alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52ae9ff51acb1728618b45e6/info-punisher-pulsar-200-ns-is-here
Quote:Original Posted By Blood81


Wah racunnya apaan gan, klo ngga ekstrim bgt ane sih mw deh ditulerin emoticon-Big Grin, rasanye lama bener nih STNK sm nopol nye dtg, dah kaga sabaran ane mw ngebetot sirobo diaspal, o iye buat suhu2 sekalian ane mw nanya nih klo make shell helix HX7 10w-40 buat sehari hari bagus ngga ye, soalnye ane kan ngeflush mesin pake yg shell advance AX7 10-40, sempet baca beberapa postingan malah make delvac ato rimula, takutnye kental aje tuh oli, soalnye tmn ane yg org mesin sering bilang ke ane klo mw awet pake oli yg encer klo bisa yg 0w-30/40, minimalnye 10w-40 terserah oli apa yg penting itu katanye, mohon komentar pencerahannya emoticon-Big Grin


emang apa bedanya 15W-40 oli diesel sama 10W-40 oli motor? klo rasanya berat make 15W-40 wajar, soalnya mesin belum panas. klo pengen langsung enteng dan enak, bisa pake 5W-40 oli diesel. sebenernya tergantung selera sih utk bisa cocok dgn karakter 15W-40 atau 5W-40.
Quote:Original Posted By Valkyrjur


emang apa bedanya 15W-40 oli diesel sama 10W-40 oli motor? klo rasanya berat make 15W-40 wajar, soalnya mesin belum panas. klo pengen langsung enteng dan enak, bisa pake 5W-40 oli diesel. sebenernya tergantung selera sih utk bisa cocok dgn karakter 15W-40 atau 5W-40.


Tingkat kekentalan olinya bro, ane pernah make yg petro canada diesel 15w-40 buat motor lame ane kental bgt n juga panasnya dimesin itu klo kata org panas nyundut rokok, tarikan sih ok bgt dibanding yg 10w-40, pas make yg 10w-40 sih agak encer olinye tapi panasnye mesin beda sama yg 15w-40, kagak nyundut tapi ttp panas, makanye mw cobain juga yg 0w-40 ato 5w-40, cuma ane juga mw liat seberapa encer biar semua cairan olinya masuk kepori pori mesin n juga gimana tarikan tuh motor pas dibetot gasnye ntar sekalian juga bersih2 mesin dah tuh oli, gitu gan maksudnya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Valkyrjur
emang apa bedanya 15W-40 oli diesel sama 10W-40 oli motor? klo rasanya berat make 15W-40 wajar, soalnya mesin belum panas. klo pengen langsung enteng dan enak, bisa pake 5W-40 oli diesel. sebenernya tergantung selera sih utk bisa cocok dgn karakter 15W-40 atau 5W-40.


kalo pake oli diesel bikin ilang garansi gak Om? emoticon-Big Grin
sama gantinya bisa di beres kah?
mana nih agan Ilusia? nih ada NS yg cuma Porting n Polish + Cam custom + Knalpot Racing berteknologi F1.

hasil dyno-nya tembus 28HP dengan tetep 200cc tanpa bore up. masih bisa maksimalkan lagi karena belum ganti CDI, dan Profil Cam belum maksimal emoticon-Ngakak

testimoni-nya, rasanya sama kayak NS standar, tapi lebih ngejambak, diadu tes sama sesama NS hasilnya cekidot emoticon-Embarrassment

PS: NS yg finish dibelakang NS merah ini, bisa ngalahin Duke200 loh emoticon-Malu (S)
Spoiler for NS custom no boreup:
Quote:Original Posted By Blood81


Tingkat kekentalan olinya bro, ane pernah make yg petro canada diesel 15w-40 buat motor lame ane kental bgt n juga panasnya dimesin itu klo kata org panas nyundut rokok, tarikan sih ok bgt dibanding yg 10w-40, pas make yg 10w-40 sih agak encer olinye tapi panasnye mesin beda sama yg 15w-40, kagak nyundut tapi ttp panas, makanye mw cobain juga yg 0w-40 ato 5w-40, cuma ane juga mw liat seberapa encer biar semua cairan olinya masuk kepori pori mesin n juga gimana tarikan tuh motor pas dibetot gasnye ntar sekalian juga bersih2 mesin dah tuh oli, gitu gan maksudnya emoticon-Big Grin


nah itu yg perlu diluruskan, kekentalan oli ada 2, saat dingin (40 deraja celcius kebawah) dan saat temperatur kerja (100 derajat celcius). baik oli 10W-40, 15W-40, 20W-40 kentalnya sama saat mesin udha mencapai temperatur kerja.

klo keliatan lebih kental itu karena oli pas dibuka di botol kondisnya masih dingin mengikuti suhu lingkungan sekitar. di Indonesia berapa? paling panas suhu seperti di Jakarta cuma 36 derajat celcius. coba klo udah masuk mesin, di geber geber sampe poll, terus di drain pasti jadi encer banget kayak udah rusak padahal emang begitu seharusnya ketika mencapai suhu kerja di mesin. oli xW-40 ga boleh lebih kecil dari batas minimal kekentalan SAE 40 saat mesin mencapai temperatur kerja. klo lebih kecil artinya oli udah menurun grade-nya jadi SAE 30 atau lebih rendah.

xW itu ga ngaruh besar di iklim tropis Indonesia, pengaruhnya cuma saat mesin baru dinyalakan aja. xW lebih kecil mesin lebih enteng tarikannya.


ane udah ngerasain oli 20W-50, 15W-40, 10W-40, dan 5W-40. diantara itu semua klo udah sama sama panas sama aja, kecuali 20W-50 terasa lebih berat sedikit saat panas maksimal. tapi klo mesin baru hidup, yg paling galak ya 5W-40 buat pecicilan di dalam kota emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Valkyrjur


nah itu yg perlu diluruskan, kekentalan oli ada 2, saat dingin (40 deraja celcius kebawah) dan saat temperatur kerja (100 derajat celcius). baik oli 10W-40, 15W-40, 20W-40 kentalnya sama saat mesin udha mencapai temperatur kerja.

klo keliatan lebih kental itu karena oli pas dibuka di botol kondisnya masih dingin mengikuti suhu lingkungan sekitar. di Indonesia berapa? paling panas suhu seperti di Jakarta cuma 36 derajat celcius. coba klo udah masuk mesin, di geber geber sampe poll, terus di drain pasti jadi encer banget kayak udah rusak padahal emang begitu seharusnya ketika mencapai suhu kerja di mesin. oli xW-40 ga boleh lebih kecil dari batas minimal kekentalan SAE 40 saat mesin mencapai temperatur kerja. klo lebih kecil artinya oli udah menurun grade-nya jadi SAE 30 atau lebih rendah.

xW itu ga ngaruh besar di iklim tropis Indonesia, pengaruhnya cuma saat mesin baru dinyalakan aja. xW lebih kecil mesin lebih enteng tarikannya.


ane udah ngerasain oli 20W-50, 15W-40, 10W-40, dan 5W-40. diantara itu semua klo udah sama sama panas sama aja, kecuali 20W-50 terasa lebih berat sedikit saat panas maksimal. tapi klo mesin baru hidup, yg paling galak ya 5W-40 buat pecicilan di dalam kota emoticon-Malu (S)


Wah tq banget pencerahaannye bro, tambah lagi ilmu ane, dr penjelasan ente berarti udah pas kesimpulan ane sama info yg dari tmn ane n info ente bro, make oli sae 5w-40/10w-40, cuma ane belom berani masuk ke oli hdeo emoticon-Big Grin pake yg khusus motor dulu ato ngga ya pcmo, klo ngerasa dah kaga sreg baru deh naek ke diesel/hdeo, mang klo ngerawat jargon harus jor2an emoticon-Big Grin tq agan valkyrjur
Quote:Original Posted By Valkyrjur


emang apa bedanya 15W-40 oli diesel sama 10W-40 oli motor? klo rasanya berat make 15W-40 wajar, soalnya mesin belum panas. klo pengen langsung enteng dan enak, bisa pake 5W-40 oli diesel. sebenernya tergantung selera sih utk bisa cocok dgn karakter 15W-40 atau 5W-40.


Pake oli merk apa nih gan yg 5w-40? emoticon-Big Grin
Kyknya Boleh tuh buat Nti rutinitas ane dijakarta xixixi
Quote:Original Posted By pointblanx


Pake oli merk apa nih gan yg 5w-40? emoticon-Big Grin
Kyknya Boleh tuh buat Nti rutinitas ane dijakarta xixixi


Total Quartz 9000 SM 5W-40 140rb/liter di Toda. mestinya sih Q8 Formula Excel 5W-40 itu udah ada JASO MA2 di datasheetnya tapi ga tercantum di kemasan. harga 120rb/liter di Toda. emoticon-Big Grin
kalo antara pertamina, shell dan castrol, menurut om ada ga produk mereka yg pas dgn spek ns? khususnya pemakaian di jakarta (suka macet) jg buat ngurangin bunyi" pas pindah gigi sama ngurangin panas mesin.
Quote:Original Posted By aa.pujakesuma
kalo antara pertamina, shell dan castrol, menurut om ada ga produk mereka yg pas dgn spek ns? khususnya pemakaian di jakarta (suka macet) jg buat ngurangin bunyi" pas pindah gigi sama ngurangin panas mesin.


susah gan nyari yg seideal itu. pake oli yg awalnya kental pasti tarikan berat, pake oli yg awalnya encer cepet panas tapi cepet ademnya. tinggal cocok cocokan aja sama karakter ridernya.

cari aja oli 5W-40 diesel klo buat jakarta mah emoticon-Big Grin
masih lum berani pake oli diesel om hehe.,
oli bawaan serpis 1 ga enak, kadang suka nyangkut, kadang jg bletak bletok pas shift gear
Quote:Original Posted By aa.pujakesuma
masih lum berani pake oli diesel om hehe.,
oli bawaan serpis 1 ga enak, kadang suka nyangkut, kadang jg bletak bletok pas shift gear


knapa ga berani? emang apa sih bedanya oli mobil bensin, diesel, alat berat, sama motor? emoticon-Ngakak

lha wong di dokumen pengujian dari JASO Japan nomor T903:2004, T903:2006, dan T903:2011 kriterianya sama kok kayak oli mobil bensin, truk, dan alat berat emoticon-Ngakak

yg bikin beda cuma ketambahan pengujian Dynamic Friction Index dan Stop time index buat ngukur oli itu jatuh di kriteria MA, MA2, atau MB emoticon-Big Grin

dari dokumen itu ga ada disebutkan oli mobil bensin atau diesel ga boleh utk motor. malahan jelas jelas disitu kriteria dan syarat oli yg boleh ikut test JASO MA harus minimal memenuhi salah satu syarat API mobil bensin atau ACEA utk mobil bensin dan diesel atau ILSAC utk mobil bensin dan diesel emoticon-Big Grin

oli khusus motor rata rata hanya memenuhi syarat API saja, sedangkan oli mobil maupun diesel dan alat berat bisa memenuhi semua persyaratan itu sekaligus emoticon-Malu (S)

pernah perhatikan ga oli mobil ada tulisan API SN/CF seperti Shell Helix HX7 ? dan rata rata oli mobil dual rated API macem itu cuma membawa rating API Diesel CF (rating paling rendah utk diesel). sedangkan klo ente bandingin oli Rimula R4X yg lebih murah dari HX7, dia API-nya CI-4/SL yang artinya dia memabawa dua rating API bensin dan diesel tertinggi sekaligus. oli diesel macem gitu termasuk kategori mixed fleet, diperuntukkan utk bensin dan diesel sekaligus, biasanya bawa spek Allison C-3 atau C-4 yg artinya bisa dipake jg utk oli transmisi matik atau manual, dan itu artinya bisa dipake utk kopling basah emoticon-Embarrassment

adanya JASO MA utk memastikan kopling ga selip dan masuk kriteria MA mana, dan supaya ga selip dokumen JASO T903 mensyaratkan ga boleh oli dengan sertifikasi tertentu yg dikutip dalam tanda bintang emoticon-Ngakak

hati hati gan, ada oli oli motor terkenal yg spek-nya MA tapi spek di datasheetnya lebih jelek daripada produk oli lokal terkenal kita, prima XP emoticon-Big Grin

bukan nya di mobil pake 2macem oli yg berbeda buat oli mesin sama oli transmisi? sedangkan di motor kan jadi 1. gimana efeknya buat sistem transmisi di motor?
lanjut, soal Rpm di mobil yg setau ane cuma skitaran 6000an dibandingkan motor yg bisa ampe 9000an apa ga berpengaruh dgn spek oli yg dipake?
ane pake MOTUL sejak serpis pertama sampai sekarang di KM 85XX (sudah 2x ganti Oil) , besok di KM 10,000 akan ganti lagi . dan reviewnya aman aman aja tuh , karakter mesin gak cepat panas dan tarikan responsif.
cuman emang harga sedikit mencekik.

itu cerita koe , kamoe bagaimana ?
emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By aa.pujakesuma
bukan nya di mobil pake 2macem oli yg berbeda buat oli mesin sama oli transmisi? sedangkan di motor kan jadi 1. gimana efeknya buat sistem transmisi di motor?
lanjut, soal Rpm di mobil yg setau ane cuma skitaran 6000an dibandingkan motor yg bisa ampe 9000an apa ga berpengaruh dgn spek oli yg dipake?


Nah, pertanyaannya sama nih dengan ane.
Mohon dijawab agan valkyrjur.
Ane pernah salah beli oli, shell helix X5 ternyata pas ane browsing2 itu oli ga cocok untuk motor karena mobil terpisah olinya ada 2, untuk mesin dan transmisi . Dan katanya kalau tetap di pake kampas kopling bakalan gosong karena olinya tdk memenuhi spek motor yang mengakibatkan sering slip sewaktu ganti transmisi.

Trus ane mau tanya pendapatnya gan, itu oli yg ane salah beli, boleh di pakai di NS atau jangan?
Quote:Original Posted By Valkyrjur


Cari aja oli 5W-40 diesel klo buat jakarta mah emoticon-Big Grin


Mau tanya kang, di Jakarta pake 5W-40, apa gak terlalu encer gan. Soalnya tau sendirikan jakarta panas plus macet. kalo tau-tau ane pake tuh motor jalan keluar kota apa oli masih riskan dipake.
Quote:Original Posted By aa.pujakesuma
bukan nya di mobil pake 2macem oli yg berbeda buat oli mesin sama oli transmisi? sedangkan di motor kan jadi 1. gimana efeknya buat sistem transmisi di motor?
lanjut, soal Rpm di mobil yg setau ane cuma skitaran 6000an dibandingkan motor yg bisa ampe 9000an apa ga berpengaruh dgn spek oli yg dipake?

semua yg saya katakan disini merujuk ke dokumen JASO Test T903 yg dipergunakan sebagai standar pengujian JASO MA. jadi boleh di kroscek disana nanti.

seperti yg udah saya ungkapkan di posting diatas kalau oli motor yg boleh ikut JASO MA harus memenuhi salah satu dari sekian banyak sertifikasi mobil. baik biar saya sebutkan apa aja syaratnya.

oli motor disyaratkan harus memenuhi salah satu atau lebih dari standar berikut ini (JASO T:903):

  1. API SG, SH, SJ, SL, SM*, SN*
  2. ACEA A1/B1, A2/B2, A3/B3, A4/B4, C1, C2, C3
  3. ILSAC GF-1, GF-2, GF-3


sebelum beranjak lebih jauh, biar saya jelaskan apa itu API, ACEA< dan ILSAC.

API merupakan klasifikasi oli mobil baik bensin maupun diesel dari institu perminyakan amerika.

ACEA merupakan standar klasifikasi oli mobil baik bensin maupun diesel milik asosiasi otomotif Eropa, dimana standar pengujian dan kriterianya lebih berat, lebih ketat, dan lebih fatal daripada API.

ILSAC merupakan standar klasifikasi oli gabungan antara JASO, API, dan beberapa jenis standarisasi oli lainnya.

3 penjelasan tersebut bisa dikonfirmasi dari dokumen klasifikasi oli dari perusahaan PENRITE OIL.

oke, sekarang perhatikan dari 3 kategori persyaratan JASO MA diatas, ada yg diberi tanda *. dalam dokumen tersebut disebutkan bahwa API SM dan SN yang berkategori Energy Conserving atau REsource COnserving tidak diperbolehkan ikut pengujian JASO MA. alasannya sederhana, karena 2 label tersebut merujuk pada oli yg grade xW-30 kebawah yang memiliki kandungan Friction Modifier tinggi sehingga sangat licin dan dapat membuat kopling selip. Energy Conserving dan REsource Conserving merupakan persamaan dari standar ILSAC GF-4 dan GF-5. maka udah bisa disimpulkan mengapa ILSAC GF-4 dan GF-5 tidak disertakan ikut pengujian JASO MA.

sampai sini udah bisa nangkep? oke kita lanjutkan, setelah syarat itu dipenuhi, oli tersebut akan di test psikometri kimiawi-nya dengan menggunakan beberapa jenis metode pengujian material dari ASTM (Amercan Standard for Testing Material) dimana standar ASTM ini merupakan standar baku yg juga digunakan dalam pengujian oli mobil baik bensin, diesel, maupun alat berat dan transmisi.

nah salah satu standar yg digunakan dalam pengujian psikometri kimiawi utk JASO MA adalah ASTM D6278 untuk menguji ketahanan oli dari penurunan grade setelah melalui siklus tertentu pada suhu tertentu. dimana standar kelulusan tersebut batas angkanya mengacu pada batas angka yg sama untuk mobil bensin maupun diesel penumpang.

Spoiler for ASTM D6278 pass test limit:


gambar 1 adalah screenshot dari tabel psikokimiawi pada dokumen T:903 JASO MA dan gambar 2 merupakan tabel kriteria angka kelulusan untuk pengujian D6278 dari ASTM. boleh di kroscek, diubek ubek google dari situ JASO Japan dan ASTM langsung klo penasaran.

di gambar 2, perhatikan tabel 1 keriteria bensin dan diesel sama persis dengan kriteria kelulusan di table psikokimiawi test untuk JASO MA.

masih di gambar ke-2, lihat tabel ke-3. itu merupakan standar batas kelulusan minimal untuk oli HDEO (Heavy Duty Engine Oil/Oli Mesin Tugas Berat) yang biasanya merupakan oli Diesel. bisa diliat dengan jelas klo siklus pengujiannya 3x lipat lebih berat dan tidak ada rentang toleransi. maka dari itu artinya, oli HDEO jauh lebih kuat mempertahankan grade kekentalannya daripada oli motor maupun bensin dan diesel biasa. artinya, kalau oli selain non HDEO diperbolehkan mengalami penurunan grade (misalnya dari 20W-50 jadi 20W-40 atau 20W-30( setelah melalui stress tertentu, oli HDEO tidak boleh mengalami hal tersebut setelah melalui siklus stress 3x lipat lebih tinggi/lama dibanding oli lain.

sampe sini udah bisa dipahami kesamaan dari oli motor dengan oli lainnya? skarang kita bahas satu satunya pembeda dari JASO MA, yaitu pengujian friksi/gesekan. silakan dibuka gambar ini yg saya screenshot dari dokumen owner manual BMW F650 Dakkar yg mengacu pada JASO T:903

Spoiler for Friction Test JASO MA T:903 limit dan classification:


di tabel itu jelas terlihat mana klasifikasi untuk MB, MA, MA1, dan MA2.
sekarang klo kita sering ke toko oli, kita akan dapati bahwa oli JASO MB merupakan oli xW-30 atau yg umumnya 5W-30. mengapa oli xW-30 termasuk kategori MB? karena seperti yg saya kutip di pernyataan diatas kalau grade xW-30 merupakan grade standar oli Energy Conserving/Resource Conserving yang juga merupakan standar keharusan bagi oli utk memenuhi sertifikasi ILSAC GF-4 dan GF-5.

sedangkan oli grade xW-40 keatas tidak akan pernah punya sertifikasi GF-5 atau EC/RC. kalau di JASO MA, apabila tidak ada kriteria MA1 atau MA2 pada oli xW-40 keatas tersebut maka dia otomatis masuk ke grade MA. pengujian oleh JASO japan hanya untuk mengetahui mana oli yg paling besar friksi gesekannya.

oke, sekarang kita bahas klo oli transmisi ada beda dengan oli mesin. nah, klo oli HDEO kita perhatikan, beberapa oli HDEO akan mengusung sertifikasi Allison C-3 atau C-4. Allison C-3/C-4 merupakan sertifikasi yg wajib dan lumrah ditemukan di oli ATF. Allison C-3/C-4 merupakan sertifikasi untuk perangkat hidrolik bertransmisi/punya gearbox yang tidak boleh mengalami selip. sehingga secara otomatis standar Allison nyaris serupa dengan standar JASO MA.

bahkan di kemasan oli ATF Motul dijelaskan kalau oli ATF mereka punya kemampuan friksi yg tinggi sehingga memberikan efek kopling lebih menggigit, embel embel yg sama persis dengan oli Motul JASO MA mereka emoticon-Big Grin

nah soal kemampuan di RPM tinggi, itu cuma mitos. tau turbo kan? turbo RPM-nya bisa sampe 150,000 RPM. jauh lebih panas dan lebih besar gesekannya dibanding silinder piston motor balap sekalipun emoticon-Big Grin

sekedar info aja, semua oli API SG keatas sudah kompatibel dengan turbo, jadi udah ga ada alasan oli mobil, motor, dll ga bisa dipake hanya karena beda RPM-nya. klo mau lebih detil, kriteria tugas berat ga pernah menyebut RPM tinggi sebagai salah satu faktornya. tapi idling/langsam ribuan jam non-stop tanpa bergerak atau stop n go rupanya jauh lebih fatal daripada penggunaan RPM tinggi yg cuma beberapa menit. moto Gp aja paling cuma 1 jam main di RPM diatas 10,000 itupun ga akan konstan 10,000 rpm terus selama 1 jam. dan perlu diperhatikan, dalam keadaan bergerak dikecepatan tinggi, panas mesin akibat gesekan menjadi ga relevan karena sudah terdinginkan oleh udara yg mengalir sangat cepat.

beda klo dibiarin langsam tanpa dapat hembusan angin, cuma mengandalkan kipas radiator semata. salah satu contohnya ya oli JASO DH di test 3500 jam di rpm 1500-3500 non stop tanpa bergerak. FYI, panasnya mesin diesel jauh lebih tinggi akibat kompresi yg sangat besar up to 22:1

motor/mobil mana ada yg kompresinya segitu emoticon-Embarrassment

ada mekanik yg meremehkan pernyataan pernyataan ane, tapi apakah mekanik tersebut pernah mengkaji standarisasi oli? apa cuma tau dari praktik aja atau buku manual aja? ntar klo udah mengkaji sendiri, paling cuma nyengir nyengir doang, klo mekanik gelarnya S1 harusnya dipake ilmu analisa dan pengkajiannya biar ga terkesan asbun emoticon-Ngakak

just Info, di konferensi tribology internasional 2013 di Malaysia pernah dipresentasikan pengujian oli HDEO + ATF dari universitas teknologi Malaya dan hasilnya oli HDEO + ATF lebih baik melindungi komponen dari keausan dibanding oli 100% HDEO atau 100% ATF tanpa dicampur.

di grup HDEO oil Malaysia banyak yang sengaja buka mesin pengen liat gimana jeroan setelah pake HDEO, hasilnya, ga ada satupun yg ngalamin isi jeroan mesin kayak gini

Spoiler for sludge di mesin:


lanjutan bahasan diatas, karena rata rata kondisi bak mesinnya setelah 5 tahun pake HDEO maupun saat baru pake HDEO setelah bertahun tahun pake oli motor dan isi mesinnya sekotor foto diatas.

Spoiler for cleanclong:


nih biasanya biang kerok knalpot ngebul asep putih, gara gara pake oli yg ga tahan lama, kemampuan proteksinya rusak tanpa disadari padahal belum sampe 2000-2500km. begitu terus lama lama ngebul asep knalpotnya.

Spoiler for baret:


yg pake HDEO dari awal mula punya motor. relatif jarang ngalami piston sampe berkerah kehitaman di dindingnya, apalagi sampe baret begitu. rata rata kinclong kayak gini. foto dibawah ini real dari mesin motor yg udah 20,000km dan berumur 4 tahun. saat dibuka, bersihnya persis kayak gitu dan langsung difoto tanpa dibersihkan dulu. jadi ini foto yg sebenarnya.
Spoiler for clong pistonnya:


di ohio-rider-net pernah ada yg ngebongkar mesin CBR400fi-nya karena kecelakaan, mesinnya udah menempuh 220,000 mile sejak 2001. saat dibandingkan keausan liner piston dan kebersihan jeroan mesinnya, jauh jauh sekali sangat bersih dan minim keausan dibanding mesin motor copotan yg dia beli yang tahun muda dan baru 40,000km.

dan sampai sekarang sudah hampir tembus 500,000 mile tanpa pernah ganti piston seher atau OS. standar ting ting, dipake touring dan sesekali balap di sirkuit. olinya apa? Shell Rotella T6 15W-40, oli buat Truk dan alat berat emoticon-Ngakak

nih screenshot nya, bisa diikuti linknya klo pengen liat liat jeroannya lebih detil emoticon-Big Grin

Spoiler for CBR 400fi rebuild:

Quote:Original Posted By DemoNMonK


Nah, pertanyaannya sama nih dengan ane.
Mohon dijawab agan valkyrjur.
Ane pernah salah beli oli, shell helix X5 ternyata pas ane browsing2 itu oli ga cocok untuk motor karena mobil terpisah olinya ada 2, untuk mesin dan transmisi . Dan katanya kalau tetap di pake kampas kopling bakalan gosong karena olinya tdk memenuhi spek motor yang mengakibatkan sering slip sewaktu ganti transmisi.

Trus ane mau tanya pendapatnya gan, itu oli yg ane salah beli, boleh di pakai di NS atau jangan?

kadang selipnya itu karena faktor usia/kampas koplingnya memang udah aus, atau karena saat replacement kampas kopling, pemasangannya kurang benar, atau karena per kopling yg udah lemah. jadi penyebabnya relatif.


Quote:Original Posted By suga28


Mau tanya kang, di Jakarta pake 5W-40, apa gak terlalu encer gan. Soalnya tau sendirikan jakarta panas plus macet. kalo tau-tau ane pake tuh motor jalan keluar kota apa oli masih riskan dipake.


ga masalah, selagi saya pake 5W-40, mau macet macetan dalam kota, mau dipake luar kota, santai atau gas poll mentok limiter, ga pernah ada masalah, dan lumayan bisa bertahan lebih dari 4000km. tarikannya? wah jgn kaget klo udah rasain emoticon-Big Grin
Setelah melihat, membaca dan menimbang akhirnya saya putuskan untuk menggunakan Oli Diesel berdasarkan saran dari Kang Valkyrjur. Kalo gak salah NS akang pake Delva MX yaa ? emoticon-Hammer2
Sampe pusing gan bacanya saya emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By suga28
Setelah melihat, membaca dan menimbang akhirnya saya putuskan untuk menggunakan Oli Diesel berdasarkan saran dari Kang Valkyrjur. Kalo gak salah NS akang pake Delva MX yaa ? emoticon-Hammer2
Sampe pusing gan bacanya saya emoticon-Matabelo


awalnya pake Rimula R4X, karena dirasa kurang ngacir dan berat, ganti ke HX7, masih terasa ga bisa lari, ganti ke Total Quartz 9000SM 5W-40, disini udha enakan larinya, tapi atasnya masih kurang ngacir. selidik punya selidik, setelan klep terlalu rapat emoticon-Ngakak

akhirnya setelan klep di setel ulang, pake Rimula R4X, wah enteng, ngacir, enak bener emoticon-Big Grin
tapi tetep lebih enteng dan ganas pake 5W-40. sekarang lagi pake formulasi Delvac MX + ATF sesuai kajian di konferensi tribology internasional tahun kemarin.

setelan klep dirubah rada rapat karena ane ngebengkelnya beda tempat. tapi masih oke lah, tetep enak emoticon-Big Grin

baru make Delvac MX sih, belum bisa bicara banyak. klo Rimula dah cukup ok, tapi masa pakainya masih kependekan, sekitar 2000-2500km. harapan make Delvac MX bisa 3000 lebih tanpa penurunan performa.
×