- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an


TS
mftzy
[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an
![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/12/6476172_20140712121237.png)
![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/12/6476172_20140712121306.png)
Quote:
Kaskuser yang baik selalu meninggalkan jejak 

Spoiler for repsol:
Quote:
![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713074602.jpg)
![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/12/6476172_20140712124016.png)
Quote:
Di taun 2014 ini kamu yang gadget freak pasti udah akrab banget sama yang namanya iPhone dan sodara-sodaranya. Mau main, ngirim e-mail, atau browsing gue juga bisa di manapun dan kapanpun cukup dengan satu gadget.
Kalo udah begini rasanya hidup jadi gampang banget.
Gimana kalo kita sekarang flashback ke taun 90-an?
Kalo udah begini rasanya hidup jadi gampang banget.

Gimana kalo kita sekarang flashback ke taun 90-an?

![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713075416.png)
Quote:
1. PAGER
![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713075236.jpg)
Radio panggil lebih dikenal dengan sebutan pager yaitu alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Radio panggil numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja, khas layaknya sebuah nomor telepon yang digunakan penggunanya untuk menelepon.
Radio panggil alphanumerik juga tersedia dengan sistem dua arah dapat mengirim pesan melalui surat elektronik atau SMS (short massage service).
Radio panggil (pager) sudah jarang ditemukan di peredaran dunia bisnis. Persaingan alat komunikasi yang murah dengan layanan yang semakin canggih, makin tidak terlihatnya keberadaan radio panggil ini. Walaupun dia adalah jejak tertua barang teknologi purbakala pada abad ini, tetapi masih tetap terpakai. Terutama pada mereka yang bergerak di bidang jasa terutama di jasa informasi dan jasa kesehatan. Radio panggil adalah barang yang harus dipatuhi, dia selalu menerima pesan apapun, alasan apapun yang dibuat untuk menghindari pesan di radio panggil, selalu menjadi tidak beralasan.
"Ribet banget, sih, emang. Karena mesti melalui operator dulu. Kan jadi malu kalo mau kirim pesen ke pacar yang agak2 mesra gitu. Mbak, kirim pesen buat nomor sekian sekian sekian, pesennya: jangan lupa bobo, ya. Muachhhh.. Gimana ya perasaan si mbak-mbak operator tiap ngetik pesen model begitu? Tapi tetep asik kok. Ya mau gimana lagi, adanya pager doang."

![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713075236.jpg)
Radio panggil lebih dikenal dengan sebutan pager yaitu alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Radio panggil numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja, khas layaknya sebuah nomor telepon yang digunakan penggunanya untuk menelepon.
Radio panggil alphanumerik juga tersedia dengan sistem dua arah dapat mengirim pesan melalui surat elektronik atau SMS (short massage service).
Radio panggil (pager) sudah jarang ditemukan di peredaran dunia bisnis. Persaingan alat komunikasi yang murah dengan layanan yang semakin canggih, makin tidak terlihatnya keberadaan radio panggil ini. Walaupun dia adalah jejak tertua barang teknologi purbakala pada abad ini, tetapi masih tetap terpakai. Terutama pada mereka yang bergerak di bidang jasa terutama di jasa informasi dan jasa kesehatan. Radio panggil adalah barang yang harus dipatuhi, dia selalu menerima pesan apapun, alasan apapun yang dibuat untuk menghindari pesan di radio panggil, selalu menjadi tidak beralasan.
"Ribet banget, sih, emang. Karena mesti melalui operator dulu. Kan jadi malu kalo mau kirim pesen ke pacar yang agak2 mesra gitu. Mbak, kirim pesen buat nomor sekian sekian sekian, pesennya: jangan lupa bobo, ya. Muachhhh.. Gimana ya perasaan si mbak-mbak operator tiap ngetik pesen model begitu? Tapi tetep asik kok. Ya mau gimana lagi, adanya pager doang."

![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/12/6476172_20140712124016.png)
Quote:
2. TAMAGOTCHI
![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713075757.jpg)
Tamagotchi(bahasa Jepang:Tamagotch たまごっち)adalah konsol permainan yang mudah dibawa. Ini diluncurkan oleh perusahan permainan Jepang, Bandai, pada tanggal 23 November tahun 1996 di Jepang. Tamagotchi menjadi sangat terkenal sehingga menjadi kejadian alam masyarakat sekitar tahun 1997. Asal namanya "telur (bahasa Jepang: tamago たまご)" dan "jam tangan(bahasa Inggris: watch)".
Binatang kesayangan bernama Tamagotchi muncul di atas pemandangan konsol permainan. Pemilik menikmati permainanya dengan memelihara Tamagotchi itu, misalnya memberi makanan, membersihkan kamar Tamagotchi, bermain dengan Tamagotchi dll. Tamagotchi dalam keadaan menyenangkan waktu berkomunikasi dengan baik. Tetapi Tamagotchi menjadi marah kalau pemelihara meleleikan pemeliharaan. Keadaan terburuk, Tamagotchi bisa mati pun. Dengan memelihara seperti ini, Tamagotchi mengubah bentuk diri ke "Oyajitch (Tamagatchi berbentuk Oyaji)", "Nyorotchi (Tamagotchi berbentuk ular)" dan lain-lain yang sifatnya dan bentuknya bermacam-macam. Bagaimana Tamagitchi mengubah diri dipengaruhkan oleh cara pemeliharaan, berat badannya dan suasana hatinya. Lain-lainnya, konsol permainan ini bisa dipakai untuk arloji saja.
Konsol permainan itu berbentuk telur ban panjangnya 53 mili meter. Tiga saklar ada di bawah pemandangannya. Saklar yang ada di ter-kiri untuk "memilih". Yang tengah untuk "menuntukan" dan yang ter-kanan untuk "membatalkan". Sistem saklar ini mempegaruhi banyak konsol permainan yang akan datang.
"Mainan a la game watch dari Jepang ini konsepnya adalah melihara binatang kesayangan. Jadi kamu tiap hari harus ngasih makan, ngasih obat kalo sakit, ngajak main, sampe mandiin. Soalnya kalo nggak dirawat dia bisa mati. Hati-hati gila kalo kelamaan main ginian."

Binatang kesayangan bernama Tamagotchi muncul di atas pemandangan konsol permainan. Pemilik menikmati permainanya dengan memelihara Tamagotchi itu, misalnya memberi makanan, membersihkan kamar Tamagotchi, bermain dengan Tamagotchi dll. Tamagotchi dalam keadaan menyenangkan waktu berkomunikasi dengan baik. Tetapi Tamagotchi menjadi marah kalau pemelihara meleleikan pemeliharaan. Keadaan terburuk, Tamagotchi bisa mati pun. Dengan memelihara seperti ini, Tamagotchi mengubah bentuk diri ke "Oyajitch (Tamagatchi berbentuk Oyaji)", "Nyorotchi (Tamagotchi berbentuk ular)" dan lain-lain yang sifatnya dan bentuknya bermacam-macam. Bagaimana Tamagitchi mengubah diri dipengaruhkan oleh cara pemeliharaan, berat badannya dan suasana hatinya. Lain-lainnya, konsol permainan ini bisa dipakai untuk arloji saja.
Konsol permainan itu berbentuk telur ban panjangnya 53 mili meter. Tiga saklar ada di bawah pemandangannya. Saklar yang ada di ter-kiri untuk "memilih". Yang tengah untuk "menuntukan" dan yang ter-kanan untuk "membatalkan". Sistem saklar ini mempegaruhi banyak konsol permainan yang akan datang.
"Mainan a la game watch dari Jepang ini konsepnya adalah melihara binatang kesayangan. Jadi kamu tiap hari harus ngasih makan, ngasih obat kalo sakit, ngajak main, sampe mandiin. Soalnya kalo nggak dirawat dia bisa mati. Hati-hati gila kalo kelamaan main ginian."

![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/12/6476172_20140712124016.png)
Quote:
3. HANDPHONE
![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713080616.jpg)
Telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).
Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.
Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Namun akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. “Pada tahun 1983, telepon genggam portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta).
Setelah berhasil memproduksi telepon genggam, tantangan terbesar berikutnya adalah mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telepon genggam tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh dunia.
Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi selular adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918, ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam bidang switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang switching. Amos E Joel Jr, membuat sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Switching ini harus bekerja ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga p[/B]embicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel menjadi nyaman.
"Setelah tren pager reda, operatornya juga udah pada stres kayaknya, datanglah era handphone. Diawalii dengan Ericsson T10 dan Nokia 5510. Hp dengan game Snake itu udah paling canggih dan gaul pada jamannya. Hmm, sedih juga ya kalo dipikir-pikir."

![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713080616.jpg)
Telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).
Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.
Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Namun akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. “Pada tahun 1983, telepon genggam portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta).
Setelah berhasil memproduksi telepon genggam, tantangan terbesar berikutnya adalah mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telepon genggam tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh dunia.
Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi selular adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918, ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam bidang switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang switching. Amos E Joel Jr, membuat sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Switching ini harus bekerja ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga p[/B]embicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel menjadi nyaman.
"Setelah tren pager reda, operatornya juga udah pada stres kayaknya, datanglah era handphone. Diawalii dengan Ericsson T10 dan Nokia 5510. Hp dengan game Snake itu udah paling canggih dan gaul pada jamannya. Hmm, sedih juga ya kalo dipikir-pikir."

![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/12/6476172_20140712124016.png)
Quote:
4. CHATTING
![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713081059.jpg)
Obrolan Online (Inggris: online chat) mengacu kepada segala bentuk komunikasi menggunakan Internet, tetapi secara spesifik mengacu kepada percakapan berbasis teks antara dua orang pengguna Internet. Percakapan di Internet dapat menggunakan perangkat lunak seperti pengirim pesan instan, Internet Relay Chat, dan lain-lain.
Kira kira seperti ini, penampilan dari Chatting yang pertama kali muncul di taun 90-an
![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713081454.gif)
Internet itu baru masuk awal 95. Abis itu muncul tren chatting di dunia maya pake IRC (Internet Relay Chat). Kalimat pembuka percakapan biasanya diawali sama "asl pls". Apakah asl pls? Bukan asli atau palsu, tapi "age, sex, location please".

![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713081059.jpg)
Obrolan Online (Inggris: online chat) mengacu kepada segala bentuk komunikasi menggunakan Internet, tetapi secara spesifik mengacu kepada percakapan berbasis teks antara dua orang pengguna Internet. Percakapan di Internet dapat menggunakan perangkat lunak seperti pengirim pesan instan, Internet Relay Chat, dan lain-lain.
Kira kira seperti ini, penampilan dari Chatting yang pertama kali muncul di taun 90-an
![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713081454.gif)
Internet itu baru masuk awal 95. Abis itu muncul tren chatting di dunia maya pake IRC (Internet Relay Chat). Kalimat pembuka percakapan biasanya diawali sama "asl pls". Apakah asl pls? Bukan asli atau palsu, tapi "age, sex, location please".

Quote:
![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713082546.png)
Jangan lupa

&

![[FLASHBACK YUK!] Gadget taun 90-an](https://s.kaskus.id/images/2014/07/13/6476172_20140713082552.png)
0
6K
Kutip
36
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan