Redika UGMAvatar border
TS
Redika UGM
Mohon Untuk Lebih Sopan Membangunkan Sahur


Spoiler for salam:

Apakabar agan sista, bagaimana puasanya.. masih poll? TS doain bisa penuh ampe nanti datang idul fitri hehe..
Disini TS akan membawa topik kegiatan khas di bulan ramadhan khususnya seputar santap sahur.. yakni membangunkan orang sahur..


Bersantap sahur merupakan salah satu sunnah rosul yang dianjurkan kepada kita untuk melakukannya di akhir waktu (mentakhirkan sahur).

Quote:


Karena begitu barokahnya santap sahur maka kita sesama muslim ingin saling membangunkan saudara kita untuk segera bersantap sahur. Cara yang dipakainyapun beraneka ragam, mulai dari cara biasa yang sudah tradisi dilakukan takmir masjid, via SMS n BBM or miscoll, sampe keliling kampung rame-rame.

Permasalahan timbul ketika niat yang "baik" dilakukan dengan cara yg "kurang tepat". Disini TS akan menyinggung cara "kurang tepat" yang beberapa ditimbulkan oleh metode ketiga (pawai keliling kampung).
Mungkin masih segar di ingatan agan yg udah gede jaman kita kecil dulu saat pas masuk waktu sahur (02.30-imsyak) orang" keliling kampung sambil mainin bambu (dengturan) ma bawa obor... syahdu banget, suarannya pas n g pake berisik, bikin kangen suasana kaya gitu kan

Waktu brlalu dan kemajuan jaman g bisa dibendung, muncullan model mbangunin orang sahur pake sound system segede gaban dinaekin ke motor tossa sambil keliling nyetel lagu dangdut koplo keras-keras.. yg contoh lagunya misalnya: "kuhamil duluan sudah 3 bulan gara"... dst". Dan tak cukup itu jamnyapun dimajukan, bukan lagi jam normal orang sahur sesuai sunnah (02.30-imsyak) tapi mulai jam 00.30-02.00 WIB. Kalau agan mau contohnya silahkan berkunjung ke kampung inggris tepatnya di jalan veteran, tiap malam kelililng bolak-balik jam 00.30-02.00 WIB bahkan diantaranya ada yg nglemparin petasan ke rumah warga (pelakunya adalah anak-anak seumuran SMP yg TS g kenal tu anak siapa).

So disini TS ingin mengajak agan" n sista" untuk kembali merenungkan hakikat sebenarnya membangunkan orang sahur. Tujuan Membangunkan orang sahur adalah agar setiap muslim menyempatkan diri bersantap sahur agar tidak kelewatan dan sunnahnya di akhir waktu. Metode ketiga (pawai keliling) syah-syah saja selama dilakukan secara sopan baik dari cara pelaksanaannya (g pake keras-keras, kita g budeg) maupun waktunya (jam 1 pagi apa juga yg mau disantap?)

Demikian Curhatan dari TS, semoga para ababil di luar sana yang demen maenin petasan malam" tanpa peduli orang lain segera mendapat pencerahan. Jangan sampai umat lain menganggap kita (kaum muslim) bertindak terlalu arogan padahal sekarang justru bulan Ramadhan yang notabene bulan peningkatan amal sholeh, demikianlah dan terimakasih gan

Quote:



0
6.1K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan