Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kang tatangAvatar border
TS
kang tatang
Komnas HAM: Pernyataan Wiranto Persis dengan Temuan Komnas HAM
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Roichatul Aswidah mengatakan pernyataan Wiranto terkait peristiwa Mei 1998 sangat beririsan dengan hasil penyelidikan Komnas HAM.

"Itu kasus penghilangan orang secara paksa, sudah diselidiki Komnas HAM sejak 2005-2006, dari 1 Oktober 2005 hingga 30 oktober 2006.

Pernyataan Wiranto kemarin substansinya beririsan sangat dekat dengan hasil penyelidikan Komnas HAM," ujar Roichatul Aswidah di Kantor Komnas HAM jalan Latuharhari, Jakarta, Jumat (20/6/2014).

Roichatul mengatakan pernyataan Ketua umum Hanura, Wiranto hanya untuk mengaskan hasil temuan di Dewan Kehormatan Perwira (DKP) pada tahun 1998.

"Pak Wiranto hanya menegaskan kembali dari temuan DKP dulu karena ini mekanisme internal TNI," ujar Roichatul.

Roichatul mengatakan tidak ada yang mesti ditindaklanjuti dari pernyataan Wiranto. Hal itu lanjut Roichatul karena yang dilaporkan Wiranto substansinya sama dengan hasil penyelidikan Komnas HAM.

" Komnas HAM pada 2005-2006 yang lalu telah melakukan pemanggilan kepada beberapa orang yang akan diminta keterangan sebagai saksi, termasuk Pak Prabowo. Namun Prabowo tidak datang. Penyelidikan terus berjalan dengan 77 orang saksi hadir, diantaranya saksi korban dan beberapa orang TNI termasuk satu purnawirawan dan beberapa orang Kepolisian," ujar Roichatul.

Lanjut Roichatul dari keterangan yang didapatkan, Komnas HAM dapat menyelesaikan penyelidikan tersebut.

"Dengan temuan bahwa dapat diduga pada peristiwa itu dapat terjadi kejahatan terhadap kemanusian. Pelakunya sudah ditemukan yaitu kelompok Kopasus pada saat itu. Dan itu adalah sistematis, bukan prajurit dilapangan yang berinisiatif. Tapi itu dilakukan secara terencana, menggunakan infrastruktur negara," ujar Roichatul.

Roichatul mengatakan dari hasil penelusuran keterangan sejumlah saksi didapatkan bahwa Komandan Jenderal (Danjen) Kopasus pada saat itu membentuk Tim Mawar.

" Jadi hampir sama. Secara substansial tidak ada yang baru, hanya penegasan saja," ujar Roichatul.





https://id.berita.yahoo.com/komnas-h...122753092.html
0
3.2K
34
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan