Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adigegeAvatar border
TS
adigege
Hati Hati! Es Batu Tidak Sejernih Tampaknya Lho
Minuman segar akan terasa hambar jika tidak berdampingan dengan es batu. Tentu Anda juga kurang menikmati minuman tersebut dengan maksimal. Apalagi saat cuaca panas yang membuat Anda menginginkan minuman segar di campur dengan es batu. Tapi es batu yang sering kita konsumsi terkadang tidak kita ketahui cara pembuatannya.



Dilansir oleh huffingtonpost.com, Henry David Thoreau pernah mendokumentasikan aktivitas industri es batu dan konsumsi es batu masyarakat di seluruh dunia. Ternyata proses pembuatan es batu tidak sejernih penampakannya. Dr. Pritish Tosh dari Mayo Clinic dan Martin Bucknavage dari Pennyslvania State University mengungkapkan 3 hal yang terkandung dalam tiap es batu yang dikonsumsi, yaitu:

Tangan yang tidak steril

Debra Huffman, seorang mikrobiologis mengatakan bahwa banyak orang yang tidak menyadari pentingnya cuci tangan sebelum menyentuh makanan. Padahal hal ini dapat menyebabkan kematian, seperti yang dialami oleh putranya. "Bakteri-bakteri ini sangat kecil, mikroskopis dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Tapi sangat berbahaya." Ya, tangan bahkan dapat menjadi media perantara kuman yang sangat berbahaya.

Berkembangnya jamur

Jamur biasanya ditemukan di mesin pembuat es batu, tetapi bukan tidak mungkin tumbuh di freezer kulkas Anda. Temperatur rendah memang dapat memperlambat tumbuhnya jamur, tetapi jika freezer mati (misalnya karena mati listrik), inilah saat yang tepat bagi jamur berkembang biak.

Banyaknya Bakteri

Inspektor kebersihan makanan Inggris menemukan adanya bakteri yang terkonsentrasi di dalam sampel es batu yang ditelitinya. Sebanyak 72 persen positif mengandung bakteri e-coli! Bakteri ini umumnya mengkontaminasi wadah es batu jika orang yang membuatnya menyentuh benda lain, misalnya daging, sebelum membuatnya. Akibatnya, seluruh wadah yang tersentuh akan terkontaminasi juga.

Jadi, sudah yakinkan es batu yang Anda konsumsi bebas dari bakteri

Sumber : Kesekolah.com
0
2.2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan