jackpaijohAvatar border
TS
jackpaijoh
MEMBELI HP BEKAS (SECOND) ? KENAPA TIDAK . . .
Sebagian diantara kita pasti ada kelompok "Gadget Freak" (Ga bisa hidup kalau ga ada HP emoticon-Ngakak) dan dibedakan lagi menjadi "Follower Teknologi" dan "Gagap Teknologi" (Hanya ikut tren aje). Ane termasuk dalam kelompok "Gadget Freak" dan "Follower Teknologi". Kl ada Smartphone baru dengan prosessore lebih cepat, layar (ppi) lebih tinggi dan memory lebih besar maka diotak ane langsung mengkalkulasi keuangan untuk mendapatkan itu dan berapa lama ane bisa dapatkan ..... emoticon-Matabelo
Tetapi karena keinginan dan modal tidak sama besar emoticon-Ngakak . .. . maka ane memutuskan untuk beli bekas (branded)
Alasan memutuskan beli bekas:
1. Saat ini toko penjual smartphone bekas lebih selektif saat menerima barang. Penjual tidak mau beresiko menerima barang rusak yang akhirnya dikomplain dan tidak dipercayai konsumen.
2. Pesaing antar toko banyak, jadi mereka berlomba2 menjaga kualitas barang bekas yang dijual. (Toko hp bekas ditempat ane jual sampai luar kota dan luar pulau dengan jumlah banyak).
3. Trend orang borju saat ini; ganti-ganti smartphone. Hanya 4 bulan uda dijual, ane dapat smarphone selalu masih garansi. Jd itu membuat ane pede untuk milih barang bekas tersebut.
4. Kebanyakan orang borju / BU yang jual smartphonenya tidak tahu teknologi dan feature didalam gadget tersebut. Jadi barangnya jarang ada yang dioprek (root, ganti rom dsb).
5. Ane punya langganan toko hp bekas, jadi ane ga terlalu khawatir.

Pengalaman ane beli smartphone bekas, ini yang harus diperhatikan :
1. Kenali hp yang ingin dibeli. Cari informasi sebanyak2nya mengenai hp tersebut baik spek maupun bentuk dan serinya agar agan2 tidak tertipu.
2. Cari informasi mengenai harga baru dan bekas hp yang ingin dibeli, supaya agan2 bisa menawar serendah2nya. Harga modal penjual biasanya 60-70% dari harga baru.
3. Jangan pernah percaya 100% ama toko penjual, agan2 harus periksa kondisi fisik (Layar, Baterai dan Body) , apakah pernah jatuh?
4. Nyalakan hp dan coba semua feature yang didalamnya. Di setiap hp android ada kode rahasia untuk membuka menu test, agan bisa melakukan test layar, camera, getar, jumlah sentuhan dsb. Cek semua kelengkapan hp, jika tidak ada salah satu maka agan bisa batal atau menawarkan kembali harga lebih rendah.
5. Pastikan garansi indonesia atau internasional. Bukan garansi toko.
6. Minta garansi barang boleh dikembalikan jika terjadi kerusakan dalam beberapa hari.
7. Lebih baik lagi jika agan bisa beli hp bekas dari teman agan yang bisa dipercaya dan tahu kondisi hpnya waktu digunakan sehari2.
8. Hindari pembelian via Online utk mengurangi resiko ditipu.

History pembelian smartphone second ane sampai sekarang :

- Pertama ane beli samsung W (Ga ada di foto, uda laku...emoticon-Big Grin) dengan harga 2,4 juta, waktu itu harga barunya 3 Juta, garansi masih 7 bulan.
- Kedua ane beli samsung S2 dengan harga 2,6 dan harga baru sekitar 3,8-an (agak lupa).
-Ketiga beli LG P880 (4x HD) dengan harga 2,850 dan harga baru 4,5 jt. Garansi kurang 2 bulan.
-Kempat beli LG G2 dengan harga 4,5 dan harga baru 5,8 (ane merasa ini kemahalan mestinya lebih murah, penjualnya jual modal kerena ga laku2, waktu itu harga barunya 6,3). Garansi kurang 4 bulan.

Semua hp diatas kondisinya masih baik, tp untuk S2 kacanya retak kyk dibelah dua (padahal gorilas...hehehe) tp masih bisa dipakai, samsung S2 mau dibeli ama temen istri ane 700rb.
Ane ga malu beli hp second, karena orang ga pernah tahu hp ane second. Dengan uang yang sama, ane bisa dapat spek gahar dari pada beli baru tipe lain. Dan hanya hitungan tahun kedepan ane mngkin sudah menarget LG G3 ....kl ada rejeki.....hehehehhe....jadi buat apa beli mahal2 kl nantinya akan ganti lagi.

Tips Jual hp :
1. Jika hp dalam kondisi baik jual pada teman yang membutuhkan, karena harga jual lebih tinggi dari pada jual di toko.
2. Jangan jual hp rusak pada teman sendiri, lebih baik jual ditoko emoticon-Ngakak
3. Berikan silikon atau cover pelindung untuk hp agan, agar waktu dijual kondisinya masih mulus.
4. Berikan info kelebihan dari hp agan, agar orang tersebut tertarik.

Semua diatas pengalaman ane sendiri didunia hp second, dan itu memberikan keuntungan buat ane sehingga ane bisa berhemat. Semoga thread ane bisa berguna bagi agan2 yang akan beli hp second..dan bagi agan2 yang punya pengalaman dengan hp bekas bisa share disini....

Kesimpulan :
Ane sarankan beli Hp Baru jika agan2 mempunyai uang lebih (Tajir Banget), tapi bagi mereka yang cekak modal bisa beli Hp Second....keduanya sah2 saja tidak perlu diperdebatkan.

Jika agan2 mendapatkan manfaat dari thread ini mohon emoticon-Blue Guy Cendol (L) atau emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh jackpaijoh 23-06-2014 01:37
0
26.5K
209
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan