- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
mengenal tentang kereta pengangkut batubara di sumsel & lampung (BBR , SCT , KPT)


TS
FrankIERO99
mengenal tentang kereta pengangkut batubara di sumsel & lampung (BBR , SCT , KPT)
Bismillah[/SPOILER]
1. Babaranjang BBR (batubara rangkaian panjang)
kereta pengangkut batubara yang satu ini merupakan kereta api batubara terpanjang di divre 3 sumatera selatan dan merupakan rangkaian kereta api terpanjang di indonesia dengan jumlah gerbong antara 40 hingga 60 gerbong dan ditarik oleh lokomotif CC 202 dan CC 205 buatan perusahaan EMD ... melayani pengangkutan batubara dari tambang PT Bukit Asam di tanjung enim, sumatera selatan hingga ke pelabuhan tarahan di lampung . kereta ini memiliki kode BBR dan memiliki jadwal keberangkatan di atas 30 kali dalam sehari ...

BBR dengan 60 gerbong ditarik oleh lokomotif CC205

BBR dengan tarikan satu lokomotif CC202 yang sanggup menarik 40 gerbong
sumber foto : sumber
2. Babaranjang KPT (batubara rangkaian panjang KPT / kertapati )
kereta pengangkut batubara yang satu ini melayani pengangkutan batubara dari tambang batubara PT bukit asam di tanjung enim hingga ke dermaga batubara kertapati , kota palembang itulah sebabnya kode perjalanan keretanya diberi nama KPT ... dalam satu hari babaranjang KPT mempunyai jadwal perjalanan 18 kali ... dalam satu rangkaian memiliki antara 25 - 40 gerbong ke atas yang ditarik oleh lokomotif CC 201 dan CC 204 buatan general electric
3. Babaranjang SCT (batubara rangkaian panjang SCT / sukacinta )
kereta pengangkut batubara yang satu ini mereupakan kereta api PT.KAI yang disewa untuk mengangkut batubara milik perusahaan swasta PT BAU dan PT BMSS .... mengangkut batubara dari stockpile batubara di stasiun sukacinta , kabupaten lahat sumatera selatan hingga ke dermaga kertapati di area stasiun kertapati , kota palembang .... dalam satu hari relasi ini mempunyai jadwal keberangkatan hingga 12 kali dengan kode SCT ... satu rangkaian kereta SCT mempunyai 30 - 40 gerbong bahkan pernah hingga 60 gerbong ... menggunakan lokomotif CC 204


2. CC 202
lokomotif ini adalah pendahulu dari lokomotif CC 205 ... sama seperti saudaranya .. CC205 ... CC 202 adalah lokomotif terberat di indonesia dengan berat 108 ton ... jumlah lokomotif CC 202 yang aktif beroperasi adalah 47 unit
data teknisnya
Dimensi
Lebar sepur (track gauge): 1.067 mm
Panjang body: 17.678 mm
Jarak antara alat perangkai: 18.942 mm
Lebar badan (body): ?
Tinggi maksimum: 3.683 mm
Jarak gandar: 3.632 mm
Jarak antar pivot: 11.404 mm
Diameter roda penggerak: 1.016 mm
Diameter roda idle: -
Tinggi alat perangkai: 759 mm
Berat
Berat kosong: -
Berat siap: 108 ton
Berat adhesi: 108 ton
Motor diesel
Tipe: EMD 16-645 E, V16 Supercharger
Jenis: 2 langkah
Daya Mesin: 2.000 HP
Daya ke Generator/Converter: 2.000 HP
Motor traksi/converter
Jumlah motor traksi: 6
Tipe motor traksi: D-29, arus searah
Gear ratio: 63:14
Tipe generator: AR 6 QAD - D14, arus bolak-balik
Performa
Kecepatan maksimum: 80 km/jam
Gaya tarik maksimum (adhesi): 22.680 kgf
Kecepatan minimum kontinu: 14 km/jam
Jari-jari lengkung terkecil: 80 m
Kapasitas
Bahan bakar: 3.800 liter
Minyak pelumas: 920 liter
Air pendingin: 832 liter
Pasir: 340 lt
perbedaan secara fisik dengan lokomotif CC205 adalah di bagian hidung lokomotif ... lokomotif CC 205 lebih pesek ukuran hidungnya
3.lokomotif CC 204 ....
sebelumnya lokomotif ini semuanya berdinas di pulau jawa ... kemudian satu persatu mulai di mutasi ke sumatera selatan .. untuk angkutan batubara KPT dan SCT ... jumlah lokomotif CC 204 yang aktif di sumatera adalah 30 unit ... yaitu lokomotif CC 204 generasi ke 2 yang hidungnya miring ... dalam waktu dekat 7 unit CC 204 generasi pertama akan dimutasikan lagi ke kertapati , palembang dari pulau jawa .... lokomotif ini bertugas menarik kereta batubara dan kereta penumpang di sumatera selatan

CC 204 sedang parkir di dipo lokomotif stasiun kertapati palembang
3.CC201
CC 201 biasanya digunakan untuk menarik beberapa angkutan batubara KPT mendampingi lokomotif CC 204
Spoiler for sebelumnya ane minta maaf kalo :
REPOST
Quote:
sebelumnya ane akan memperkenalkan tentang angkutan kereta api barang di sumatera selatan dan lampung yang rata rata rangkaian keretanya panjang dan terdiri dari 30 - 60 gerbong
Quote:
1. Babaranjang BBR (batubara rangkaian panjang)
kereta pengangkut batubara yang satu ini merupakan kereta api batubara terpanjang di divre 3 sumatera selatan dan merupakan rangkaian kereta api terpanjang di indonesia dengan jumlah gerbong antara 40 hingga 60 gerbong dan ditarik oleh lokomotif CC 202 dan CC 205 buatan perusahaan EMD ... melayani pengangkutan batubara dari tambang PT Bukit Asam di tanjung enim, sumatera selatan hingga ke pelabuhan tarahan di lampung . kereta ini memiliki kode BBR dan memiliki jadwal keberangkatan di atas 30 kali dalam sehari ...
Quote:
btw makasih koreksinya gan
hehe

Quote:
Original Posted By deidaraankerz►koreksi :
menurut grafik perjalan KA 2014 (GAPEKA 2014) frekuensi KA BBR 34 perjalanan, menurun 4 KA daripada GAPEKA 2013. Namun 18 KA BBR memiliki rangkaian 60 gerbong dan sisanya max 47 gerbong. KA KPT dan SCT pada GAPEKA 2014 berjumlah 40 gerbong tiap rangkaian
menurut grafik perjalan KA 2014 (GAPEKA 2014) frekuensi KA BBR 34 perjalanan, menurun 4 KA daripada GAPEKA 2013. Namun 18 KA BBR memiliki rangkaian 60 gerbong dan sisanya max 47 gerbong. KA KPT dan SCT pada GAPEKA 2014 berjumlah 40 gerbong tiap rangkaian
Spoiler for babaranjang BBR:

BBR dengan 60 gerbong ditarik oleh lokomotif CC205

BBR dengan tarikan satu lokomotif CC202 yang sanggup menarik 40 gerbong
sumber foto : sumber
2. Babaranjang KPT (batubara rangkaian panjang KPT / kertapati )
kereta pengangkut batubara yang satu ini melayani pengangkutan batubara dari tambang batubara PT bukit asam di tanjung enim hingga ke dermaga batubara kertapati , kota palembang itulah sebabnya kode perjalanan keretanya diberi nama KPT ... dalam satu hari babaranjang KPT mempunyai jadwal perjalanan 18 kali ... dalam satu rangkaian memiliki antara 25 - 40 gerbong ke atas yang ditarik oleh lokomotif CC 201 dan CC 204 buatan general electric
Spoiler for babaranjang KPT:
3. Babaranjang SCT (batubara rangkaian panjang SCT / sukacinta )
kereta pengangkut batubara yang satu ini mereupakan kereta api PT.KAI yang disewa untuk mengangkut batubara milik perusahaan swasta PT BAU dan PT BMSS .... mengangkut batubara dari stockpile batubara di stasiun sukacinta , kabupaten lahat sumatera selatan hingga ke dermaga kertapati di area stasiun kertapati , kota palembang .... dalam satu hari relasi ini mempunyai jadwal keberangkatan hingga 12 kali dengan kode SCT ... satu rangkaian kereta SCT mempunyai 30 - 40 gerbong bahkan pernah hingga 60 gerbong ... menggunakan lokomotif CC 204
Spoiler for kereta SCT :


Spoiler for update gan profil lokomotifnya :
Quote:
tentang lokomotif yang digunakan buat dinasan kereta batubara
1.lokomotif CC 205
lokomotif ini merupakan lokomotif dengan tenaga terbesar di indonesia dan berat terberat di indonesia ... memiliki berat 108 ton dan memiliki teknologi yang paling modern diantara lokomotif lain di indonesia ....
lokomotif ini menggunakan tipe mesin diesel 2 tak buatan EMD 8-710G3A-T2 dan memiliki pengaturan emisi buang yang lebih ramah lingkungan ... semua proses pekerjaan yang dilakukan lokomotif ini diatur menggunakan sistem operasi dan mikroprosesor tipe EM2000 .. jumlah lokomotif ini sekarang ada 70 buah yang beroperasi
profil lokomotif CC 205
Dimensi
Lebar sepur (track gauge): 1.067 mm
Panjang body: 17.678 mm
Jarak antara alat perangkai: 18.942 mm
Lebar badan (body): 2.740 mm
Tinggi maksimum: 3.765 mm
Jarak gandar: 3.870 mm
Jarak antar pivot: 10.575 mm
Diameter roda penggerak: 1.067 mm
Diameter roda idle: -
Tinggi alat perangkai: 759 mm
Berat
Berat kosong: -
Berat siap: 108 ton
Berat adhesi: 108 ton
Motor Diesel
Tipe: 8-710G3A-T2, 8 silinder
Jenis: 2 langkah
Daya Mesin: 2.150 HP
Daya ke generator/converter: 2.000 HP
Motor Traksi/Converter
Jumlah motor traksi: 6
Tipe motor: A2916-8,arus bolak-balik
Gear ratio: 90:17
Tipe generator: TA12/CA9,arus bolak-balik
Kinerja
Kecepatan maksimum: 80 km/jam
Gaya tarik maksimum (adhesi): 758 kN (kilonewton)
Kecepatan minimum kontinu: 10,5 km/jam
Jari-jari lengkung terkecil: 80 m
Kapasitas
Bahan bakar: 3.800 liter
Minyak pelumas: 446 liter
Air pendingin: 908 liter
Pasir: 283 liter
Lain-lain
Sistem rem: Udara tekan 26L
Tipe kompresor: Gardner Denver WBO
[SPOILER=lokomotif CC 205]
Quote:
1.lokomotif CC 205
lokomotif ini merupakan lokomotif dengan tenaga terbesar di indonesia dan berat terberat di indonesia ... memiliki berat 108 ton dan memiliki teknologi yang paling modern diantara lokomotif lain di indonesia ....
lokomotif ini menggunakan tipe mesin diesel 2 tak buatan EMD 8-710G3A-T2 dan memiliki pengaturan emisi buang yang lebih ramah lingkungan ... semua proses pekerjaan yang dilakukan lokomotif ini diatur menggunakan sistem operasi dan mikroprosesor tipe EM2000 .. jumlah lokomotif ini sekarang ada 70 buah yang beroperasi
profil lokomotif CC 205
Dimensi
Lebar sepur (track gauge): 1.067 mm
Panjang body: 17.678 mm
Jarak antara alat perangkai: 18.942 mm
Lebar badan (body): 2.740 mm
Tinggi maksimum: 3.765 mm
Jarak gandar: 3.870 mm
Jarak antar pivot: 10.575 mm
Diameter roda penggerak: 1.067 mm
Diameter roda idle: -
Tinggi alat perangkai: 759 mm
Berat
Berat kosong: -
Berat siap: 108 ton
Berat adhesi: 108 ton
Motor Diesel
Tipe: 8-710G3A-T2, 8 silinder
Jenis: 2 langkah
Daya Mesin: 2.150 HP
Daya ke generator/converter: 2.000 HP
Motor Traksi/Converter
Jumlah motor traksi: 6
Tipe motor: A2916-8,arus bolak-balik
Gear ratio: 90:17
Tipe generator: TA12/CA9,arus bolak-balik
Kinerja
Kecepatan maksimum: 80 km/jam
Gaya tarik maksimum (adhesi): 758 kN (kilonewton)
Kecepatan minimum kontinu: 10,5 km/jam
Jari-jari lengkung terkecil: 80 m
Kapasitas
Bahan bakar: 3.800 liter
Minyak pelumas: 446 liter
Air pendingin: 908 liter
Pasir: 283 liter
Lain-lain
Sistem rem: Udara tekan 26L
Tipe kompresor: Gardner Denver WBO
[SPOILER=lokomotif CC 205]
Quote:
2. CC 202
lokomotif ini adalah pendahulu dari lokomotif CC 205 ... sama seperti saudaranya .. CC205 ... CC 202 adalah lokomotif terberat di indonesia dengan berat 108 ton ... jumlah lokomotif CC 202 yang aktif beroperasi adalah 47 unit
data teknisnya
Dimensi
Lebar sepur (track gauge): 1.067 mm
Panjang body: 17.678 mm
Jarak antara alat perangkai: 18.942 mm
Lebar badan (body): ?
Tinggi maksimum: 3.683 mm
Jarak gandar: 3.632 mm
Jarak antar pivot: 11.404 mm
Diameter roda penggerak: 1.016 mm
Diameter roda idle: -
Tinggi alat perangkai: 759 mm
Berat
Berat kosong: -
Berat siap: 108 ton
Berat adhesi: 108 ton
Motor diesel
Tipe: EMD 16-645 E, V16 Supercharger
Jenis: 2 langkah
Daya Mesin: 2.000 HP
Daya ke Generator/Converter: 2.000 HP
Motor traksi/converter
Jumlah motor traksi: 6
Tipe motor traksi: D-29, arus searah
Gear ratio: 63:14
Tipe generator: AR 6 QAD - D14, arus bolak-balik
Performa
Kecepatan maksimum: 80 km/jam
Gaya tarik maksimum (adhesi): 22.680 kgf
Kecepatan minimum kontinu: 14 km/jam
Jari-jari lengkung terkecil: 80 m
Kapasitas
Bahan bakar: 3.800 liter
Minyak pelumas: 920 liter
Air pendingin: 832 liter
Pasir: 340 lt
perbedaan secara fisik dengan lokomotif CC205 adalah di bagian hidung lokomotif ... lokomotif CC 205 lebih pesek ukuran hidungnya
Spoiler for CC 202 :

Quote:
3.lokomotif CC 204 ....
sebelumnya lokomotif ini semuanya berdinas di pulau jawa ... kemudian satu persatu mulai di mutasi ke sumatera selatan .. untuk angkutan batubara KPT dan SCT ... jumlah lokomotif CC 204 yang aktif di sumatera adalah 30 unit ... yaitu lokomotif CC 204 generasi ke 2 yang hidungnya miring ... dalam waktu dekat 7 unit CC 204 generasi pertama akan dimutasikan lagi ke kertapati , palembang dari pulau jawa .... lokomotif ini bertugas menarik kereta batubara dan kereta penumpang di sumatera selatan
Spoiler for CC204:

CC 204 sedang parkir di dipo lokomotif stasiun kertapati palembang
Quote:
3.CC201
CC 201 biasanya digunakan untuk menarik beberapa angkutan batubara KPT mendampingi lokomotif CC 204
Spoiler for CC201:

Spoiler for menerima:

Spoiler for TS ucapkan:
terima kasih atas kunjungan agan. maaf kalo thread ane masih berantakan hehehe
Diubah oleh FrankIERO99 09-06-2014 10:06
0
14.7K
Kutip
55
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan