kijangseksiAvatar border
TS
kijangseksi
5 mitos puasa dan pelurusannya
Halo agan-aganwati sekalian.

ini adalah postingan pertama saya di kaskus, saya ga ngerti bagaimana bikin postingan menjadi indah dan mainstream seperti di postingan agan-agan sekalian. makanya saya langsung to the point aja

5 mitos puasa dan pelurusannya

1. Waktu berhenti makan adalah imsak

mungkin sudah banyak yang tapi lebih banyak yang ga tau termasuk nyokap gw sendiri. kalo waktu berhenti makan atau mulai puasa adalah adzan subuh, bukan waktu imsak yang selama ini kita kenal. waktu imsak adalah waktu 10 menit sebelum adzan subuh yang dibuat oleh para ulama, agar kita tidak kebablasan makan atau minum. tapi bukan berarti setelah imsak ga boleh makan dan minum. kita masih punya 10 menit untuk ngopi2.

“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (QS. Al Baqarah: 187).

2. Tarawih 11 rakaat vs 23 rakaat, jelas 11 rakaat lebih ringan

banyak yang mengira tarawih 11 rakaat lebih ringan darpada yang 23 rakaat. tapi sebenarnya, 23 rakaat inilah yang sebenarnya keringanan. kok bisa?menurut sejarah, rasul itu kalo sholat tarawih bisa sampai tengah malam. bayangin deh tuh sholat sampe tengah malem tapi cuma dibagi jadi 11 rakaat, berapa lama itu berdiri. nah pas jaman Umar bin Khatab, untuk meringankan peserta sholat tarawih, bacaan yang panjang2 itu dibagi jadi 23 jadi berdirinya ga lama-lama.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan, “Tatkala ‘Umar mengumpulkan manusia dan Ubay bin Ka’ab sebagai imam, dia melakukan shalat sebanyak 20 raka’at kemudian melaksanakan witir sebanyak tiga raka’at. Namun ketika itu bacaan setiap raka’at lebih ringan dengan diganti raka’at yang ditambah. Karena melakukan semacam ini lebih ringan bagi makmum daripada melakukan satu raka’at dengan bacaan yang begitu panjang.” (Majmu’ Al Fatawa, 22/272)

3. Zakat fitrah membersihkan harta
Sudah umum di masyarakat kita kalau zakat fitrah bisa membersihkan harta kita keseluruhan. Enak bener modal 2,5 kg beras harta kita bisa bersih. duit hasil korupsi yang bermilyar2 bisa bersih gara2 beras 2,5 kg. menurut sebagian ulama kata fitrah di zakat fitrah artinya bukan suci, tapi makanan, akar kata yang sama kaya ifthar. tujuan zakat ini adalah agar pas hari raya ga ada yang ga bisa makan. sedangkan utnuk bersihin harta, tunaikan zakat yang 2,5% dari harta agan, 2,5% dari hasil perniagaan agan, dan 2,5% dari gaji agan.

Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perkataan yang tidak berguna dan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Maka barangsiapa yang mengeluarkannya sebelum sholat, ia menjadi zakat yang diterima dan barangsiapa mengeluarkannya setelah sholat, ia menjadi sedekah biasa. Riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah.

4. Doa buka puasa, Allahumma laka sumtu
sejak kecil kita diajarin kalau buka puasa ya baca doanya allahumma laka sumtu. ga salah sih, cuma ternyata ini adalah doa dari hadits yang lemah, sedangkan yang diajarkan oleh rasul adalah

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah-ed.” [Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki](Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678) [7]

5. bohong membatalkan puasa
ini juga jadi anceman bokap nyokap kalo lagi puasa pas gw masih kecil. ditambah kalo nangis batal, dll. ternyata yang batalin puasa cuma 3 gan. makan, minum, ma berhubungan suami istri (ada tambahan berhubungan suami sendiri,hehe,tau kan?). kalaupun boong ga akan ngebatalin puasa tapi cuma menghilangkan pahala puasa.

cukup segini dulu gan. ini gw dapet dari berbagai ceramah yang gw ikutin selama ramadhan ini. moga ramadhan kali ini kita bisa makin baek ya gan

kalo seluruh orang di kaskus pada minta cendol,,ane juga pengen ngicipin gan, rasanya cendol gimana

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
sedangkan yang diajarkalemanyandarihaitsener elddوَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتى يَتَبَينَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُم أَتِموا الصيَامَ إِلَى الليْلِ

“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (QS. Al Baqarah: 187).
0
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan