squalledd
TS
squalledd
Bravely Default [3DS] by Square Enix and Silicon Studio
Bravely Default (US/EU) / Bravely Default: Flying Fairy (JPN)
[exclusive on 3DS]

Developed by: Silicon Studio ; Published by: Square Enix ; Character Design by: Akihiko Yoshida







Release Dates


Original version:
: 11 Oktober 2012


Upgraded Version:
: 5 Desember 2013
: 7 Februarti 2014
: 6 Desember 2013


Note:Bravely Default (US/EURO) akan memiliki dual voice (Japanese/English)




Trailer














Packaging Artwork








Release






Spoiler for Link download Bravely Default AR Cards:





Main Theme Song







Note:Dengarkan lagu ini sambil baca page 1 emoticon-Smilie


Spoiler for Disc tracklist:




Spoiler for Link download Bravely Default Soundtrack:



Music di dalam game ini di compose oleh Revo, leader dari Japanese musical group: Sound Horizon. Anggota band Sound Horizon salah satunya adalah RIKKI yang terkenal lagunya "Suteki da ne"dari Final Fantasy X. Karya mereka yang baru-baru ini hit dan menjadi terkenal adalah "Guren no Yumiya" & "Jiyuu no Tsubasa", opening song anime Shingeki No Kyojin / Attack on Titan.





Main Character








Spoiler for :





World





Bravely Default ini akan berpusat pada dunia fantasy yang bernama Luxendarc, the land of light and shadow. Banyak negara yang khas ala RPG seperti Caldisla, negara dengan pemandangan indah tempat karakter utama Tiz tinggal setelah desa tempat tinggalnya hancur; Ancheim, negara dengan tema gurun; Flowell, negara penuh bunga; Granship, kota diatas kapal; dll.

Meskipun karakter game berbentuk polygonal 3D dengan design yang khas dari Akihiko Yoshida, background map nya adalah hand drawn sehingga menambah unsur artistik dari game ini. Meskipun hand drawn, berbagai elemen background tampak "menonjol keluar" berkat teknologi layar 3DS auto-stereoscopic.

Spoiler for :




Gameplay






Bravely Default adalah turn-based RPG dengan random encounters, dimana sistem battle nya terpusat pada Jobs system seperti yang ada pada FF V, FF Tactics.
Untuk memulai suatu command, tiap karakter membutuhkan Brave Points (BP) dimana BP bisa ditransfer antar karakter; atau tidak menggunakan BP dengan command "Default" dimana point BP yang tidak dipakai bisa disimpan untuk untuk dipakai di turn selanjutnya.
Ini berarti Player bisa memasukkan input command sebanyak maksimal 16 command di satu putaran. Begitu juga sebaliknya. Musuhpun bisa menggunakan strategi yang sama.
Ada fitur unik yaitu command "Friend Summon"system, dimana kita bisa summon karakter dari player lain menggunakan data transfer antar pemain atau menggunakan fitur 3DS "Streetpass". Ketika sering menggunakan "Friend Summon" berkali-kali, maka level "Affection" meningkat dan membuat karakter tersebut semakin kuat.

Karakter dalam game ini bisa menggunakan "Special Moves', yaitu powerful Limit Break-styleberdasarkan senjata yang kita pakai. Ada 9 tipe senjata dengan masing attack level 1-3. Ini berarti ada 27 "Special Moves". Uniknya nanti kita bisa merubah nama dari Attack nya, dialog ketika menggunakan "Special Moves", dan after effect nya (seperti status effects, elemental, damage properties). Intinya: "Special Moves" ini customize-able.

Fitur StreetPass kali ini ditonjolkan oleh pengembang game ini. Fitur "Norende", kota yang bisa kita bangun dengan cara merekrut penduduk menggunakan StreetPass atau internet. Semakin banyak penduduk yang bisa kita rekrut, semakin cepat pembangunan kota Norende. Nantinya km bisa membeli item yang sangat kuat yang hanya ada di kota ini.




Job System





Game ini menerapkan sistem Jobs yang sedikit berbeda dengan FFT, kita membutuhkan item bernama "Asterisk", untuk dapat berubah ke job lain. Total Jobs yang tersedia sepanjang permainan ini adalah sebanyak 24 macam dimana tiap Job mempunyai level sendiri dengan level maksimum 14. Monk, White Mage, dan Black Mage akan menjadi salah satu Jobs awal yang bisa kita pilih di awal permainan.

Karakter bisa mempelajari abilities dari Jobs yang ditekuni yaitu Action Abilities (Magic, Attack, Summon, dll) dan Support Abilities (HP +10%, Cover, dll). Sama seperti FF Tactic, Player bisa memakai Action Abilities yang berasal dari Jobs lain, sehingga memungkinkan Player untuk membentuk karakter dengan mixed abilities (Knight with Summoner ability, Thief with Black Mage ability, dll).

Job level di set maksimum di level 14. Uniknya, Bravely Default mempunyai fitur yang disebut "Abilink", yang memperbolehkan player untuk meminjam ability Job dari karakter teman.





Insight Thought



Menurut saya Silicon Studio patut diacungi jempol dua.

Here is why:
Tidak bisa dipungkiri, Random Enemy Encounter dan Grinding membuat sebagian gamers agak malas bermain RPG. It tooks time and bit boring!

Dan Silicon Studio berhasil membuat gameplay dan game mechanic yang membuat gamers merasa fresh dan sekaligus berpikir: "Yang seperti ini lho seharusnya JRPG modern itu dibuat".

Apa resepnya? "Freedom". That's the key!

Mana ada JRPG yang bisa atur "random enemy encounter rate, difficulty level, dan kecepatan ketika battle" DIMANA dan KAPAN SAJA sepanjang game.
Bahkan bisa atur Gain EXP, JP, Gold di ON atau OFF juga. Plus Auto Battle.

Jadi misalnya km ingin Grinding: Set random enemy encounter rate ke +100%, level Easy, dan High Speed battle. Kemudian set Auto Battle.
Ketika merasa sudah overlevel, sambil tetap Grinding Job Point, km bisa set Gain Exp dari On ke Off.
Gak mau Grinding nya terlalu mudah? Bisa atur difficulty ke Hard. Dst Dst Dst.

Dan km bisa set "Abilink" dengan teman mu. Artinya km pinjam ability teman yang sudah di unlocked. Jadi misalnya km lagi butuh ability "Group Cast All" tapi Black Mage mu belum "Master", tinggal km link karakter yang km mau (misalnya Agnes) dengan teman mu yang sudah punya ability itu. Semakin km tertinggal dari teman mu, semakin berguna fitur ini.. Enak kan? Life is easier... emoticon-Smilie

You can set anything and anytime you want.. It is up to you.. emoticon-Smilie

Gameplay Turn Based mendapatkan penyegaran berkat sistem Brave dan Default, yang saya sebut sistem Utang dan Nabung emoticon-Smilie
Berkat sistem ini, jalan nya pertarungan jadi menarik dan penuh strategi, mau maen offensive dan cepat tapi risky, atau defensive, lambat tapi aman emoticon-Smilie

Ditambah lagi, waktu bermain tidak akan terasa lamaaaa karena baik secara audio maupun visual, game Bravely Default ini Outstanding!! Perfecto!!
Yang menarik adalah ketika cut scene, outfit mereka disesuaikan dengan Jobs yang kita pilih (dari ke 24 + outfit tambahan) pada waktu scene itu berlangsung. Jadi tidak monoton.
Dialog-dialog yang segar dan lucu bertebaran dimana-mana. Hubungan keempat karakter utama terasa pas dan tidak dipaksakan. Selain dialog utama, ada yang namanya "Party Chat" yang bisa kita liat. Isinya adalah percakapan keempat karakter di luar cerita utama. Lucu-lucu dan menghibur.

BUT, there is one thing that this game lack off. It's the story.

Jangan salah sangka duluan, Cerita Bravely Default memang standard dunia JRPG: Ada empat karakter yang berusaha menyelamatkan dunia dengan membangkitkan Crystal. Walapun begitu cerita game ini berisikan dialog yang segar, karakter yang unik baik protagonis dan antagonis nya lengkap dengan latar belakang ceritanya, plus twist cerita yang bagus sekali..
Dan lagi tema cerita gelap nya cocok sama saya yaitu: "In this world it is not as simple as white and black. There is always the color gray" emoticon-Smilie


Trus dimana kekurangannya? Yaitu cerita di bagian tengah sampai sebelum chapter terakhir.

Spoiler for DON'T OPEN IT IF YOU HAVEN'T REACHED CHAPTER 5:


Terlalu dipaksakan! Silicon Studio seharusnya bisa mempersingkat menjadi 3 kali saja (instead of 5 times -> baca spoiler).
Dan lagi, sejak setelah mendengarkan cerita di Vampire Castle di chapter 4, saya sudah bisa menebak siapa musuh sesungguhnya. It is so obvious.. Tapi anehnya, keempat karakter utama tidak sadar.. emoticon-Frown

Apa mungkin sengaja dilakukan untuk memperpanjang gameplay time? They should have done it better (sekali lagi: bagian tengah sampai sebelum chapter terakhir -> chapter terakhirnya bagussss sekali. Endingnya penuh makna dan harus dicerna berulang-ulang agar mengerti arti ending sesungguhnya).

Anyway, terlepas dari kelemahan tadi, bagi saya Bravely Default tetap menjadi tonggak lahirnya JRPG Modern. One of the best JRPG of all time... emoticon-Smilie


Hail to Silicon Studio!


============================================================================================

Silicon Studio memang mantap! Bahkan judul nya game ini ada "twist" nya.
Bagi yang sudah menamatkan atau yang tidak peduli akan spoiler, silahkan buka:

Spoiler for Judul game sebelum dan sesudah menamatkan game Bravely Default:



Btw fitur Bravely Second yang membutuhkan Sleep Point di game ini ternyata...
Spoiler for :






============================================================================================
Feel free to comment about this game.
Kalau suka dengan thread ini, mohon di rate bintang 5 () emoticon-Rate 5 Stardan kasih cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L) ya....
Thank u dan enjoy emoticon-Smilie

Diubah oleh squalledd 13-03-2014 10:21
0
67.1K
1.1K
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan