CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Spiritual /
***{KONSULTASI ASK & SHARE} TANYA JAWAB SYARIAH ISLAM
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53aec8869e74045b1a8b4663/konsultasi-ask-amp-share-tanya-jawab-syariah-islam

***{KONSULTASI ASK & SHARE} TANYA JAWAB SYARIAH ISLAM

Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 155
Quote:


wslm. harus dilihat dahulu suratnya apa, tafsirannya apa, jd bsa disimpulkan. makna berperang dngn org kafir itu luas. bsa berperang dngn dakwah, syiar, berlomba2 dlm kebaikan, dll. jd tdk hanya sebatas perang adu fisik.
pngertian kafir pun luas sm dngn yg diatas.
Quote:


jawaban yg bagus emoticon-Toast

ask

assalamu'alaikum gan..
ane mau tanya ni..kalo hukumnya wanita yang habis dikuretase (ddibersihkan kandungan karena alasan medis) apakahhukumnya diperlakukan seperti orang nifas?
trus wajib mengganti puasa atau hanya membayar fidyah..terimakasih gan..
wassalamu'alaikum wr.wb
Quote:


tentang imam masbuk sudah ada di thread sholat.
Quote:


kemungkinan bsa sj jika itu diterapkan diindonesia yg beragam suku, agama, budaya, kepercayaan.
salah satu yg mnjadi pertanyaan, apa peraturan syariah islam bisa mmbuat rukun antar agama diindonesia?

Quote:


berarti tidak fokus, saran sy adalah latih konsentrasi agar fokus.
Quote:


wslm. apa maksudnya stelah melahirkan?

ask

maksudnya wanita yang keguguran kemudian dilakukan kuret..apa sama hukumnya dengan wanita yang nifas?
klo berkenan ane boomark dulu, ada pertanyaan yg selalu ane pengen tanyain tapi lupa. thank's
Quote:


apa prosesnya sama dngn melahirkan?
Quote:


monggo silahkan
Quote:


ini beda dgn melahirkan om daeng, kuret itu pembersihan janin yg sudah meninggal didalam perut sang ibu dan tertinggal didalam perut sang ibu. itu mesti dibersihkan dr segi medis, dgn alasan agar dikemudian hari ketika sang ibu mengandung janin lg tdk ada kontradiksi dgn kotoran janin yg masih tersisa didalam perut sang ibu yg dpt mempengaruhi kesehatan janin yg dikandung'a.
dan kuret tersebut berarti menghancurkan janin yg ada didalam rahim sang ibu agar dapat keluar semua hingga tak tertinggal, bisa menjadi cair seperti darah atau juga gumpalan" daging kecil
Quote:


nah klau bgitu tidak wajib untuk berpuasa pd saat itu, dan puasanya harus digantikan.
Assalamualaikum wr. wb.
gan ustadz ane mau nanya,
ayat tentang wajibnya perintah puasa ramdan itu kan ayat ini

1."Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa" (Al-Baqarah ayat 183)

dan sebelum ayat di atas, ada ayat yang bunyinya sama-sama wajib yaitu ayat ini

2."Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu (melaksanakan) kisas berkenaan dengan orang yang dibunuh. Orang merdeka dengan orang merdeka, hamba sahaya dengan hamba sahaya, perempuan dengan perempuan. Tetapi barangsiapa memperoleh maaf dari saudaranya, hendaklah dia mengikutinya dengan baik, dan membayar diat (tebusan) kepadanya dengan baik (pula). Yang demikian itu adalah keringanan dan rahmat dari Tuhan-mu. Barangsiapa melampaui batas setelah itu, maka ia akan mendapat azab yang sangat pedih"
(Al-Baqarah ayat 178)

yang mau ane tanyain kedua ayat tersebutkan bunyinya sama-sama wajib, tapi ketika denger ayat yang pertama tentang kewajiban puasa oke ane puasa, terus gimana tentang ayat kedua yang ngewajibkan kisas? melihat fakta sekarang kan belum dijalan kan? apakah ane dosa atau setiap kaum muslim yang dosa?, ketika denger perintah puasa dilaksanakan tetapi denger perintah kisas tidak dilaksanakan padahal dua-duanya wajib

itu aja agan ustadz mohon pencerahanya





Quote:


Ustad, ini rukun iman kurang 1 lagi ya sepertinya
Beriman kepada Hari Akhir nya belum ada
Quote:


Qisas (bahasa arab: قصاص) adalah istilah dalam hukum islam yang berarti pembalasan (memberi hukuman yang setimpal), mirip dengan istilah "hutang nyawa dibayar nyawa". Dalam kasus pembunuhan, hukum qisas memberikan hak kepada keluarga korban untuk meminta hukuman mati kepada pembunuh.

Orang-orang Islam mendasarkan tentang qisas ini dalam kitab sucinya yaitu Al-qur'an, misalnya: "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kamu qishash atas orang-orang yang dibunuh. Orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba, dan wanita dengan wanita. Barangsiapa mendapat ma'af dari saudaranya, hendaklah yang mema'afkan mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi ma'af) membayar (diat) kepada yang memberi ma'af dengan cara yang baik." [Al Baqarah:178]

"Dan Kami tetapkan atas mereka di dalamnya (Taurat) bahwa jiwa dibalas dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka luka pun ada Qisasnya. Barangsiapa yang melepaskan hak Qisas, maka melepaskan hak itu jadi penebus dosa baginya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka adalah orang-orang yang zalim." [Al Maa-idah:45]

Meski demikian dikatakan Al Qur'an bila hak Qisas dilepaskan oleh korban maka itu menjadi penebus dosa bagi mereka. Keluarga korban dapat memaafkan pembunuh dan meminta penebus dalam bentuk materi.

Hikmah qishash adalah untuk kelangsungan hidup manusia "Dan dalam qishaash itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa" (QS Al-Baqarah:179)

Qisas dipraktekkan di negara-negara yang menganut syariat Islam seperti Arab Saudi, Iran dan Pakistan. Beberpa Negara lain menganggap qisas tidaklah relevan untuk diterapkan pada saat ini sebagaimana konsep hukum mati yang bertentangan dengan Hak Asasi Manusia (HAM).
Quote:


oh ya ketinggalan 1. terima kasih koreksinya. emoticon-Toast
Quote:


Berarti bisa dicoba dulu ya puh ? spt yg terjadi di Brunei skr ?
Quote:


tergantung dari umaroh yg berwenang.
Quote:

Makasih gan infonya ... Jadi kategorynya tuh banyak ya .. emoticon-Jempol


Quote:


Oh ternyata bukan sebatas perang fisik aja .. thx gan emoticon-Jempol
Halaman 4 dari 155


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di