Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sideruAvatar border
TS
sideru
Hal-hal yang bisa agan lakukan di bulan Ramadhan..




Sebelumnya saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa..
Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Dalam rangka bulan RAMADHAN ini, ane mau coba membuat trit tentang hal hal simple yang bisa/sebaiknya dilakukan di bulan suci umat muslim ini.

Berdakwah melalui dunia maya dan dunia nyata
di Bulan Suci ini kurangi dulu postingan tentang pilpres, apalagi sekedar curhatan tentang gebetan.. Isi status FB dan Twit agan dengan hadis hadis Shahih serta postingan postingan bermanfaat... Agan bisa cari bacaan bagus di dakwatuna, Hidayatullah, atau Muslim.or.id. Jikalau bisa, lakukan juga dakwah di dunia nyata.. Setidaknya ke orang orang terdekat kita emoticon-Smilie



DZIKIR dimana saja
Kapan pun dan dimanapun kita usahakan untuk selalu berdzikir mengingat Allah.. Kapaan saja, tidak harus seusai sholat.. bahkan dipagi hari ketika hendak berangkat sekolah/kerja.. Agan lihat matahari terbit hendaknya langsung bersyukur.. alhamdulillah-alhamdulillah-alhamdulillah (udah dikasih kesempatan utk kembali melihat matahari pagi, masih diberi kesempatan utk bernafas lagi hari ini..), lalu istigfar memohon ampun atas dosa dosa yg lalu..




Mendengarkan dan Membaca Quran

Selama Ramadhan ini ganti playlist MP3 kita dengan Murottal. Sambil naik motor bisa sambil dengerin Murotal, sambil nyetir di Mobil bisa sambil dengerin Al baqarah.. lumayan dapat pahala gaan... Ganti channel radio kita dengan radio radio islami yang berisi ceramah dan lantunan Quran. Sering mengisi waktu dengan nonton youtube? di Bulan Ramadhan ini, mari kita ganti tontonan kita dengan lantunan merdu ayat-ayat Allah.. sambil kita mengingat kembali (Murojaah) hafalan hafalan kita.. Sesaat sebelum tidur siang atau sesudah sahur boleh lah kita dengar ayat ayat Allahyang merdu..

Selain mendengar, lebih baik lagi kalau kita juga membaca Al Quran.. Membaca di busway, di kereta, di kantor, dll.. Pasang target untuk mengkhatamkannya... Namun jikalau susah untuk menghatamkan Quran, bisa diganti dengan membaca Quran dan artinya. Seberapa banyak yang kita sanggup asalkan kontinyu dan konsisten. emoticon-Smilie


Ada lagi level yang lebih tingggi dari mendengar dan membaca.. Yaitu memahami dan melaksanakan emoticon-Smilie Jikalau bisa, kita coba pahami makna dari apa yang kita baca.. Karena Al Quran ini sungguh luar biasa makna yg terkandung di dalamnya... emoticon-Smilie

Membaca Hadits dan Buku Buku Islam
Daripada smartphone kita hanya kita pakai untuk chatting dan main game, mari kita isi waktu luang kita dengan membaca.. Bacalah Hadits, Sirah Nabi Muhammad SAW, Tafsir, dan cerita cerita perjuangan sahabat Nabi. Download aplikasinya, atau Googling juga bisa.. Kalau ada uang, sisihkan utk membeli buku buku bernuansa islam di toko buku..
Intinya perbanyak bacaan yang dapat memotivasi kita untuk beribadah lebih giat lagi, bacaan yang dapat mendekatkan diri kita dengan Allah SWT.


Bersilaturahmi/silaturahim
Lama tidak berjumpa teman kuliah kita, sanak famili, atau mungkin kerabat dari kampung halaman? Mari lakukan silaturahim untuk menghidupkan ukhuwah islamiyah.. Tidak punya waktu? minimum lewat sms.. Tidak punya pulsa? minimum lewat BBM? BBM pas habis paketnya? bisa lewat WHatssap atau EMail... kehabisan kuota? agan bisa pilih pakai sandi morse, bendera semafors, kentungan, burung merpati atau asap.. hehehe

Menjaga diri, lisan & pandangan
Mari kita jaga pandangan kita.. Jaga lisan kita.. hindari berkata bohong meskipun bercanda. Hindari ghibah (membicarakan keburukan oeang lain), sotp kampanye negatif dan black campaign (hehehe), stop berbicara yang saru atau porno emoticon-Big Grin dan hal hal lain yang menimbulkan kufarat atau keburukan..

Jaga diri kita sebaik mungkin, niatkanbekerja untuk mencari nafkah yan halal. Niatkan sebagai ibadah unutuk menafkahi keluarga dengan mengharap Ridho Allah.. InsyaAllah, setiap langkah kita akan dihitung sebagai pahala.


Memberi makan orang yang berpuasa
Jika kita sedang berpergian, siapkan satu kotak kurma dan beberapa botol air mineral kecil di tas kita.. Jikalau nanti di saat Adzan Magrib, kita sedang berada di Busway, Kereta, atau di tempat umum.. Mari kita bagikan kepada orang orang di sekitar kita. Mungkin saja mereka lupa membawa bekal air minum utk berbuka, karena sebaiknya kita segera berbuka ketika mendengar adzan.. Apabila telah datang waktu berbuka puasa, hendaklah menyegerakan berbuka, karena didalamnya terdapat banyak kebaikan. Rosulullah SAW bersabda :

لَا يَزَالُ الناسُ بِخَيْرٍ مَا عَجلُوْا الْفِطْرَ – رواه الشيخان
“Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

“Barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.” (HR. Turmudzi dan An-Nasa’i)

Shalat Tarawih (Qiyamul Ramadhan)


Ibadah sunnah yang khas di bulan Ramadhan adalah shalat tarawih (qiyamul ramadhan). Intinya adalah bagaimana kita bisa menghidupkan malam hari kita dengan ibadah, jangan sampai maknanya hanya sekedar tradisi.. Atau habis tarawih malah pacaran berdua sama gebetan di taman. hehehe, percuma donk.. Isi malam hari kita dengan ibadah, shalat tarawih dapat dilakukan dirumah sekalipun.



Rasulullah saw pernah merasa khawatir karena takut shalat tarawih dianggap menjadi shalat wajib karena semakin hari semakin banyak yang ikut shalat berjamaah di masjid sehingga beliau akhirnya melaksanakan shalat tarawih sendiri di rumah.

BERBAGI
Berbagi dengan sesama di bulan Ramadhan, perbanyak zakat, infak, sedekah. Sisihkan uang Rp 18.000 lalu pergi ke digital printing, cetak surat pendek, atau kumpulan hadis di kertas seukuran kartu nama, harganya sekitar 15.000-20.000 per box (isi 100 lembar), diberi tulisan silakan ambil, lalu letakkan di Masjid. Setiap orang yang ambil dan baca (apalagi melaksanakannya), insyaAllah agan juga akan mendapatkan pahala.. Kalau ada dana lebih, agan bisa sumbang 100 Alquran ke masjid emoticon-I Love Indonesia (S)atau bisa juga agan kumpulin pakaian agan yang udah kekecilan, buku buku pelajaran, dan sepatu sepatu lama milik agan ke panti asuhan terdekat.. InsyaAllah yang demikian itu termasuk amala jariyah yang tidak akan terputus pahalanya walaupun kita sudah meninggal nanti..

Membagi bagikan bibit pohon juga bisa gan.. Ketika pohon tsb besar, dan ada orang yg berteduh dibawahnya.. insyaAllah bisa dapat pahalanya gan.. luar biasa kaan emoticon-I Love Indonesia (S)



ITIKAF
Usahakan untuk melakukan sholat wajib di Masjid... Kemudian jangan langsung pergi ketika sholat selesai.. Cobalah untuk berlama lama di Masjid..
Setelah sholat Tarawih, jangan langsung pulang.. Itikaf atau berdiam diri di Masjid, sambil membaca Quran, Dzikir, sholat sunnah, berdoa, bermuhasabah, dan mensyukuri segala pemberian Allah.

di 10 hari terakhir Ramadhan, semakin tingkatkan kualitas ibadah kita.. Panjangkan waktu ibadaha kita di malam hari, semoga kita mendapatkan Malam Lailatul Qodr...

MATIKAN TV

TV sebaiknya dimatikan gan emoticon-Smilie karena puasa begini masih banyak Infotainment yang isinya fitnah dan ghibah, berita politik menjelang pilpres juga udah sulit dibedakan mana yang fitnah atau hoax.. Di TV juga sering ada iklan atau film yang bintangnya menggunakan pakaian agak terbuka, sehingga bisa mengurangi pahala puasa kita, hindari juga tayangan musik musik, dan becandaan ga penting.. emoticon-Smilie mendingan tidur daripada nonton ginian. hehe

matikan TV, atau tonton aja tayangan yang islami.. agan catat jadwalnya.. misalkan Hafidz Quran, Jejak Rasul, Khasanah, ceramah ceramah ramadhan, dll. Atau sekalian agan agan nonton TV islami seperti Rodjaj TV..

Melaksanakan Makan Sahur
jangan lupa untuk sahuuuuur gan.. Sahur aja dapat pahala lho.. karena dengan sahur, artinya kita sudah melaksanakan sunnah Rasul emoticon-Smilie

تَسَحرُوْا فَإِن فِى السحُرِ بَرَكَةٌ – الشيخان -

“Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bertaubat

Selama bulan Ramadhan, Allah SWT membukakan pintu ampunan bagi seluruh hambanya. Karena itu, bulan Ramadhan adalah kesempatan emas bagi kita untuk bertaubat kembali ke fitrah kita. sering-sering istigfar gan, minta ampun kepada Allah.. namanya kita manusia, pasti tidak luput dari kesalahan.... Ane pernah baca nih dari broadcast messages.. Coba agan sediakan celengan atau sebuah kotak di kamar agan, ntar setiap kali agan berbuat dosa.. Agan istigfar, lalu masukan sejumlah uang di celengan/kotak tsb.. Lalu ketika sudah terkumpul agan sedekahkan uangnya.. Keren kan gan emoticon-I Love Indonesia (S)

Oiya selain bertaubat, ada baiknya kita juga banyak memaafkan orang lain emoticon-Smilie Ingat, ada salah satu Sahabat Rasululullah, yang masuk ke dalam surga karena selalu memaafkan orang lain.. emoticon-Smilie

Umrah
Jika Anda punya rezeki cukup, pergilah umrah di bulan Ramadhan. Karena, pahalanya akan berlipat-lipat. Rasulullah saw. berkata kepada Ummu Sinan, seorang wanita Anshar, agar apabila datang bulan Ramadhan, hendaklah ia melakukan umrah, karena nilainya setara dengan haji bersama Rasulullah saw. (HR. Bukhari dan Muslim).



BERBURU MALAM LAILATUL QADAR

Quote:




sekian dulu trit dari ane gan...
mohon maaf kalau ada salah salah kata...

Dengan menyebarkan kebaikan ini, agan bisa mendapatkan banyak pahala emoticon-Smilie karena ada hadits yang maknanya kurang lebih : setiap ada orang yang mengerjakan kebaikan atau amal soleh dikarenakan apa yang kita lakukan (dakwahkan), insyaALlah kita akna mendapatkan pahala seperti orang yang mengerjakannya. Wallahualam bishowab.

Semoga bulan Ramadhan ini penuh rahmat dan barokah bagi kita semua amiiin..


trit ane yang lain

Bisnis Minuman Monsterjelly

Salah Satu Kunci Kesuksesan
Diubah oleh sideru 21-07-2014 02:01
0
4.7K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan