Mengenal kendaran penunjang aktivitas penerbangan pesawat udara
TS
kunduy
Mengenal kendaran penunjang aktivitas penerbangan pesawat udara
KABAR GEMBIRA UNTUK KITA SEMUA
BANYAK KENDARAAN YANG BEROPERASI PADA SEBUAH BANDARA. KENDARAAN BERIKUT ADALAH YANG MENUNJANG OPERASIONAL PESAWAT UDARA SELAMA BERADA DI DARAT (ON GROUND). AGAN PERNAH MELIHAT PESAWAT DIDORONG MENGGUNAKAN SEBUAH MOBIL/TRUCK? BERAPA KEKUATAN MOBIL TERSEBUT SEHINGGA BISA MENDORONG MUNDUR PESAWAT YANG BERISI PENUH PENUMPANG+BAGASI+BARANG CARGO+FUEL
Spoiler for BIAR NYAMBUNG COBA MELIPIR DULU KE SINI GAN :
Ground Support Equipment biasa ditemukan di suatu Bandar Udara , terkadang berada di jalur area sisi udara bandara. Peralatan ini digunakan untuk melayani pesawat terbang sebelum keberangkatan maupun setelah tiba di bandara, dinamakan ground support equipment karena peralatan ground handling ini dapat mendukung operasi pesawat ketika berada di darat. Adapun fungsi umum dari peralatan ini meliputi ground power operations, aircraft mobility, dan loading operations (penumpang dan barang). Ada beberapa kategori untuk ground support equipment, dan (GSE) terdiri dari dua kategori, yaitu:
1.Non-powered equipment
2.Powered equipment
Spoiler for NON-POWERED EQUIPMENT:
1. CHOCKS
Chock digunakan untuk mencegah pesawat berg erak ketika parkir di apron atau di hanggar. Chocks diletakkan di depan dan di belakang roda landing gear pesawat. Chocks terbuat dari kayu yang keras atau karet yang keras.
2. BAG CARTS
Kereta angkut (Baggage carts), digunakan u ntuk mengangkut cargo, excess baggage, mail, dan material lainnya dari terminal ke pesawat atau sorting facility. Carts dilengkapi dengan system pengereman dengan memblok roda sehingga tidak bergerak ketika akan disambungkan dengan balok untuk ditarik. Banyak kereta yang dilengkapi dengan penutup, kecuali untuk bagian yang menggunakan plastik dilindungi dengan terpal sehingga items terlindungi dari kondisi cuaca.
3. DOLLIES FOR CONTAINERS AND PALLETS
Trolli untuk container dan pallet digunakan untuk mengangkut muatan di container dan pallet. Dari keduanya memiliki inbuilt rollers atau roll untuk memudahkan di dalam mengangkut container dan pallet ke dalam space pesawat. Container dan pallet juga wajib dilengkapi dengan built-in fuses. Mekanik rem bergantung kepada konstruksi blok roda ketika trolli diangkat ke atas atau sebaliknya. Trolli untuk container memiliki pola memutar untuk membuat container dapat berbalik arah secara langsung saat proses loading ke dalam pesawat. Semua bagian pada trolli, baik roda, pole, system pengereman, bagian sambungan haruslah sesuai prosedur.
Spoiler for Jangan gan...:
Spoiler for Powered Equipment:
1. HYDRANT TRUCK AIRCRAFT REFULLER
Aircraft refuellers biasa juga disebut fuel truck, atau hydrant truck. Fuel truck sendiri dapat mengangkut bahan baker sekitar 10,000 US gallons, fuel truck memiliki alat pemompa, penyaring, selang karet, dan peralatan lainnya. Sebuah hydrant cart bergerak ke pipeline network untuk menyediakan bahan bakar pesawat. Ada perbedaan yang signifikan antara hydrant system dengan fuel truck, hydrant system lebih menguntungkan karena fuel truck harus mengisi kembali secara berkala.
2. TUGS AND TRACTORS
Tugs dan tractors memiliki beberapa fungsi dan tujuan di dalam memberikan pelayanan pendukung di darat. Mereka digunakan untuk menarik atau menggerakkan alat-alat ground support yang mengalami kerusakan, termasuk bag carts, mobile air conditioning units, air starters, lavatory carts, and peralatan lainnya.
3. GROUND POWER UNITS
Ground power unit adalah kendaran yang mampu menyuplai tenaga ke pesawat yang sedang berada di parkir area. Ground power units juga memungkinkan dapat menyuplai jetway, mempermudah suplai energi listrik ke pesawat. Semua pesawat yang memiliki syarat 28V arus searah, dan 200V 400HZ arus bolak balik, energi listrik dibawa dari sebuah generator yang disambungkan ke pesawat lewat kabel yang sangat tebal. Kabel penghubung ini adalah standar untuk semua pesawat.
4. AIRPORT BUSES
Bis digunakan untuk mengangkut penumpang, dan memindahkan penumpang dari pesawat ke terminal, atau dari satu terminal ke terminal yang lainnya. Di beberapa Bandar udara bis hanya dapat digunakan untuk penumpang yang berada di lantai dasar, apabila berada di lantai 2 biasanya penumpang menggunakan garbarata, bis terkadang disebut sebagai mobile lounges.
5. CONTAINER LOADER
Loader untuk pesawat berbadan lebar (aircraft platform) digunakan untuk loading dan unloading cargo yang berada di container atau di pallet. Loader memiliki dua peron yang secara bebas mengangkat dan menurunkan. Container dan pallet saat di loader digerakkan dengan built-in rollers atau roda, dan diangkut ke pesawat melewati peron.
6. LAVATORY SERVICE VEHICLES
Kendaraan lavatory service kosong dan mengisi dari lavatories onboard aircraft, kotoran yang tersimpan di tangki, kemudian dibersihkan dengan kendaraan ini, setelah tangki dibersihkan kemudian diberikan campuran air dengan disinfecting concentrate, biasa disebut blue juice. Beberapa Bandar udara memiliki kereta lavatory yang lebih kecil dan harus ditarik dengan penarik.
Air kencing yang agan buang dipesawat akan dikeluarkan oleh alat ini saat pesawat di darat
7. CATERING VEHICLE
Kendaraan Catering digunakan untuk meng-unloading minuman dan makanan yang tidak habis terkonsumsi, dan juga me-loading makanan dan minuman yang baru untuk penumpang dan crew. Tipe makanan di antar dengan kereta yang distandarkan. Makanan dibuat di darat sesuai dengan banyaknya permintaan (apart from chilling or reheating). Kendaraan catering terbuat dengan lifting system, platform and an electro-hydraulic control mechanism. Kendaraan dapat mengangkat dan menurunkan, peron dapat menggerakkan ke depan pesawat.
Di indonesia hanya maskapai berkategori full service yang menyediakan makanan pada saat penerbangan gan
8. PASSENGER BOARDING STAIRS
Passenger boarding stairs terkadang disebut tangga udara, digunakan untuk mengangkut penumpang dari darat ke kabin pesawat. Semenjak banyak pesawat yang memiliki pintu pesawat yang tinggi dari darat, tangga membantu penumpang naik dan turun dengan aman serta efisien. Ada beberapa tangga yang seperti eskalator sehingga mempermudah penumpang, ada juga tangga yang biasa saja. Banyak tangga yang dapat menyesuaikan ketinggian tangga dengan ketinggian pesawat.
9. PUSHBACK CAR AND TRACTORS
Pushback car banyak digunakan untuk menarik pesawat dari runway menuju apron, begitu juga sebaliknya. mobil ini sangat bertenaga karena memiliki mesin yang besar. Pushback carjuga bisa mendorong pesawat dalam beberapa situasi, seperti mendorong ke hangar. Ukuran pushback car disesuaikan dengan ukuran pesawat. Beberapa menggunakan tow-bar sebagai penghunbung antara pesawat dengan pushback car itu sendiri.
Spoiler for KENAPA PESAWAT DIDORONG MUNDUR:
Kenapa pesawat harus didorong mundur. Karena sewaktu pesawat berada di darat, pesawat pun bergerak dengan menggunakan mesin yang sama seperti mesin yang digunakan untuk terbang. Mesin pesawat hanya bias mendorong maju. Dan pesawat telah dirancang dengan tidak ada penggerak khusus pada roda pesawat. Maka dari itu untuk pergerakkan pesawat di darat, pesawat hanya bias bergerak maju. Gaya dorong maju pesawat disebut Thrust. Sedangkan untuk diputar ke belakang disebut Thrust Reverse, kegunaan Thrust Reverse adalah untuk mengerem setelah pesawat landing. Sistem thrust reverse pada pesawat ada yang boleh dipakai untuk mundur, namun untuk penggunaannya dibatasi. Tapi sebagian besar thrust reverse tidak boleh dipakai mundur karena akan mengakibatkan kerusakan pada pesawat tersebut. Maka dari itu pada saat mundur, akan lebih memudahkan pesawat dengan menggunakan bantuan mobil pendorong yang disebut dengan push back car
Seperti inilah keadaan disekitar pesawat saat berada didarat, dikelilingi kendaraan penunjang operasional.
MOHON
TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE THREAD ANE GAN, SEMOGA BISA MENAMBAH INFORMASI TENTANG PENERBANGAN.