CrushRYLAvatar border
TS
CrushRYL
10 Perubahan Nasib Pedagang Kecil di Jakarta dan Solo
Numpang ngepost hal kecil aja Gan, sambil menyambut Debat Capres 2014 yang makin seru dan menegangkan. Selama di Solo dan Jakarta, Jokowi banyak memperhatikan pedagang kecil dengan menyediakan tempat berdagang yang lebih layak, sekaligus mengurai kemacetan dengan mengosongkan jalanan.

1. Pasar Nusukan, Solo


Pasar ini adalah salah satu pasar tradisional yang kemudian disulap menjadi pasar yang bersih dengan lantai keramik setelah kebakaran pada tahun 2006. Sehari-harinya, Pasar Nusukan menyediakan kebutuhan sayur-sayuran dan makanan lainnya. Pasar ini mendapat banyak pujian dan menjadi salah satu contoh pembenahan pasar tradisional di Indonesia.

2. Pasar Legi, Solo



Salah satu pasar yang juga dibenahi di bawah pemerintahan Jokowi. Pasar ini menyediakan berbagai hasil bumi dari Solo dan sekitarnya. Di masanya sebagai walikota Solo, Jokowi membenahi blok pasar ikan dan kelapa, dan seterusnya melebar ke banyak bagian pasar.

3, Pasar Klithikan, Notoharjo


Sumber foto

Pasar ini dibangun pada tahun 2007 untuk menampung pedagang kaki lima Banjarsari, yang dipindahkan oleh Jokowi dengan cara yang simpatik. Pasar Notoharjo lebih dikenal dengan nama Pasar Klithikan karena pasar tersebut sebagai wadah bagi pedagang kakilima yang menjual berbagai barang bekas, seperti elektronik, pakaian, ponsel, sparepart kendaraan dan barang-barang lainnya. Pasar ini menjadi salah satu contoh baik bagaimana memperlakukan pedagang kecil dengan cara manusiawi.

4. Blok G Tanah Abang



Pasar ini direnovasi untuk menampung pedagang kaki lima yang sebelumnya menyesaki jalanan Tanah Abang. Untuk mendukung pedagang kecil yang baru dipindahkan, Jokowi memberikan fasilitas food court, ekskalator, wifi gratis, promosi di TV, hadiah undian, jembatan penyebrangan, hingga taman kecil di sepanjang jalanan Tanah Abang yang memungkinkan pengunjung beristirahat dan menikmati suasana Tanah Abang.

5. Pasar Ciplak, Jakarta Timur



Pasar ini direnovasi untuk mengakomodasi pedagang kecil yang semakin bersesakan pasar yang awalnya hanya berupa lahan kecil. Saat masa kampanye Pilkada, Jokowi pernah mengunjungi pasar ini dan mendengarkan aspirasi para pedagang, sehingga renovasi Pasar Ciplak adalah salah satu wujud janjinya memperhatikan pedagang kecil.

6. Lokasi dan Penataan Pedagang Kaki Lima Indosiar, Jl Damai, Daan Mogot,


Daerah ini awalnya disesaki berbagai pedagang kecil. Namun sejak Februari 2013, Jokowi membangun lokasi binaan yang layak bagi PKL di Jalan Damai dengan bantuan CSR. Keistimewaan lokasi ini adalah diresmikan oleh berbagai Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II diantaranya Menteri Perdagangan Gita Wirjawan Menteri Tenaga Kerja, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Syarifuddin Hasan, Transmigrasi Muhaimin Iskandar dan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

7. Sentra PKL Masjid Sunda Kelapa


Sebelumnya pedagang kaki lima banyak terdapat di sekitar Menteng dan Cikini, mengundang keluhan warga karena menghadirkan suasana kumuh. Kemudian Jokowi melalui bantuan CSR Bank DKI membuatkan pusat PKL yang lebih layak dan bersih di depan Masjid Sunda Kelapa. Daerah ini memberi keuntungan tersendiri bagi para PKL karena jemaah masjid ikut menjadi pelanggan yang mencicipi berbagai makanan yang disajikan.

8. Penataan PKL Museum Fatahillah


Museum Fatahillah adalah salah satu tujuan wisata favorit warga Jakarta di akhir pekan. Namun lambat laun kehadiran ratusan PKL membuat suasana menjadi sesak dan kotor. Karena itu Jokowi melakukan pembinaan terhadap para PKL dengan mengatur tempat yang lebih rapi dan tertib.

9. Pasar Manggis Setiabudi



Pembangunan pasar ini diresmikan sekaligus untuk menandai dimulainya pembangunan lima pasar rakyat lainnya di Jakarta sepanjang 2014. Dengan pembangunan pasar rakyat, diharapkan pedagang kecil di Jakarta akan semakin terbantu karena pedagang dibebaskan dari sewa yang mencekik. Ketua DPRD, Ferrial Sofyan, memuji langkah ini dan berharap paling tidak Jokowi bisa membangun 30 pasar di Jakarta selama kepemimpinannya menjadi Gubernur DKI Jakarta.

10. PRJ Monas


Untuk memberi tempat bagi para pedagang kecil dan tradisional yang tidak mampu membayar sewa mahal, maka Jokowi Menggelar Pekan Industri Kreatif Di Monas mulai tanggal 13 Mei 2013. Diharapkan pekan industri kreatif ini mampu mengakomidasi pedagang kecil yang tidak mendapat tempat lagi di PRJ Kemayoran yang mahal.

Demikianlah sekilas info dari ane Gan.. Semoga agan dan sistah berkenan. Jika dianggap menarik, harap jangan segan segan beri ane
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Namun jika dirasa emoticon-Blue Repostatau menyinggung hati, mohon maaf sedalam-dalamnya. Harap ane jangan di
emoticon-Blue Guy Bata (L)

Jika berkenan bolehlah dikasi
emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh CrushRYL 15-06-2014 12:56
0
4.9K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan