Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

coliAvatar border
TS
coli
Tips Berhenti di Lampu Merah
Dalam kaitannya dengan kehidupan berlalu lintas, sebenarnya sudah ada aturan2 yang mengaturnya, baik aturan baku dari pemerintah maupun aturan tak resmi yang berlaku di jalanana. Nah, kali ini ane mau berbagi tips, yaitu tips berhenti di lampu merah (lamer). Sekilas terlihat sepele, masa berhenti aja ada aturannya..? Bukankah cukup direm aja sudah berhenti? Hehe... memang menghentikan kendaraan itu sangat sepele gan, namun sebenarnya tidak sesepele itu jika kita mau menjadi insan jalan raya yang baik.

Berikut tipsnya:

1. Selalu berhenti di belakang garis zebra cross
Sering kita lihat biker, angkoter, trucker, becaker, andonger dll sengaja / ga sengaja melalaikan aturan penting ini... padahal aturan ini ada undang2nya loh gan, dimana kita dituntut untuk menyediakan ruang dan waktu bagi pejalan kaki yg hendak menyebrang. Jadi aturan pertama ini ga boleh kita langgar sebagai bentuk ketaatan hukum dan toleransi sesama pengguna jalan... Mentang2 ga ada aparat, kadang kita seenaknya berhenti. Meski terlihat sepele, namun dr segi ketaatan hukum dan 'kesetiakawanan sosial' kita dg pejalan kaki perlu kita ragukan.. lagipula tidak semua pejalan kaki itu orang kaya yang ingin berkeringat, kebanyakan mereka bisa jadi adalah orang yg tak memiliki kendaraan sendiri. Bayangkan jika kita yg punya kendaraan ini dengan congkaknya 'menghalangi' mereka yang hendak menyebrang sebentar saja... berdosa kita gan... hehe... so, mulailah berhenti di belakang garis zebra cross, apapun situasi dan kondisinya.

2. Berenti tidak outside melewati pembatas lajur jalan.
Jika kita berhenti disebelah kanan pada lajur kiri, akan kita temui garis pembatas lajur. Nah, usahakan kita berhenti disebelah kiri garis gan. Kecuali untuk kasus lampu merah yang mengharuskan kedua jalur berhenti total, maka himbauan ini menjadi tidak masalah, meskipun untuk melatih kedisiplinan, kita tetep harus ingat aturan itu, karena tidak semua lampu merah memiliki ciri/kondisi yg sama. Saat kita berhenti di sebelah kanan lajur kiri, kita akan menjadi sering bersinggungan dengan kendaraan lain baik itu berupa bus, truck, tronton dll. Dan jika kita berhenti diluar garis pemisah lajur jalan, ini sangat berbahaya. Bisa keserempet, kalo cm keserempet becak sih gpp.. tp kalo keserempet container yg sopirnya maho? Hayo gemana?

3. Berhenti di titik terluar lajur kiri
Kalo yg ini ga ada aturan bakunya gan, hanya memang murni analisis TS demi keamanan & kenyamanan kita. Kenapa disarankan berhenti di sisi terluar lajur kiri? Begini penjelasannya, negara kita kan menganut sistem setir kanan, sehingga kita harus berhenti di lajur kiri. Dan untuk beberapa kasus, seperti di pertigaan dan perempatan yang mengharuskan lajur kiri harus berhenti, posisi di sisi terluar ini jauh lebih aman karena tidak bersinggungan langsung dengan lalu lintas kendaraan yang berlawanan arah dengan kita.

4. Berhenti di samping ''kendaraan yg aman''
Ini hal kecil tapi penting juga gan. Demi keselamatan dan kenyamanan berkendara. Hindari berhenti bersebelahan dengan motor besar dengan box kanan kiri, kenapa? Bukan kenapa2. Karena kalo pas berhenti kaki si pengendara ga cekatan, ada kemungkinan kendaraan roboh n nimpa agan yg disamping (pngalaman pribadi, cibi ketimpa rice cooker megipret rombongan touring, mau ngamuk jelas kalah, ga ngamuk motor lecet.. :norose). Itu hanya contoh, intinya sebisa mungkin jauhi kendaraan yg rawan/berbahaya menurut kacamata kita, becak muatan 2 meter juga berbahaya, container bawa log kayu besar2 juga bahaya, dumpt truck bawa batu juga berbahaya. hindari berdekatan dengan kendaraan tsb.

5. Ambil jarak aman dg kendaraan di depan anda
Selain menjaga jarak dengan kendaraan kanan kiri kita, perhatikan juga kendaraan depan belakang kita gan. Jauhi berhenti tepat dibelakang kendaraan di depan dan belakang kita terutama di lampu merah yg sedikit menanjak. Kenapa? Karena saat lampu hijau, kendraan didepan agan akan masuk gigi 1 dan rem dilepas, ada kemungkinan kendaraan itu mundur beberapa cm/m kebelakang. Jika kita terlalu dekat bisa kesenggol pantat sexy container...

6. Fokus ke lampu merah, kendaraan dan situasi sekitar
Banyak yang melakukan kegiatan membahayakan saat di lampu merah, semisal makan, ngobrol pake gadget, sms dll. sekilas lampu merah adalah tempat 'bersantai' sejenak, namun jangan salah ggan, sekitar lamer juga rawan kejahatan gan... lagipula waktu 1-2 menit di lamer bukanlah waktu yang panjang. Tidak masuk akal jika kita mengorbankan keselamatan kita dengan bertelepon ria, ber sms ria dan kegiatan lain yang sebenarnya bisa dilakukan ditempat yang lebih aman. Dan solusi paling cerdas di lamer adalah tetap fokus tehadap lampu lalu lintas dan juga sekitar kita.

7. Hindari berhenti di blind spot
Blind spot adalah titik-titik dimana kita buta lingkungan sekitar. Misal berhenti dibelakang mobil box yang besar dan terlalu dekat. Kita bakal kesulitan melihat ke depan/terhalang. Jika harus berhenti di belakang ke daraan besar (box,bus,container) usahakan mengambil jarak yang cukup agar mata kita tetap bisa mendapat akses ke depan.

8. Hindari menggeber mesin dan klakson berkali2
Motor baru? Mobil baru? Itu tak menjadi pembenaran. Mau baru kek mau bekas kek mau cas/credit, mau motrik mau moge, lamer itu bukan tempat beraksi memamerkan dapur pacu. Jadilah wise, jadilah sadar bahwa tidak semua orang menyukai merdunya suara mesin kita dan asap knalpot (apalagi yang ber bbm solar) yang keluar dari knalpot kendaraan kita. Begitupun saat lampu hijau menyala, jika tak ada hambatan berarti, hindarilah pencet klakson berkali2. Yang didepan juga paham kok kalo hijau tandanya jalan. Cuma setiap orang memiliki reflek yang berbeda, ada yang santai ada yg langsung bisa oper gigi injak gas lepas kopling. Jika kita sembrono dg klakson, Justru yg muncul malah rasa benci dan keki. Kecuali yg di depan kita lagi asik pacaran/telfon2an n ga sadar lampu udah hijau, baru dh kalo perlu dipakein kaca mata kali aja dia matanya minus/plus/katarak emoticon-Stick Out Tongueeace

Mulailah belajar menghargai sesama di jalan..

Sekian tips dari ane.. semoga bermanfaat...
Nubi minta maaf kalo ada salah... yang mau nambahin silakan....
Keep ngaskus gans...
emoticon-Angkat Beer
0
4.3K
32
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan