Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kyoabeAvatar border
TS
kyoabe
Allan Nairn siapa sih ? tau-tau muncul aja ... :)
Allan Nairn siapa sih ? tau-tau muncul aja ... :)
JAKARTA, KOMPAS.com — Jurnalis asal Amerika Serikat, Allan Nairn, mengaku siap menjalani pemeriksaan di Badan Reserse Kriminal Polri terkait kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap calon presiden Prabowo Subianto.

"Kalau benar polisi mau interogasi saya, saya mau dan saya sangat senang. Tetapi, seharusnya itu dilakukan sebelum pemilu kemarin," ujar Nairn, saat ditemui di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (11/7/2014).

Allan, wartawan investigasi senior, mengatakan, pemeriksaan terhadap dirinya sebaiknya dilakukan secara terbuka. Media massa diminta dapat menyaksikan pemeriksaannya secara langsung. Bahkan, ia mengusulkan agar Prabowo turut hadir.

"Saat diperiksa di hadapan umum, saya akan berbicara secara detail soal dukungan Amerika terhadap Jenderal Prabowo, pembunuhan warga sipil, dan operasi khusus untuk memainkan pemilu," kata Nairn.

Allan adalah seorang jurnalis investigasi yang telah banyak meliput kasus-kasus pelanggaran HAM di berbagai belahan dunia, seperti Guatemela, Haiti, hingga Timor Leste. Allan bahkan menjadi orang yang dianggap mengancam Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Soeharto atas laporan-laporannya.

Pada bulan Juni dan Juli 2011 silam, Allan tengah menyelidiki kasus pembunuhan warga sipil yang dilakukan oleh militer Indonesia. Investigasinya itulah yang kemudian mempertemukan Allan dengan Prabowo yang sudah diberhentikan dari dunia kemiliteran.

Dalam wawancara itu, Allan mengaku Prabowo tidak mau menjelaskan secara spesifik kasus per kasus pembunuhan yang terjadi pada zaman Orde Baru. Namun, Prabowo bercerita panjang lebar kepada Allan tentang pemikirannya akan fasisme hingga dunia militer. Prabowo juga turut bercerita soal kedekatan dengan pelaku usaha, militer, dan intelijen Amerika.

Semua pembicaraan itu, sebut Allan memang dilakukan dengan perjanjian off the record. Namun, Allan akhirnya melanggar etiket jurnalistik itu karena merasa masyarakat Indonesia perlu tahu akan sosok Prabowo sebenarnya lantaran Prabowo akan segera dipilih sebagai calon presiden.
link

Btw , yang ane bingung , Allan Nairn ini sapa sihh gan ? tau-tau muncul aja di Indonesia ...

Sebelum muncul pilpres ini , agan ada yang kenal gak nihh ? kirain tukang becak ... emoticon-Ngakak

bentar-bentar dateng juga Bill Clinton , mau nengokin ceritanya ? hee ...

US memang selalu cari kepentingan , sok penting kali yahh ... emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh kyoabe 15-07-2014 08:38
0
2.6K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan