traxx666Avatar border
TS
traxx666
[MOUSE] Review Logitech G502 - Dominating gaming mouse under 1jt -
Logitech G502 Poteus Core Review
Dominating Performance and Feature under 1jt



Warning !!!!!

Tidak ada unsur marketing atau promosi didalam review ini. review ini dibuat semata mata untuk mengukur performa dari hardware terkait serta memberikan informasi kepada pembaca, khususnya para pembaca yang sedang mencari referensi tentang gaming mouse.
Tidak ada unsur melebih-lebihkan atau menjelek-jelekan produk, penilaian terhadap produk murni dari hasil uji coba.

ok gan, langsung aja. beberapa bulan lalu pihak logitech mengeluarkan tipe mouse baru dari jajaran gaming gear mereka, logitech G502. Mouse ini di claim punya performa yang bagus dari pihak logitech. bener atau engga? apa cuma merketing gimmick? ok kita kupas tuntas.

Specification

Persyaratan Sistem

Windows® 8, Windows 8.1, Windows 7 atau Windows Vista®
Port USB
Koneksi internet dan ruang hard drive 100MB (untuk mengunduh software tambahan)
Spesifikasi Teknis

Tracking
Resolusi: 200 – 12.000 dpi ( agak over lebay)
Akselerasi maks.: >40G*
Kecepatan maks.: >300 ips*

Responsivitas
Format data USB: 16 bit/axis
Report rate USB: 1000 Hz (1ms)
Mikroprosesor: 32-bit

Glide
Koefisien gaya gesek dinamis - Mu (k): .10*
Koefisien gaya gesek statis - Mu (s): .15*

Daya Tahan
Tombol (Kiri/Kanan): 20 juta klik
Alas: 250 kilometer

Spesifikasi Fisik
Berat: 168 gram (mouse plus kabel)
Berat: 121 gram (mouse)


Packaging

Logitech G502 dibungkus dengan dus karton dengan warna dominan hitam dan biru. Dus nya mirip bikinan razer dengan bagian depan bisa dibuka kaya pintu, so bisa langsung diliat bentuknya kaya gimana. di dalemnya cuman ada mouse, manual, plus tempat nyimpen pemberat beserta isinya. kurang nya sih gak disertain cd driver, jadi harus download sendiri, tapi gak gede kok cuman kisaran 50mb.
Spoiler for Dus Depan:
Spoiler for Dibuka:
Spoiler for isinya:
dikarenakan poto kardus gak sempet ambil, mohon maaf poto dari mbah gugel emoticon-Malu (S)



Build Quality and Feature

seperti yang digembor-gemborkan, mouse ini punya banyak fitur. mulai dari punya 11 tombol yang fully programable, 5 tingkat dpi yang bisa ente sesuaikan lewat driver, disediain 3 profil setingan nya, plus surface tuning.
Apaan tuh Surface tuning?
gini loh ini mouse bisa di tune sensornya. meski gak segila sensei, tuning nya masih tergolong bagus banget kok. fungsi nya buat mengoptimalkan tracking pada surface tertentu gan plus nyesuain lift off distance. yang paling unik adalah fitur weight management nya. kok unik sih? kenapa bisa unik? bukanya mose lain juga banyak yang punya fitur kaya gini? eeiittsssss, weigth managemen nya beda gan. penempatan nya itu loh strategis banget. gak kaya di mouse lain, di g502 ini kita juga bisa ngatur keseimbangan mouse sekalian nyesuain berat nya. kalo di mouse lain, kebanyakan pemberat secara keseluruhan disimpen di satu daerah. nah jadinya gak balance gitu misalnya kalo pemberat ditaroh di belakang mouse, ketika ngangkat mouse kan jadi berat sebelah. nah kalo di g502 ini kita bisa bikin ini mouse jadi balance. nih contoh weight management nya
Spoiler for bawah:

build mouse nya tergolong kokoh, gak berasa plastik murahan, kabel nya braided, negatif nya ntar kalo ke geseg-gesek jadi brudul, kurang suka sih kabel beginian, cuman asiknya ini kabelnya lemes dan fleksibel jadi gak ngeganggu pergerakan. bagian body tengah, klik kiri dan kanan agak bertekstur kasar (ini yang ane suka). bagian kiri kanan di coating rubber biar gak licin plus ada tekstur tekstur nya biar tambah anti selip. keliatan keren kalo led nya lagi nyala.
di samping kiri ada indikator led yang nunjukin profil mana yang aktif(led biru tua) dan juga tingkat DPI nya(biru muda). ada satu lagi yang unik, scroll nya bisa dibikin free scroll, jadi kaya loss gitu feel nya. enak buat scrolling kalo lagi baca artikel yang panjang banget.
Spoiler for bwk:
nah kalo ini poto hasil sendiri emoticon-Cape d... (S). keliatan ada sniper button (pasti tau lah fungsi nya), additional side button 2 biji, indikator (itu yang plastik warna abu - abu), plus tekstur samping
Spoiler for bwk:
total ada 11 tombol yang bisa ente program alias macro plus metal scrol wheel
Spoiler for bwk:
sisi kanan, bisa diliat tekstur nya gan emoticon-Malu (S)
Spoiler for bwk:
nah ini tampilan driver nya. keliatan ada pengaturan poling rate nya, dpi, profile (ane cuman aktifin satu profile aja emoticon-Malu (S))
Spoiler for bwk:
nah ini tampilan driver buat surface tuning nya. ane iseng iseng tuning ampe mousepad razer kw ane tuning emoticon-Ngakak (S)
Spoiler for bwk:
nah ini waktu mulai tuning nya. buat yang belum paham cara nya, itu udah ada step step nya. tinggal diikutin aja
ok udah cukup sesi poto tpoto nya, kita beralih ke performance nya

Performance


menurut ane, ini mouse performa nya gila banget mengingat harga nya di kisaran 650k. buat kelasnya, ini mouse menurut ane bagus banget dah. itu kenapa ane sebut "Dominating under 1jt". tracking sensornya aduhai mulus banget. kagak jitter (kecuali udah maen di 8000dpi ke atas emoticon-Ngakak (S)), kagak ada negative or positive acel (menurut pengetesan ane, mohon maap kalo ada salah emoticon-Malu (S)). pokonya smooth banget dah.
nih jitter test nya gan. ane pake razer goliathus yang kw. sengaja ane pake mousepad ini, biar tau gimana sih tracking nya diatas mousepad jelek emoticon-Ngakak (S)apakah tetep bagus atau jadi ngaco. kita buktikan.
ni jitter test nya gan
Spoiler for test1:

Spoiler for test 2:

Spoiler for test 3:

keliatan gerakan nya smooth, walau di 2500 dpi agak geter geter soalnya ane gerakin mouse nya pelan pelan plus tangan ane yang kurang beres agak geter juga gerakin nya. sengaja ane test di 1000hz soalnya kebanyakan mouse bakalan jiiter di polling rate segini. kalo diturunin makin halus lagi pergerakan nya. cuman respon nya itu agak menurun aja. sensor yang dipake kalo gak salah dari Pixart entah seri berapa ane gak apal. rumor nya sih ini sensor hasil developmen dari kedua belah pihak. buat user baru jangan kaget, sensornya gak nyala kaya mouse optik pada umumnya. buat glide nya juga sebenernya feel nya halus banget. entah material apa yang dipake di feet nya. cuman ane suka aja feel nya halus. halus bukan berarti enteng, jadi gampang gitu buat pergerakan kecil.

Gaming Test

ok saatnya ane test di medan perang. game yang ane pake Dota2 dan CS. di kedua game, ini mouse enak banget. creeping di dota2 jadi tambah akurat karena halus buat glide nya. aiming di CS juga enak banget. movement crosshair nya smooth plus enak ada sniper button nya yang nurunin dpi selama itu tombol ditahan. mantep dah pokonya.

Summary

ini mouse dikisaran harga under 1jt udah bagus banget. build plus performance nya udah mumpuni. sensor yang dipake juga gak maen maen, AKURAT COY!!!!!!!
buat gamer yang punya budget under sejuta yang lagi cari mouse dengan build yang kokoh (tau sendiri lah logitech build nya kaya gimana), performa yang aduhai keren, plus fitur fitur pendukung yang bagus, bisa coba ke g502 ini.

+ Pross
1. build nya bagus, gak terkesan kopong dan gak terkesan plastik murahan
2. glide nya smooth, enak buat gerakan kecil
3. sensornya akurat, gak jitter. smooth dah pokonya.
4. unique weight management. ini nih yang paling jenius.
5. surface tuning
6. kabel nya empuk gak kaku

- Conss
1. paket penjualan sederhana, gak ada bonus stiker gitu (kan asik bisa iseng tempel sana sini) plus buku manual nya cuman item putih.
2. Braided Cable. ini nih yang males kalo lapisan nylon nya udah mbrudul. emoticon-Cape d... (S)
3. gak disediain driver, ribet harus download lagi walaupun size nya kecil.

+- mediocore
1. grip nya enak di Palm dan claw grip. biat yang biasa fingertip harus ada penyesuaian biar nyaman pegang nya. gak semua orang cocok.
2. gak semua orang suka feel scroll nya.
3. mouse tergolong agak berat meski tanpa pemberat tambahan (buat ane sih gak masalah.
4. bentuk, selera orang beda beda kalo soal bentuk (bagi ane sih ini mouse sexy emoticon-Kiss (S))
5. gak ada blink blink nya. led cuman sederhana logo G-series nya logitech. itu juga pengaturan nya gak bisa ganti warna, cuman itu itu aja plus cuman bisa di hidupin atau di matiin led nya dari driver (bagi ane sih gak penting nyala nyala gitu agak nora emoticon-Ngakak (S))

yah sampai sudah di penghujung review ini. semoga review nya bisa membantu buat agan agan yang lagi nyari mouse dikisaran bawah 1jt.
mohon maaf kalo review nya berantakan, gak sistematis atau kekurangan poto, serta ada salah salah kata mohon di koreksi.
see you on my next review

"keep on gaming"
0
26K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan