuza Setiawan yang dituduh dengan beberapa bukti yang diungkap di thread Membongkar HACKER ABAL-ABAL “AUDIT KPU” .

Namun, lagi-lagi, saya mencium bau yang tak sedap akan adanya pemfitnahan dikarenakan beberapa hal sebagai berikut:
1. Adanya keanehan signature picture yang dijadikan dasar pembuat thread untuk mengidentifikasi pembuat situs audit-kpu.blogspot.com.
alt="Macintosh HD:Usersemoticon-Big Grinirgayuzaemoticon-Big Grinocuments:Hasil Mainan:Email 1.png" style='width:242.25pt;
height:270pt;visibility:visible;mso-wrap-style:square'>
<v:imagedata src=file:///C:\Users\ANUBIS~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.png

Bagian yang saya beri warna merah adalah potongan source code dari laman audit-kpu.blogspot.com/2014/07/security-audit-sistem-it-kpu-pilpres.html?m=1 . Nampak meyakinkan bukan bahwa Dirgayuza lah yang membaut tulisan tersebut. Tapi, tunggu dulu, dari pertama kali saya nge-blog sampe tadi siang saya membaut tulisan baru, saya tidak pernah mendapati dalam tulisan saya baik itu source code nya, ada signature full path gambar yang saya upload, padahal saya mencoba menganalisa postingan dengan gambar yang saya upload ke blogger, bukan dengan mencomot gambar dari sumber tertentu. Hasilnya, postingan saya bersih dari full path gambar tersebut berada.

2. Dasar pembuat thread Membongkar HACKER ABAL-ABAL “AUDIT KPU” dalam mengidentifikasi pembuat situs audit-kpu.blogspot.com adalah comment tag html yang mana tidak akan dibaca oleh browser sebagai kode html melainkan text biasa. Nah, blogger sendiri memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk membuat tulisan dengan fitur compose di mana pengguna dapat membuat tulisan seperti mengetik pada ms.word atau software pengolah dokumen lain atau fitur HTML yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan kode HTML sesuai dengan keinginan. Termasuk comment tag (<!--[if gte vml 1]><v:shapetype id="_x0000_t75" coordsize="21600,21600" o:spt="75" oemoticon-Stick Out Tonguereferrelative="t" path="m@4@5l@4@11@9@11@9@5xe" filled="f" stroked="f"> . . . . . . . <!--[endif]-->emoticon-Wink.

Kesimpulan
Berdasarkan analisa sederhana singkat saya tersebut saya masih meragukan tentang kebenaran tuduhan yang diberikan kepada saudara “Dirgayuza Setiawan”. Yang saya takutkan adalah, terjadi pemfitnahan kepada saudara “Dirgayuza Setiawan” sebagai pendukung salah satu presiden pada pemilihan presiden lalu. Terlebih menurut komentar yang terdapat di thread Membongkar HACKER ABAL-ABAL “AUDIT KPU” , saudara Dirgayuza adalah orang yang melek IT. Tentu hal ini bisa jadi sasaran empuk pemfitnahan.

Sekian dari saya.

Salam damai,
0
1.9K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan