indoheadlinesAvatar border
TS
indoheadlines
Relawan Prabowo Laporkan Pemilik Akun Twitter dan Kaskus Penyebar Surat DKP ke Polri
Kelompok relawan berlatar belakang advokat pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa melaporkan dugaan pelaku penyebar foto-foto dokumen rahasia Dewan Kehormatan Perwira ke Badan Reserse Kriminal Polri.

Kelompok yang mengatasnamakan Asosiasi Advokat Merah-Putih itu menilai dokumen rahasia tidak semestinya diedarkan secara luas ke publik.

"Setahu kita dokumen negara itu sifatnya rahasia. Saat itu dokumen rahasia, siapa pun tidak boleh tahu. Itu yang kita minta penyelidik," ujar Toni Tahta Singarimbun selaku anggota asosiasi tersebut, di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Jumat (13/6/2014).

Toni mengaku mendapat informasi mengenai foto-foto tersebut pada Minggu (8/6/2014) sore. Setelah itu, dia dan anggota lainnya menelusuri asal muasal foto tersebut diunggah.

"Kami menemukan bahwa ini di-upload di twitter dan kaskus. Kami lihat dia scan dan upload foto itu sekitar tanggal 7 Juni 2014," ujarnya.

Menurut Toni, pelaku terduga telah melanggar undang-undang Informasi Teknologi Elektronik dan penyebaran foto ini masuk dalam kategori kejahatan dunia maya (cyber crime). Dia menduga pihak tersebut sengaja memanfaatkan momentum pemilu untuk menyebarkan isu negatif karena usia akun-akun itu terbilang muda, dibuat sejak April dan Juni.

Dalam laporannya, Toni melampirkan empat akun jejaring sosial yang terdiri dari akun Facebook, Twitter, dan Kaskus yang diduga pertama kali mengunggah dan menyebarkan foto tersebut beserta alamat tautannya. Namun, Toni enggan menyebutkan nama keempat akun itu sebelum surat laporan polisi (LP) berada di tangannya.

"Namanya di tangan penyidik. Ini nama asli, bukan anonim. Dugaan ada, tapi kami belum bisa bicara sebelum polisi yang memanggil kami untuk membuat berita acara pemeriksaan," kata Toni.

Quote:



setelah edgar pemilik akun twitter dilaporkan timses jokowi, sekarang kasus ini dilaporkan juga.
id siapa ini yang kena lapor karena membocorkan dokumen negara?
0
7.1K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan