badakimut2013Avatar border
TS
badakimut2013
Prabowo Spontan, Jokowi Terpaku Catatan
Sumber

JAKARTA- Debat ketiga antarcalon presiden menyajikan pemandangan berbeda dari debat sebelumnya. Selain setiap capres diberi kesempatan untuk saling bertanya dan menanggapi jawaban, gerak tubuh masing-masing capres menjadi hal yang menarik disorot.

Jika Capres Prabowo Subianto terlihat tenang, santai, spontan, dan mengarahkan pandangannya ke lawan bicara, Capres Joko Widodo tampak sangat serius dan fokus. Jokowi terlihat beberapa kali menunduk, membaca catatan serta mengarahkan pandangan ke arah kiri bawah.

“Kontak mata dengan lawan bicara atau audiens menandakan dia (Prabowo) percaya diri, enggak kerdil, menyimak dan menghargai semua elemen yang terlibat dalam komunikasi,” kata pengamat komunikasi politik Fathurahman Sidiq ketika dihubungi di Jakarta (23/6/2014).

Sebaliknya, gerak tubuh Jokowi dinilainya kurang percaya diri dan terlalu terpaku dengan catatan. Bahkan beberapa kali Jokowi seperti berusaha keras mengingat sesuatu yang sudah dipersiapkan sebelumnya. “Sorot mata Jokowi ketika melihat ke kiri bawah itu upaya mengingat atau menghafal sesuatu. Saya yakin dia sudah dikonstruk sebelumnya. Gagasannya bukan orisinil dari dia,” terang Fathurahman.

Selain itu, lanjutnya, ketika masuk sesi tanya jawab, Jokowi seperti tidak menghargai jawaban Prabowo. Jokowi terlihat memicingkan mata dan sedikit menertawakan jawaban lawan bicaranya. “Mungkin karena diangggap enggak sesuai dengan pandangannya. Terbukti saat menanggapi, Jokowi bukannya mengonfirmasi atau mengejar jawaban Prabowo, tapi malah menjelaskan pandangannya sendiri yang seolah lebih baik. Padahal secara substansi sama,” urainya.

Pemandangan demikian, imbuhnya, berbeda dengan sikap Prabowo yang fokus menyimak jawaban Jokowi. Bahkan, dia tidak segan mengangguk saat Jokowi menjawab pertanyaannya meski tampak kurang memuaskan. “Ketika ditanya Indosat juga Laut China Selatan, Prabowo enggak lantas menertawai Jokowi tuh,” tandasnya. (ugo)


Indonesia BANGKIT
emoticon-I Love Indonesia (S)
0
3.4K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan