Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

peyotpetotAvatar border
TS
peyotpetot
Aneh tapi nyata
Quote:



Mempersoalkan kecurangan pemilu justru akan menurunkan elektabilitas.

Percaya ato nggak?

Beberapa waktu lalu, gw membaca sebuah artikel yang membahas tuduhan kecurangan dan elektabilitas di pilpres Amerika Serikat. BTW ... gw akui sering menggunakan Amerika Serikat sebagai bahan pembanding, karena dengan pengalaman mengadakan pilpres puluhan kali selama dua ratus tahun lebih, sampel bisa didapat cukup banyak, sehingga kesimpulan yang diambil bisa lebih akurat.

Nah mengenai kecurangan dalam pilpres dan reaksi para pecundangnya, bisa dibilang bahwa rata-rata hasilnya sama. Yang mewek berat akan menghilang elektabilitasnya, dan yang menerima dengan senyum akan terjaga elektabilitasnya.

Richard Nixon misalnya ... ketika pemilu 1960 berhadapan dengan JFK, terjadi kecurangan berat yang menguntungkan Kennedy di beberapa negara bagian. Tapi Nixon menerimanya dengan lapang dada dan akhirnya pada 1968, dia berhasil meraih kemenangan.

Tahun 1972, giliran Nixon yang melakukan kecurangan sehingga menang sampai 60%. Lawannya, George McGovern, kecewa berat dan mengambil kesempatan dari skandal Watergate ketika itu untuk menjatuhkan Nixon. Nixon memang akhirnya jatuh, tapi begitu juga dengan McGovern. Tahun 1976, McGovern mencoba lagi peruntungannya, tapi dikalahkan dengan telak oleh Jimmy Carter.

Balik ke Indonesia.

Ketika Megawati mewek menuduh SBY curang di pemilu 2004, maka di pilpres selanjutnya Megawati justru dipecundangi habis-habisan oleh SBY. Dan kalo sekarang Prabowo ngambek sampe mutung di dekat garis finish ... maka kemungkinan besar elektabilitas Prabowo bakalan hancur berantakan kalo mau ikut lagi di tahun 2019.

Pelajaran yang bisa ditarik adalah kalo kalah karena dicurangi, gunakan "derita" itu untuk membangkitkan semangat pendukung di pemilu selanjutnya. Mewek dan ngambek mempersoalkan pemilu yang barusan justru membuat pendukung pihak lawan menjadi solid dan semangan di kubu sendiri runtuh, karena sebagian justru minggat karena malu mendukung tukang mewek dan ngambek.

emoticon-Cool
Diubah oleh peyotpetot 23-07-2014 04:15
0
3K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan