Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adoekaAvatar border
TS
adoeka
[ horeeee.... ] Jokowi Raup Suara 97% di Hong Kong, 95% di Taiwan
Minggu, 06 Juli 2014 12:56 WIB | 4196 Views
Jokowi Raup Suara 97% di Hong Kong, 95% di Taiwan


[ horeeee.... ] Jokowi Raup Suara 97% di Hong Kong, 95% di Taiwan
Para pemilih sedang antri di sebuah di TPS di TPS Taipeh Taiwan), Minggu 6/7. Pemilih di Taiwan didominasi migran, yang umumnya memang mendukung perubahan. Mereka berharap, Indonesia lebih baik, mereka tak perlu bekerja ke luar negeri. (Foto: Arin Arini Arinarini)


HONG KONG - Pemilih Hong Kong yang didominasi migran dan selama ini mayoritas bergabung dalam Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP), 97% mendukung pasangan Jokowi-JK. Sementara di Taiwan, 95% Jokowi.

"Orang juga tahu, migran Hong Kong adalah pendukung Jokowi yang fanatik, karena diyakini membawa perubahan. Kami sudah setahun setiap hari Minggu sosialisasi Jokowi di Victoria Park, jadi hasil ini tidak mengherankan," ujar Tri Sugito Ketua Bara JP Hong Kong, Minggu (6/7).

Para migran mengadakan exil poll, karena perhitungan suara resmi baru dilakukan tanggal 9 Juli 2014, bersamaan dengan hari pencoblosan di Indonesia. Dari sejumlah saksi yang disiapkan partai pengusung Jokowi, 17 orang di antaranya adalah ''pasukan khusus'' Bara JP.

Dari 100 orang yang disurvey sesaat setelah memberikan suara, 97 orang mendukung Jokowi-JK. Hanya satu orang yang memilih Prabowo. Satu orang menyatakan sengaja mencoblos kedua-duanya, dan satu orang lagi tak punya pilihan sehingga hanya memasukkan kertas suara kosong ke dalam bilik suara.

Koordinator Tim Exit Pool, Subrantini, mengatakan, para migran antusias memberikan suara. Meski sebagian besar adalah pendukung perubahan yaitu Jokowi-JK, kekompakan tetap terjaga.

"Dari hasil yang kami peroleh di mana Jokowi meraup 97% persen, perhitungan ril tidak akan berbeda jauh. Margin error, paling 3% persen saja. Dengan demikian, Jokowi akan memperoleh sedikitnya 95%," jelas Subrantini, migran asal Surabaya.

Sementara di Taiwan, Bara JP Taiwan yang juga mengatakan exit poll, melaporkan, dari 100 pemilih, 95 orang menyatakan mendukung Jokowi. Empat orang tak mau memberitahukan pilihan, dan hanya satu orang yang memilih Prabowo-Hatta.

"Kalau di Taiwan agak seru dan bebas, karena pemilih yang sedang antri, setiap kali ada yang hendak memotret, malah ramai-ramai menyatakan 'Salam Dua Jari' secara beramai-ramai. Rakyat punya mau, ya mau bagaimana," ujar Suryanto, migran di Taiwan.

Koordinator exit poll di Taiwan, Lim Tjeng Bok yang sedang menempuh kuliah S3 di Taiwan mengatakan, hasil survei diyakini akurat. "Kami lakukan dengan disiplin yang ketat, dan para surveyor sebelumnya sudah dilatih," kata kandidat doktor ini.

Di 73 negara di mana Bara JP berada, seluruhnya mengadakan exit poll. "Inilah senjata kami untuk melawan kecurangan dalam perhitungan suara. Suara rakyat harus dikawal, siapa saja yang menipu rakyat akan kami labrak habis," ujar Helmi Wattimena, Ketua Bara JP Benua Amerika.


http://baranews.co/web/read/16746/jo...n#.U7k4SkCHb30

selamat yah panastak , junjungan lu jadi presiden juga emoticon-Selamat
0
2.7K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan