JustPropAvatar border
TS
JustProp
[Trending Topic 6 May - 12 May]Ukraine Crisis: World War III is coming!
yah memang bukan trit yg sepenuhnya soal debat. tapi rasanya kurang afdol kalau DC gak menaruh perhatian khusus soal ini.

=====

Jadi ini fakta-faktanya:
1. status rusia - NATO bukan lagi sebagai partnership tapi sebagai 'adversary'. bahkan perwakilan NATO bilang rusia lebih kepada musuh daripada partner.
source: http://rt.com/usa/156204-nato-vershb...sia-adversary/

2. USA meningkatkan kekuatan militer di wilayah tersebut, terakhir USS donald cook tiba di perairan laut hitam. langkah provokatif yg dibalas rusia dengan menerbangkan jet tempurnya melewati kapal perang tersebut.
source: http://www.usnews.com/news/articles/...-the-black-sea

3. Perang ekonomi sebenarnya sudah dimulai. rusia telah manaikkan harga gas ke ukraina hampir 2x lipat pada negara yg masih bergantung pada pasokan rusia ini. sementara USA sudah membekukan aset2 dari konglomerasi rusia yg terindikasi dekat dengan putin.
source: http://www.euronews.com/2014/04/03/r...ice-in-a-week/
http://www.nytimes.com/2014/04/29/wo...ssia.html?_r=0

4. semakin banyak wilayah ukraina yg membelot ke rusia. setelah krimea menyusul Donetsk. sebuah kondisi yang tentu tidak bisa didiamkan oleh NATO.

======

jika perang benar2 pecah di ukraina, tidak perlu terlalu lama untuk kekuatan2 dunia lain turun tangan terutama china. tanpa perang nuklir pun, perang dunia III bisa terpicu dari krisi ukraina ini.

bagaimana endingnya? apakah peradaban manusia tamat oleh krisi di ukraina ini? apakah lagi2 benua eropa menjadi epicentrum perang2 terbesar yang dicatat sejarah manusia?

mari kita berharap semua ini tidak terjadi.
mau berdoa boleh, bakar menyan boleh, jedotin pala boleh, agar dibukakan hati bagi mereka yg berseteru shg bisa bergandengan tangan lagi. emoticon-Kiss

=======

nah, abis itu baru deh silahkan didebatin! emoticon-army:
Diubah oleh Makavelli 06-05-2014 03:50
anakjahanam722
anakjahanam722 memberi reputasi
-1
5.9K
123
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan