Kaskus

News

DiggaAvatar border
TS
Digga
7 Hal dalam Iklan yang Sering Mengecoh Calon Konsumen
Halo agan dan sista!
emoticon-Kissemoticon-Jempol

Misi ane mau ijin share ilmu nih tentang kegiatan pemasaran di Indonesia, semoga bermanfaat!emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)

Kegiatan pemasaran sebenarnya sangat luas dan bukan hanya berbicara mengenai penjualan. Tetapi, kegiatan promosi juga termasuk pemasaran, dimana pada tahap ini, kita sebagai konsumen mudah terkecoh dengan apa yang dikatakan oleh promosi-promosi suatu brand atau produk. Khususnya, promosi ini paling sering diwujudkan ke dalam bentuk iklan, baik berupa iklan tv atau iklan cetak, radio, digital, dan lain-lain.

Makanya sering kan gan & sist ngerasa rugi waktu tergiur belanja gara-gara liat promo iklannya? emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)

Nah makanya ane mau bocorin rahasia besar perusahaan nih!
Karena harusnya masyarakat Indonesia mendapatkan edukasi tentang kegiatan promosi ini biar besok-besok gak ngerasa dirugiin lagi emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup

Spoiler for rahasia:

Pada dasarnya etika merupakan suatu kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Maka definisi Etika Pariwara Indonesia, yaitu merupakan ketentuan-ketentuan normatif yang menyangkut profesi dan usaha periklanan yang telah disepakati untuk dihormati, ditaati, dan ditegakkan oleh semua asosiasi dan lembaga pengembannya. Jadi sebenarnya, setiap brand atau produk yang beriklan di Indonesia memiliki suatu pedoman khusus yang berfungsi untuk memberi batasan-batasan sejauh mana komunikasi yang perlu digunakan untuk berpromosi. Namun sayangnya tidak banyak konsumen di Indonesia yang mengetahui keberadaan etika ini. Sehingga momen tersebut seringkali dimanfaatkan oleh beberapa pembuat iklan untuk mengelabui konsumen secara implisit lewat iklan-iklan.

Keberadaan etika ini dijalankan oleh Lembaga Penegak Etika, yaitu organisasi independen dan nirpamong yang bertugas dan berwenang untuk menegakkan etika periklanan, dan bernaung di bawah Dewan Periklanan Indonesia atau asosiasi pengemban EPI. Dampak yang diberikan oleh etika in iberbeda dengan hukum yang ditegakkan di Indonesia karena bukan melalui hukuman penjara lewat pasal-pasal tapi dengan hukuman moral dari masyarakat itu sendiri yang nilai-nilai etikanya telah disetujui dan kemudian membentuk suatu standar etika di Indonesia.

Sehingga keberadaan etika ini berfungsi untuk melindungi konsumen dari unsur penipuan, meski di mata pembuat iklan sering kali dianggap membatasi kreatiftas. Tapi dari poin itu, sebenarnya kreatifitas dapat tumbuh, yaitu bagaimana caranya mempromosikan brand atau produk tanpa harus mengelabui konsumen.

Langsung aja nih gan & sist!
Berikut adalah poin-poin dalam EPI yang paling sering dilupakan dan paling wajib diketahui oleh konsumen biar gak terkecoh:

Spoiler for 1. Bahasa:

Spoiler for 2. Tanda Asteris (*) :

Spoiler for 3. Penggunaan kata "satu-satunya":

Spoiler for 4. Pemakaian Kata “Gratis”:

Spoiler for 5. Pencantuman Harga:

Spoiler for 6. Pengembalian Uang (Warranty):

Spoiler for 7. Ketaktersediaan Hadiah:


Semoga bermanfaat
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

BONUS! link download kitab Etika Pariwara Indonesia
Spoiler for link:
Diubah oleh Digga 11-06-2014 07:09
0
3.8K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan