Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jajang100Avatar border
TS
jajang100
Cerita Ikan Aligator yang Ditemukan di Surabaya, Mojokerto dan Bogor


Jakarta- Ikan Aligator yang memiliki gigi runcing pernah ditemukan di Surabaya, Mojokerto dan Bogor. Ikan tersebut saat ini berkeliaran di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Ikan yang bentuknya mirip buaya itu pernah ditemukan di Surabaya. Tepatnya, di Sungai Jagir yang melintasi kawasan Medokan Semampir. Saat ditemukan warga, ikan yang memiliki nama latin Lepisus Peusi tu memiliki panjang sekitar 60 cm serta mempunyai 2 pasang sirip di depan dan belakang tubuhnya.

Sirip yang bagian depan bentuknya lebih panjang dan lebar sedangkan sirip di bagian belakang ukurannya lebih kecil. Ikan ini juga mempunyai rahang kokoh seperti rahang karnivora lainnya. Stuktur giginya juga tajam, mirip dengan struktur gigi buaya dan mata yang besar. Selain itu ikan ini juga mempunyai sisik lebar dan keras.

Saat ditemukan oleh nelayan pada Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2009) sekitar pukul 14.00 WIB, ikan tersebut berusaha memberontak sehingga merusak jaring. Kini ikan tersebut kini sudah tidak lagi bernyawa dan diawetkan.

Penemuan itu sempat membuat heboh. Bahkan, warga memberinya bunga-bunga di bangkai ikan yang sudah terbujur kaku untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Sempat muncul kehawatiran bila ikan tersebut adalah bangsa lelembut.

Pada 22 Juli 2011 ikan tersebut juga ditemukan di Kolam Segaran yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto. Lalu pada 2005 lalu ikan yang biasa memaksa ikan kecil-kecil itu juga ditemukan masyarakat Kampung Cangkurawok, Bogor, Jawa Barat. Ikan berukuran 60-80 cm itu ditemukan di Sungai Ciapus.

Ikan yang memiliki habitat di sungai-sungai besar di Amerika Tengah dan Selatan itu kemudian menjadi bahan penelitian Dr Sulistiono, pakar pertanian dan perikanan Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan (FIPIK) IPB.

Diakui Sulistiono saat itu, ikan tersebut sangat berbahaya bagi anak-anak kecil. Bahkan tak hanya sampai di situ saja, telur ikan ini juga beracun. Jika terkena pada kulit, mungkin akan gatal-gatal, dan bila dikonsumsi bisa mengakibakan kejang-kejang. Ikan ini biasanya bertelur sekitar bulan April - Juni. Ikan ini bisa mencapai ukuran 1,5 - 1,8 m dan berbobot 70 kg lebih.

Ikan aligator tersebut saat ini ditemukan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Ikan ini dipelihara dalam keramba apung di waduk tersebut. Ikan tersebut lolos setelah menggigiti jaring di keramba apung tersebut.

[URL="http://news.detik..com/read/2013/09/13/131529/2358039/10/cerita-ikan-aligator-yang-ditemukan-di-surabaya-mojokerto-dan-bogor?nd772204btr"][B][color=blue]SUMBER[/color][/B][/URL]
0
6.4K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan