Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mamen23Avatar border
TS
mamen23
SERUNYA KEMPING DI SEKITAR JAKARTA!
Kemping atau Berkemah adalah sebuah kegiatan rekreasi di luar ruangan. Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya perkotaan, atau dari keramaian secara umum, untuk menikmati keindahan alam. Berkemah biasanya dilakukan dengan menginap di lokasi perkemahan, dengan menggunakan tenda, di bangunan primitif, atau tanpa atap sama sekali.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kemah (kata benda) adalah tempat tinggal darurat, biasanya berupa tenda yang ujungnya hampir menyentuh tanah dibuat dari kain terpal dan sebagainya.

Berkemah sebagai aktivitas rekreasi mulai populer pada awal abad ke-20. Kegiatan ini juga umumnya disertai dengan kegiatan rekreasi luar ruangan lainnya, seperti mendaki gunung, berenang, memancing, dan bersepeda gunung.


Spoiler for camping:


MANFAAT KEMPING

Menurut ane ada beberapa manfaat yang bisa didapat kalau kita wisata kemping yaitu:
1. Mengagumi keagungan ciptaan Tuhan
2. Menikmati Keindahan dan mencintai alam
3. Merefresh otak dan sehat untuk tubuh
4. Menemukan jati diri
5. Melatih kesabaran
6. Melatih fisik
7. Mengembangkan kepribadian dan melatih kemandirian
8. Menemukan hal-hal baru
9. Menikmati kebersamaan
10. Meningkatkan keakraban dengan teman atau keluarga


7 PERSIAPAN SEBELUM KEMPING

1. Observasi kecil-kecilan sebelum camping

Sebelum berkemah, pastikan dahulu lokasi yang akan Anda datangi. Jangan berkemah di daerah yang rawan banjir atau lahar dari gunung api karena bisa membahayakan diri sendiri dan teman-teman Anda. Untuk itu, lakukanlah observasi kecil-kecilan dahulu sebelum berangkat ke tempat tujuan demi keamanan Anda dan teman-teman.

2. Membawa peralatan yang dibutuhkan

Pastikan Anda membawa semua peralatan yang nantinya dibutuhkan pada saat camping. Misalnya, tenda, alas tidur, selimut, lampu badai, alat masak, dan lain sebagainya. Semua peralatan itu sangat penting dibawa demi kenyamanan dan keamanan Anda pada saat di lokasi nanti.

3. Membawa persediaan makanan

Anda tak ingin kan merasa kelaparan saat berkemah? Untuk itu, pastikan Anda membawa persediaan makanan, seperti roti, sarden, mi instan, dan bebagai makanan yang mudah disajikan lainnya.

4. Pastikan membawa cukup air putih

Berkemah atau camping biasanya dilakukan banyak orang dengan pergi ke gunung. Untuk mencapai ke sana, tentunya akan mendaki dan membuat Anda kelelahan. Untuk itu, pastikan Anda membawa air putih yang cukup. Namun, jangan juga terlalu banyak karena bisa membuat Anda kesulitan nantinya. Jika kekurangan air, maka Anda juga bisa mengambilnya di danau yang ada di sekitar lokasi.

5. Membawa obat-obatan

Obat-obatan juga sangat penting dibawa jika Anda ingin berkemah. Bawalah berbagai obat-obatan, seperti obat sakit kepala, maag, meriang, serta tabung oksigen kecil. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengantisipasi semua hal buruk yang mungkin terjadi.

6. Jangan lupa membawa garam

Garam juga perlu dibawa untuk menghindari serangan ular dan binatang-binatang lainnya. Anda bisa menyebarkan garam di luar tenda untuk menghindari serangan dari binatang.

7. Membawa hal-hal kecil lainnya

Jika sudah membawa keenam hal tersebut, maka pastikan juga Anda membawa beberapa hal kecil dan penting lainnya. Hal-hal kecil yang perlu Anda bawa, seperti lotion pengusir nyamk, kompas, payung, dan lain sebagainya.

Itulah 7 persiapan sebelum Anda pergi berkemah. Namun, yang lebih penting dari itu adalah Anda harus menyiapkan fisik. Pastikan kondisi Anda sehat pada saat itu agar camping terasa menyenangkan.


PERALATAN DAN PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN

1. Tas Carrier
2. Nesting/penanak nasi
3. Kompor Portable
4. Senter jauh
5. Lampu LED/ Penerangan (bisa juga pakai petromak/obor)
6. Sleeping Bag
7. Sarung tangan, kaos kaki & kupluk
8. Baju dan celana
9. Jas hujan
10. Peralatan makan (sendok, garpu, piring)
11. Wajan kecil (untuk menggoreng)
12. Trash bag
13. Makanan ringan/cemilan
14. Garam, gula merah, jahe (untuk menghangatkan tubuh)
15. Tembakau (untuk mencegah pacet/lintah)
16. Peralatan mandi
17. Kayu bakar & minyak tanah
18. Obat-obatan
19. Sepatu dan sendal gunung
20. Air minum
21. Matras
22. dan yang paling penting Tenda


REFERENSI LOKASI KEMPING DARI ANE

Berikut lokasi referensi dari ane untuk kemping:

1. Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas terletak pada daerah sejuk dengan ketinggian 800-1200 m diatas permukaan laut. Suhu udaranya rata-rata 12-22 derajat celcius, sehingga tempat ini nyaman untuk beristirahat atau sekedar relaksasi melepas kepenatan dari rutinitas. Lokasi di Puncak Bogor dan begitu dekat dari Jakarta. Berbagai macam fasilitas dan aktifitas dapat anda nikmati disini sepuasnya bersama keluarga. Tiket masuk untuk kemping Rp. 12.000/orang.


www.pn8.co.id

Spoiler for gunung mas:


2. Sukamantri Camping Ground

Kawasan Wisata Sukamantri sudah dikelola sejak tahun 1981, secara geografis terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepat disisi utara dengan ketinggian 840 mdpl. Bumi Perkemahan sendiri merupakan salah satu Wana Wisata yang terkenal di kawasan ini. Untuk mencapai tempat ini tidak bisa dikatakan mudah, karena harus melewati jalanan berbatu dan menanjak. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, antara lain; Toilet, Musholla, Ruang Pertemuan, Kantin, Sumur, dsb. Air begitu melimpah di Bumi Perkemahan ini, mengalir tanpa henti, dingin dan bersih.


Spoiler for Sukamantri:


3. Lembah Salak Camping Ground

LEMBAH SALAK adalah lokasi yang sangat eksotis untuk menikmati pemandangan alam pegunungan dengan lokasi berada di bawah kaki Gunung Salak. Mempunyai ketinggian antara 800 - 1000 meter diatas permukaan laut merupakan tempat yang didambakan untuk melepas penat kota Jakarta. Kami menawarkan paket outbound satu hari dikemas sangat menarik untuk aktifitas outbound perusahaan anda, disamping itu Anda juga dapat menikmati keindahan pemandangan daratan Parahyangan ini dengan mengikuti program tracking dari kami di Lembah Salak.


Spoiler for Lembah Salak:


4. Taman Wisata Riung Gunung

Taman wisata Riung Gunung Puncak yang berlokasi di desa Tugu Selatan, Puncak-Bogor adalah tempat wisata alam dengan pemandangan alam pegunungan yang segar disertai udara sejuk yang menyehatkan. Lokasi taman wisata 'Riung Gunung' ini terletak di sepanjang jalan menuju Puncak, persisnya bila dari arah Jakarta terletak diantara setelah obyek wisata Gunung Mas - sebelum Puncak Pass. Tepatnya di Pos Polisi 6B, disitu juga berdiri Botol Kecap besar. (17 km dari pintu tol Ciawi atau 40 km dari kota Bogor). Harga tiket masuk Rp. 5.000/orang

Spoiler for Riung Gunung:


5. Kampoeng Awan

Kampoeng Awan (disingkat Kawan), terletak di Desa Megamendung, Puncak-Bogor, Jawa Barat. Lokasi mudah dicapai karena hanya sekitar 45 menit dari pintu keluar tol Ciawi-Bogor.

Letak Kawan yang strategis dengan ketinggian 1.000 dpl, membuat pemandangannya sangat indah dan cantik. Mata lepas memandang Kota Bogor, Jalan Raya Puncak, Gunung Salak, Gunung Gede-Pangrango dan Desa Gunung Geulis. Dikala malam, lampu-lampu gemerlap bak mutiara yang terhampar di permukaan bumi dengan Udara yang sejuk dan suasana hening karena jauh dari keramaian perumahan penduduk. Ribuan pohon-pohon yang ditata ASRI dan berdampingan dengan hutan Pinus, membuat udara sangat bersih dan sejuk serta awan-awan putih yang mampir dapat dilihat dan dirasakan kenikmatannya.

Kampoeng Awan menyediakan sarana pendidikan luar ruang (outbound), dipadukan dengan pengalaman adventures, dengan camp site kurang lebih 3,5 ha yang berada ditengah-tengah hutan mini. Salah satu pengalaman yang tidak terlupakan adalah menjelajahi hutan pinus seluas 30 ha, melewati sungai dan air terjun, sehingga merupakan tempat yang eksklusif untuk mendidik setiap insan agar dapat berkembang maksimal, bermoral baik, memiliki nilai-nilai luhur dan berwawasan kebangsaan.

www.kampoengawan.com

Spoiler for Kampoeng awan:


6. Melrimba Garden

Dengan konsep natural garden, Melrimba memiliki luas area ± 5 ha dan ± 1.400m dpl merupakan salah satu tempat tujuan wisata alam keluarga menawarkan beragam keelokan dan keindahan alam yang sangat mempesona

Area yang dikelilingi oleh hamparan perbukitan kebun teh ciliwung, berbatasan langsung dengan hutan pinus nan asri

Melrimba Garden memiliki lokasi yang sangat strategis di jalan utama puncak dengan jarak tempuh hanya ± 65 menit dari Jakarta. Menjadikan Melrimba Garden sebagai salah satu alternative terbaik untuk berlibur akhir pekan bersama keluarga

www.melrimbagarden.com

Spoiler for Melrimba Garden:


7. Bumi Mandalawangi

wisata Mandalawangi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cibodas,adalah salah satu area perkemahan yang berada di kawasan Puncak,Cianjur,Jawa Barat,yang mana letaknya tepat pada kaki Gunung Gede Pangrango.

Selain bisa berkemah dengan nuansa alam yang kaya akan hijau dengan udaranya yang masih bersih, Bumi Mandalawangi memiliki area danau,sungai,air terjun buatan,sehingga kita dapat menikmati keindahan,dan kecantikan dari panorama alam Gunung Gede Pangrango di pagi hari. Bumi Mandalawangi menyediakan kolam renang alam,dan M.C.K lengkap dengan mushola untuk beribadah. Jika kita belum punya perlengkapan,mandalawangi menyediakan rental alat alat untuk berkemah. Harga tiket kemping Rp. 20.000/orang

http://mandalawangicampingground.blogspot.com/

Spoiler for Bumi Mandalawangi:


Semoga dapat dijadikan referensi liburan menyehatkanemoticon-Traveller

Jangan lupa yang baik hati minta emoticon-Toast
Diubah oleh mamen23 05-06-2014 08:55
0
22.2K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan