Hai Agan dan sist semua...,
ini trit pertama saya, dan saya mau coba memberikan pandangan/tips agar karier pekerjaan kita dapat meningkat dan juga meringankan pekerjaan kita.
semoga bermanfaat untuk kita semua ya..
Sering nggak sih ngerasa capek gara – gara beban kerja yang terasa berat banget, bosan dengan rutinitas yang itu-itu aja? Atau jangan – jangan kamu udah ngerasa enggak betah di tempat kerjamu yang sekarang?
Eits, jangan putus harapan dulu donk! Ada baiknya sebelum kamu mutusin buat keluar dari tempat kerjamu, kamu lakukan beberapa hal di bawah ini, siapa tahu kamu bisa lebih enjoy lagi buat bekerja!
Lalu apa aja ya?! Langsung aja nih dicoba…

Terdengar simpel dan gampang kan ya?! Tapi tunggu dulu, masuk kerja on time itu nggak gampang lho?! Apalagi buat kamu – kamu yang harus menerjang dan membelah macet untuk bisa nyampe di kantor. Duh, jalan buat ke kantor aja bisa nyampe 2 jam tau kalau macet.
cara yg baik adalah :
1. Persiapkan pekerjaan/dokumen yg akan dibawa utk besok pada malam harinya agar besok pagi tidak terburu-buru.
2. Tidurlah tepat waktu/lebih awal
3. Bagun pagi dan berangkat 2 jam sebelum jam masuk kantor, memang terasa berat tapi jika kita menjalani dengan enjoy pasti rutinitas ini tdk sulit dijalankan.
Masuk kerja tepat waktu memberimu beberapa keuntungan, salah satunya kamu akan dinilai sebagai seorang profesional yang bertanggung jawab. Sedangkan telat masuk kantor akan meninggalkan kesan yang buruk dan hanya akan merusakkan hari – harimu. Di samping itu kamu akan terlihat ceroboh dan tidak bisa diandalkan.
Terus kalau udah dicap profesional dan bertanggung jawab ditambah dengan kerjaanmu yang mulus tanpa masalah, maka tinggal tunggu waktu aja kan buat dapat promosi dan naik jabatan.

Terkadang kita tidak bisa lepas dari rasa emosional dalam menanggapi masalah pribadi seperi, berantem dengan pacar,suami/istri/anak,bahkan keluarga yang berujung semua orang disekitar menjadi pelampiasan emosi kita. khususnya di kantor.
seperti suatu hari kamu merasa hari itu adalah hari sialmu dan kamu gak siap buat dunia gara – gara masalah pribadimu, maka tenangkan dirimu sebelum kamu bergumul dengan semua kerjaan yang menumpuk di hadapanmu.
Jika kamu nekat mau kerja sebelum kamu tenang sih ya nggak papa, tapi tentu saja hasilnya engga bakal maksimal seperti saat kamu udah tenang dan berpikir dengan jernih kan?
“Menenangkan diri adalah cara yang bagus untuk bisa mengatur mood dan perasaanmu sepanjang hari, luangkan sedikit waktu untuk dirimu sendiri sebelum mulai sibuk dan tenggelam dalam pekerjaanmu,” jelas Michael Woodward, seorang konsultan organisasi dan penulis buku The YOU Plan.
Kamu bisa meluangkan waktu selama 5 menit untuk sekadar berjalan – jalan, memakan makanan favorit dan membuat minuman favorit, mencuci muka atau mendengarkan musik. Pokoknya lakukan hal – hal yang akan membuatmu tenang dengan waktu 5 menit tersebut.

Sadar enggak kalau emosi yang kamu miliki itu sangat berpengaruh terhadap sikap dan performamu di kantor?! Dan tak hanya itu, mood jelekmu bahkan bisa juga mempengaruhi mood rekan – rekan kerjamu, lho.
Untuk itu penting banget buat ngusahain biar moodmu selalu oke setiap harinya.
“Satu jam pertama dari jam kerjamu dapat menjadi barometer moodmu pada hari itu. Dan satu orang dengan mood yang buruk di pagi hari dapat mempengaruhi semua rekan kerjamu yang lain.” jelas Michael Keer, penulis buku Humor at Work.
Nah kan, kamu enggak mau kan jadi public enemies di kantormu?

Jika kamu engga terbiasa untuk mengatur jadwal harianmu, mulai sekarang coba deh untuk mengatur jadwal (to-do list) yang akan kamu lakukan dalam satu hari itu.
Memiliki to-do list ini akan memudahkanmu untuk fokus pada hal – hal penting yang harus terlebih kamu lakukan.
“Banyak orang yang terganggu dengan banyaknya kegiatan yang harus mereka lakukan tiap harinya, namun anehnya mereka justru melakukan hal – hal yang sebenernya tidak begitu penting untuk dikerjakan.
Kunci suksesnya adalah dengan menggunakan “waktu – waktu emasmu” untuk melakukan hal terpenting yang harus dilakukan pada hari itu..

Sapaan dan senyuman hangat yang kamu berikan pada rekan kerjamu akan membangun mood yang baik untuk menceriakan harimu dan hari – hari mereka.
Cara ini adalah cara yang paling baik untuk membangun kerjasama tim yang solid dan membuatmu lebih enjoy untuk bekerja setiap harinya.
Bahkan Michael Keer menyarankan untuk melakukan meeting pendek selama 5 – 10 menit untuk saling sharing tujuan dan berbagi informasi penting yang berkaitan dengan proyek – proyek tim kalian. Meeting pendek ini pada akhirnya akan membuat setiap anggota tim merasa terlibat dan merasa lebih dekat satu sama lain.
Senyum adalah sebagian dari ibadah, rajin senyum dapat membuat km lebih muda dari usiamu sekarang. jadi tdk salah kan kalau km senyum tiap hari? asal jangan senyum-senyum sendiri ya gan nanti disangka gila


coba bandingan dua tempat kerja ini,
Tempat kerja mana nih yang membuatmu semangat untuk kerja?
tempat kerja yang rapi akan membantumu untuk fokus dan memudahkanmu untuk bekerja serta membawa suasana kerja menjadi lebih nyaman.
Lagipula dengan tempat kerja yang rapi, kamu akan lebih mudah untuk menemukan barang – barang kecil yang sering nyelip, seperti memo dari bos dan rekan kerja tentang deadline kan?
Karena rapih maka penilaian orang disekitar km juga akan memberikan penilaian positif kepada km karena tercermin dari sikap km yang rapih

Tak bisa dipungkiri bahwa sosmed itu adalah pengganggu yang sulit untuk ditolak bagi sebagian besar kita.
karena di jaman yang serba online ini terkadang kita tdk mau ketinggalan berita/info update terbaru agar tidak disebut ketinggalan jaman,kuper,norak,dan temannya itu atau bisa disebut dengan kepo
Namun ternyata para pakar berpendapat agar jangan membuka sosmed dan hal – hal lainnya saat kamu ingin fokus bekerja. Jika memang kegiatan ini tidak bisa terhindarkan, maka pastikan untuk membalas pesan yang benar – benar penting sehingga tidak akan mengganggu pekerjaanmu.
intinya jangan terlalu sering buka sosmed, sekali-kali boleh kita buka sosmed untuk penghilang rasa jenuh dan bosan disaat bekerja asal tidak ketahuan bos ya gan hehe

Jika pada hari itu kamu miliki janji dengan seseorang, maka lakukanlah sepagi mungkin, sehingga kesempatanmu untuk mendapat balasan janji tersebut akan lebih besar.
Jika menghubungi orang yang perlu kamu temui ini kamu tunda – tunda, bisa jadi deadline pekerjaanmu akan molor dan hanya akan menambah beban pekerjaanmu.
Berkomunikasilah dengan baik kepada rekan kerja/bisnis kita, berikan kepercayaan, profesionalisme dan keramahan km terhadap mereka. karena poin ini amat penting untuk menjalin kerja sama ke tahap yang lebih tinggi.
Time is Money, sepertinya sangat penting setiap detik/jam dalam melaksanakan tugas seharian kita.
Tapi waktu disini adalah waktu emas dimana kamu merasa paling produktif, paling oke dan ide cemerlang mulai bermunculan di benakmu.
Waktu emas ini bisa berbeda – beda pada tiap orang,
namun para pakar menyatakan bahwa waktu emas orang – orang umumnya adalah pada saat pagi hari.
Tapi tentu saja tidak menutup kemungkinan, kamu lebih produktif dan lebih kreatif bila malam hari tiba. tergantung km bisa mengolahnya dengan benar.
Oleh karena itu gunakan waktu – waktu ini semaksimal mungkin dengan merencanakan dan mempersiapkan ide cemerlangmu. Semakin matang ide ini kamu rencanakan maka tentu saja pekerjaanmu akan lebih lancar daripada sebelumnya.
Jangan lupa berikan waktu luang untuk badan dan pikiran kita.
kita bisa melakukannya dengan cara :
- olahraga kecil di kantor (pijat-pijat badan,rentangkan kaki dan tangan)
- minum air putih wajib dilakukan!
- buka sosmed (siapa tau ada hal yg membuat agan senyum)
- gosip dengan rekan kerja (tapi jgn terlalu lama nanti jadi bigos

- ambil jadwal cuti untuk liburan.
Tidak salah untuk sedikit mengambil istirahat di sela rutinitasmu, bahkan hal ini sangat dianjurkan. Menurut pakar konsultan karir, mengambil sedikit jeda di pagi hari juga bisa digunakan untuk mengisi kembali energimu serta melihat to-do listmu untuk mengecek apa saja yang telah kau lakukan.