- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Curhatan ane ttg pendidikan ind..


TS
dhieforloud
Curhatan ane ttg pendidikan ind..
Well okee sorry kl ane salah kamarr.. Ini pertama ane bikin thread soalnya..
Ane ga peduli ni thread jd HT ato ngga.. Disini ane cuma mau cerita dikit ttg sistem pendidikan di ind yang menurut ane kacau balau..
Well ind negri yg luas banget, terdiri dr ratusan/ribuan pulau (ane ga pinter geo).. Dr sabang sampai merauke pokoknya luas bgt dehh..
Menurut ane nihh yaa.. Sistem pendidikan di indo gabisa kita sentralisasikan/sama rata dr ujung barat sampe ujung timur.. Mengapa? Menn banyak bgt daerah2 yg sdmnya kurang memadai, alat2 penunjang pendidikannya kurang memenuhi syarat nasional.. Kalo mau disamain maka, SAMA RATAKAN DULU SDM dan FASILITASNYA!! Inilah kenapa menurut ane UN itu ga ver.. Bro, orang yg belajar dengan komputer jangan disamain sama yg belajar pake buku tulis yg cuma 1 untuk dipake setaun!! Orang yg di sekolahnya dpt guru ahli di bidangnya jangan disamain sama yg di sekolahnya cuma punya 1 guru yg ngajar semua pelajaran!! Fakta kok banyak bgt daerah pelosok sana yg kekurangan fasilitas dan sdm yg mnurut ane ga layak tp ttp aja kelulusan di tentuin sama UN..
Kedua, mnurut ane jangan samakan semua anak dengan semua mata pelajaran wajib.. Apa anak yg dpt nilai 100 mtk lebih pintar dr anak yg dpt nilai 100 kesenian? BELUM TENTU!!! Setiap orang di ciptakan berbeda2.. Semua punya keahlian masing2 di bidangnya masing2.. Menurut ane penjurusan jangan hanya di beri pada saat sma saja.. Dr kelas 4/5 sd seharusnya sekolah2 sudah harus mengetahui minat para siswanya.. Ada beberapa mata pelajaran wajib yg hrs diikuti, tapi ada pula pelajaran2 pilihan siswa yg sesuai dengan bakat dan minatnya.. Bimbinglah seorang anak sesuai dengan bakat dan minatnya.. Seseorang yg berbakat dan berminat menjadi seorang seniman harus belajar fisika? Bukan kah itu tidak relevan? Efektifkah?
Ada lg kasus tahun ini UN dengan soal standart internasional.. Hello buat mendiknas.. Kurikulum pembelajaran di indo pun belom siap untuk menjalani kurikulum yg baku dan tidak berubah2.. Apa lagi untuk menjalani ujian standart international yg notabene dr std PITA ind menduduki peringkat 62 dr 65 negara.. Bukankah ini jelas kalo kita belum siap?
Saran ane buat mendiknas, janganlah berkilah kalo ini sudah std ato apapun ituu,, biarkan sekolah masing2 yg memberikan cara sendiri2 dlm mendidik muridnya.. Biarkan mereka menentukan klasifikasi kelulusan berdasarkan pengalaman siswa belajar bertahun2.. Kalo begini trs kapan indo bisa maju? Dr angkatan ke angkatan semua mata pelajaran jd lebih sulit.. Bagaimana orangtua siswa dpt membantu anak2nya yg jauh sekali perbedaan umur dan kurikulum yg dijalani?
Indo butuh pemimpin yg bijak dan orisinil.. Bukan pemimpin yg ikut2 internasional tanpa melihat situasi negaranya..
Ane ga butuh rate 5 ato cendol.. Ane cuma butuh ini di baca bahkan oleh staff ataupun pemimpin kemendikbud indonesia..
Terimakasih
Ane ga peduli ni thread jd HT ato ngga.. Disini ane cuma mau cerita dikit ttg sistem pendidikan di ind yang menurut ane kacau balau..
Well ind negri yg luas banget, terdiri dr ratusan/ribuan pulau (ane ga pinter geo).. Dr sabang sampai merauke pokoknya luas bgt dehh..
Menurut ane nihh yaa.. Sistem pendidikan di indo gabisa kita sentralisasikan/sama rata dr ujung barat sampe ujung timur.. Mengapa? Menn banyak bgt daerah2 yg sdmnya kurang memadai, alat2 penunjang pendidikannya kurang memenuhi syarat nasional.. Kalo mau disamain maka, SAMA RATAKAN DULU SDM dan FASILITASNYA!! Inilah kenapa menurut ane UN itu ga ver.. Bro, orang yg belajar dengan komputer jangan disamain sama yg belajar pake buku tulis yg cuma 1 untuk dipake setaun!! Orang yg di sekolahnya dpt guru ahli di bidangnya jangan disamain sama yg di sekolahnya cuma punya 1 guru yg ngajar semua pelajaran!! Fakta kok banyak bgt daerah pelosok sana yg kekurangan fasilitas dan sdm yg mnurut ane ga layak tp ttp aja kelulusan di tentuin sama UN..
Kedua, mnurut ane jangan samakan semua anak dengan semua mata pelajaran wajib.. Apa anak yg dpt nilai 100 mtk lebih pintar dr anak yg dpt nilai 100 kesenian? BELUM TENTU!!! Setiap orang di ciptakan berbeda2.. Semua punya keahlian masing2 di bidangnya masing2.. Menurut ane penjurusan jangan hanya di beri pada saat sma saja.. Dr kelas 4/5 sd seharusnya sekolah2 sudah harus mengetahui minat para siswanya.. Ada beberapa mata pelajaran wajib yg hrs diikuti, tapi ada pula pelajaran2 pilihan siswa yg sesuai dengan bakat dan minatnya.. Bimbinglah seorang anak sesuai dengan bakat dan minatnya.. Seseorang yg berbakat dan berminat menjadi seorang seniman harus belajar fisika? Bukan kah itu tidak relevan? Efektifkah?
Ada lg kasus tahun ini UN dengan soal standart internasional.. Hello buat mendiknas.. Kurikulum pembelajaran di indo pun belom siap untuk menjalani kurikulum yg baku dan tidak berubah2.. Apa lagi untuk menjalani ujian standart international yg notabene dr std PITA ind menduduki peringkat 62 dr 65 negara.. Bukankah ini jelas kalo kita belum siap?
Saran ane buat mendiknas, janganlah berkilah kalo ini sudah std ato apapun ituu,, biarkan sekolah masing2 yg memberikan cara sendiri2 dlm mendidik muridnya.. Biarkan mereka menentukan klasifikasi kelulusan berdasarkan pengalaman siswa belajar bertahun2.. Kalo begini trs kapan indo bisa maju? Dr angkatan ke angkatan semua mata pelajaran jd lebih sulit.. Bagaimana orangtua siswa dpt membantu anak2nya yg jauh sekali perbedaan umur dan kurikulum yg dijalani?
Indo butuh pemimpin yg bijak dan orisinil.. Bukan pemimpin yg ikut2 internasional tanpa melihat situasi negaranya..
Ane ga butuh rate 5 ato cendol.. Ane cuma butuh ini di baca bahkan oleh staff ataupun pemimpin kemendikbud indonesia..
Terimakasih

0
1.1K
8


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan