Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

miftahrahmanAvatar border
TS
miftahrahman
REVOLUSI MENTAL
Hattarajasa menyinggung tentang Revolusi Mental pada debatnya semalam. Sebelumnya, para pendukungnya memelintir slogan tersebut sebagai gerakan yang berbau kiri.

Inilah dia orang yang pernah mengucapkan Revolusi Mental:

Sukarno: Kita tahu, bahwa Djepang tidak segan-segan memenggal kepala orang dengan sekali ajunan pedangnja. Kita mengetahui muslihat mereka, memaksa sikorban merninum berliter-liter air dan kemudian melompat keatas perutnja. Kita sudah mengenal djeritan ditengah malam jang menakutkan jang keluar dari markas Kenpetai. Kita mendengar pradjurit-pradjurit Kenpetai dengan sengadja dalam keadaan mabuk-mabukan untuk menumpulkan perasaannja.

Orang Djepang memang keras. Kedjam. Tjepat melakukan tindakan kurang-adjar. Dan ini akan membuka mata rakjat untuk mengadakan perlawanan. Mereka djuga akan memberikan pada kita kepertjajaan terhadap diri sendiri. Bangsa Asia tidak lagi lebih rendah dari orang Barat.

Hatta: Kondisi-kondisi inilah jang akan mentjiptakan suatu kebulatan tekad. Kalau rakjat kita betul-betul digentjet, maka akan datanglah revolusi mental. Setelah itu, revolusi fisik."

(Bung Karno, BIOGRAPHY AS TOLD TO CINDY ADAMS)


Diubah oleh miftahrahman 29-06-2014 20:16
0
948
18
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan