tukangkomenasalAvatar border
TS
tukangkomenasal
Share Pengalaman Cara cepat LULUS KULIAH
Ane cuma mau share ttg tips ane kuliah gan,smoga tulisan ane nih bisa motivasiin agan2. sopasti ga emoticon-Repost soalnya ini pengalaman ane sendiri gan . jadi boleh dong minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan komennya gan emoticon-Smilie

yang males baca skip aja gan emoticon-Big Grin emoticon-Kiss



Sebuah Kisah Nyata yang dituangkan dalam sebuah tulisan untuk memotivasi dan memberi semangat

Artikel ini akan mengungkap trik dan tips:
Menjadi Ketua Organisasi
&
LULUS SARJANA (teknik) dalam waktu 3 Tahun dengan IPK Cumlaude (>3,51)

ANDA JUGA BISA

“Hai kawan, apa kabar? Ini adalah artikel berupa sharing pengalaman yang sudah di rencakan untuk menulisnya beberapa tahun yang lalu ketika saat masuk ke perguruan tinggi pada tahun 2008, tapi baru hari ini bisa menulisnya. Semoga artikel ini bisa memecahkan semua mitos dan pikiran negatif ketika anda memasuki dunia perkuliahan. Karena ketidaksenangan dengan mitos mitos yang menghambat untuk berkembang kawan dan telah terbukti bahwa mitos negatif yang terdengar di bangku perkuliahan itu tidak benar. Harapannya artikel ini bisa membuat anda untuk selesai kuliah dengan super cepat dengan IPK yang luar biasa plus soft skill yang wonderfull. Mau tahu kuncinya? Baca sampai habis, jangan lewatkan satu katapun karena saya kuatir satu kata bisa membuat anda salah jalan dan salah memahami”.
Artikel ini di tulis berdasarkan pengalaman penulis dan ini adalah suatu prestasi sang penulis yang telah diinginkan sejak 6 tahun yang lalu ketika penulis berada di bangku SMA kelas 1 dimana bermimpi untuk kuliah dengan waktu 3 tahun. Tidak ada yang mustahil, yang terpenting bermimpilah, jagalah mimpi itu, berusahalah dan berdoalah dan Lihat apa yang terjadi.


Semuanya Berawal dari Mimpi

Mimpi adalah sesuatu yang sangat penting kawan. Mimpi yang dapat mengantar meraih sesuatu yang lebih dalam hidup ini. Ibarat sebuah kompas yang memberi petunjuk ke mana akan mengarah, bahkan mimpi yang selalu memberi semangat yang luar biasa. Ketika gagal, selalu mengingat mimpi dan semangat akan kembali seperti semula. Tidak pernah berpikir menyerah untuk bermimpi karena ketika berhenti bermimpi, itu berarti bahwa berhenti untuk berusaha. Berhenti berusaha berarti menyerah dalam hidup, dan itu tidak ada dalam kamusku kawan.

Jangan takut untuk bermimpi karena kita akan lebih berani bertindak ketika memiliki mimpi. Ups... mimpi mempunyai arti yang sangat luas, tapi ini bukan sekadar hanya bermimpi kawan tapi bagaimana mewujudkan mimpi itu. Bukan seperti mimpi di malam hari kawan tapi ini adalah mimpi dimana membuat susah untuk tidur karena berpikir bagaimana mewujudkannya. Tidak ada salahnya untuk bermimpi tinggi karena akan memacu semangat untuk berusaha yang tinggi pula. Dan memungkinkan bahwa walaupun mimpi itu tidak terwujud setidaknya usaha yang keras memberikan hasil yang besar juga.

Sewaktu kita kecil, terkadang kita punya banyak mimpi. Ingin memiliki ini itu dan lain-lain bahkan bermimpi untuk menjadi ini dan itu, dan tidak ada salahnya. Waktu itu kita hanya berpikir polos tanpa memikirkan hal lain misalnya usaha untuk mewujudkannya. Tapi ketika kita bertumbuh dewasa hanya segelintir kecil orang saja yang bisa tetap menjaga mimpi itu. Terkadang kita mengubah mimpi itu, mengubah dan terus mengubah sampai mimpi itu menjadi mimpi paling kecil dan sederhana. Mengapa? Karena tentunya kita merasa dan sadar bahwa hal itu sulit untuk terwujud. Apakah ini salah? Ini normal tapi jangan biarkan ini terjadi dalam hidup. Tidak ada yang mudah dalam hidup ini artinya tetap jaga mimpi itu walaupun susah untuk terwujud. Karena yang paling susah adalah menjaga mimpi itu.

Apakah anda sudah memiliki mimpi itu? Kalau belum buat segera kawan, buat apa yang ingin anda capai dalam hidup. Hidup hanya sekali artinya setiap waktu anda sangat penting. Disini kita harus sadar bahwa kita menggunakan waktu yang sangat penting yang hanya kita peroleh sekali dalam hidup ini artinya buatlah mimpi yang penting, mimpi yang sangat besar kawan. Karena anda menggunakan waktu berharga anda yang tidak akan pernah anda dapat lagi jadi itu sepadan ketika anda menginginkan mimpi yang besar.

Jangan takut untuk gagal dalam mewujudkan impian kawan. Yang terpenting berfokuslah lah terlebih dahulu ke mimpi itu , berjuang dan teruslah berjuang, dan lihat hasilnya. Setidaknya akan mendapat pengalaman yang luarbiasa, walaupun gagal dalam mewujudkan impian tersebut. Ketika kita berpikir bahwa Impian itu bisa tercapai, maka kita sudah memastikan bahwa itu benar-benar akan terwujud. Jadi kita adalah apa yang kita pikirkan. Ketika kita berpikir tidak bisa maka kita akan benar-benar tidak bisa, tetapi ketika kita berpikir bisa maka kita akan bisa.


Memasuki Dunia Perkuliahan


Dunia perkuliahan adalah dunia yang fantastic, dimana di sini kita di tuntut untuk menjadi dewasa. Tidak seperti lagi ketika di bangku sekolah SMA di mana kita mempunyai waktu rutinitas yang hampir sama tiap hari yaitu masuk pagi jam 08.00 dan pulang jam 02.00 dengan berpakaian yang telah di tentukan sekolah. Semuanya telah di atur dan kita tinggal menjalaninya, ya lumayan mudah tapi membosankan. Dan ketika kita melanggar, maka kita akan mendapat sanksi dari sekolah. Dan terkadang kita akan menjumpai orang yang sering bolos atau absen tapi ujung-ujungnya mereka bisa ikut semester dan bisa naik kelas, ya sama aja dengan yang rajin masuk..hehehe.. Biasanya didunia sekolah yang terpenting asal bisa naik kelas dan lulus UAN... diluar itu jangan takut... Berbeda dengan perkuliahan dimana ketika kita tidak masuk kuliah tidak ada yang akan memarahi kita, tetapi resikonya akan gagal di mata kuliah tersebut dan akan mengulang periode berikutnya atau tahun depan. Gagal dimata kuliah juga gak terlalu berpengaruh ke diri atau malu dibandingkan ketika tidak naik kelas di sekolah yang bisa membuat kita terkenal satu sekolah. Ya bisa dibilang hidup santai. Ingin berpakaian warna apapun ke kampus ya bebas, terserah masing-masing pribadi, ada yang gaya rocker, gaya cowboy, pokoknya macam-macamlah toh gak ada aturan yang membatasi. Itulah dunia perkuliahan dimana semuanya butuh kedewasaan, apakah anda punya prinsip atau gak. itu tergantung anda, ataukah apakah anda adalah orang yang suka ikut-ikutan atau tampil berbeda semuanya tergantung anda. Karena kesuksesan anda tidak tergantung orang lain tapi anda sendiri yang menentukannya.

Menjadi mahasiswa serasa keren, udah bisa atur diri sendiri, bebas dan lain-lain. Padahal di balik kebebasan itu ada tuntutan tanggung jawab yang besar dan itulah yang kurasa kawan ketika menjadi mahasiswa. takut tidak bisa mengontrol semuanya tapi ya syukurlah semuanya terkendali sampai lulus kuliah. Karena sebelumnya anda harus ingat bahwa anda kuliah pastinya orang tua punya harapan yang sangat besar bahwa anda akan bisa lulus suatu kelak. Apakah ini uda ada dalam pikiran anda?? Sadarkah anda berapa biaya yang anda habiskan untuk menyelesaikan kuliah? Sadarkah anda betapa kerasnya orang tua mencari biaya demi menyokong kuliah anda? Bisa di bayangkan ketika semua jerih payah dan biaya telah dikeluarkan dan dihabiskan tapi anda gagal untuk menyelesaikan kuliah. Anda bisa membayangkan betapa kecewa dan sakitnya orang tua anda tapi mungkin mereka tidak ingin mengatakannya tapi didalam hati itu akan terasa sangat sakit sekali. Sudahkah anda sadar akan itu? Kalau anda sudah sadar berarti itulah titik awal yang akan membuat anda sukses di perkuliahan. Karena untuk sukses butuh pengorbanan. Pengorbanan untuk mengeluarkan biaya, pengorbanan untuk mengurangi waktu tidur, pengorbanan untuk mengurangi waktu bermain dan senang-senang, pengorbanan untuk keluar dari zona aman, dan lain-lain.

Didunia perkuliahan anda akan melihat banyak karakter yang aneh, anda akan melihat orang-orang yang serasa seperti singa yang terlepas dari penjara dimana dulunya di sekolah mereka dikekang dan ketika kuliah mereka akan bebas luarbiasa namun anda juga akan melihat orang yang sangat dewasa yang bisa mengatur segala, pokoknya banyak karakter yang bisa didapati disini. Mulai dari orang yang tidak pernah hadir di kelas sampai orang yang tidak pernah bolos. Hehehe.....

Jadilah orang berkarakter, bukan ikut-ikutan. Mungkin orang akan mengatakan bahwa anda egois atau anda aneh tapi jangan pikirkan itu karena kita tidak bisa membuat semua orang senang kepada kita. Fokuslah ke impian anda. Karena ketika anda gagal pasti orang-orang terdekat anda akan sedih tapi pesaing anda mungkin akan senang dan ketawa tetapi ketika anda sukses mungkin pesaing anda akan tidak senang melihat anda. Artinya anda sukses atau tidak, itu tidak akan bisa membuat semua orang akan senang sama anda. Karena itulah hidup jadi berfokuslah ke impian anda.


Memilih Perguruan Tinggi

Sebelum memilih perguruan tinggi pertama-tama anda harus mengetahui apa impian dalam hidup anda. Ingin jadi apa anda suatu kelak, dari situlah akan diketahui jurusan apa yang bisa mendukung untuk mewujudkan impianmu.

Setelah mengetahui jurusan yang akan dituju, maka dari situ carilah perguruan tinggi dimana jurusan yang anda inginkan yang menjadi favorit di perguruan tinggi tersebut. Artinya anda akan mendapat kualitas dan nama yang bagus ketika lulus nanti ya minimal dapat kebanggaan bahwa anda berasal dari perguruan tinggi yang terkenal...Hehehe... Tapi perguruan tinggi yang terkenal tidak akan menjamin anda akan mudah mendapat pekerjaan, itu semua kembali ke diri anda, walaupun perguruan tinggi anda biasa-biasa aja tapi anda serius dan belajar giat sehingga memiliki kemampuan dan prestasi, saya kira itu akan memudahkan anda untuk bisa bersaing dengan orang-orang lulusan perguruan tinggi terkenal. Tapi masalah pekerjaan bukan hanya sekedar masalah anda lulusan apa atau apa kualitas anda tapi juga dipengaruhi faktor keberuntungan. Keberuntungan adalah dimana ketika kesiapan bertemu dengan kesempatan, Jadi ada kesempatan dan anda punya persiapan yang mantap maka itu namanya beruntung. Walaupun pintar bangat tapi gak ada kesempatan ya mana bisa... Hehehe

Oleh sebab itu walaupun anda masuk ke perguruan tinggi biasa-biasa aja jangan terlalu minder, tetaplah melangkah dengan percaya diri bahwa anda bisa bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi terkenal. Semuanya kembali ke diri masing-masing, sebagus apapun pun perguruan tinggi dimana anda kuliah tapi ketika malas malasan ya sama aja dengan bullshit.

Mitos-Mitos yang Beredar

Sebelum dan setelah memasuki dunia perkuliahan terkadang kita akan mendengar mitos – mitos yang postif dan negatif yang bisa mempengaruhi semangat kita untuk menghadapi perkuliahan. Ini biasanya seperti kabar burung yang gak tahu asal muasalnya dari mana. Tapi saya akan menjelaskan bahwa mitos-mitos ini tidak benar :


Kuliah susah untuk cepat lulus apalagi di jurusan TEKNIK
Susah untuk dapat IPK tinggi
Organisasi dan kuliah susah untuk berjalan bersamaan.
Butuh otak cerdas untuk bisa lulus cepat dan IPK tinggi
Dosen-dosennya killer jadi susah untuk lulus


Inilah mitos-mitos kawan yang seringkali terdengar dan pastinya mengurangi semangat para mahasiswa untuk bertindak jauh dan berprestasi lebih tinggi.


Hari Pertama Kuliah

Hari pertama kuliah biasanya hari yang berkesan. Bertemu dengan teman-teman yang baru, dengan tempat belajar yang baru, kondisi yang baru, semuanya serba barulah... dan pastinya harapan baru. Di hari pertama anda akan diperkenalkan banyak hal mulai dari dosen-dosen yang akan mengajar anda, aktifitas-aktifitas jurusan anda, komunitas dan himpunan, dan lain-lain.


Disinilah anda harus tahu benar berapa jumlah SKS (ini adalah semacam satuan kredit di dalam perkuliahan) yang harus diselesaikan sampai anda lulus kuliah. Cobalah minta daftar mata kuliah beserta jumlah satuan SKS nya serta daftar dosen-dosen yang mengajar mata kuliah tersebut. Dari situ maka anda akan mengetahui mata kuliah apa aja yang akan anda peroleh selama kuliah misalnya semester 1 mata kuliah apa aja yang akn anda peroleh. Dari situlah maka anda bisa menyusun siasat dan strategi,,, cieeh... kata2nya terlalu tinggi..hehehe. Lembaran itulah yang menjadi peta anda, jangan sampai hilang... Nanti nyasar kalau hilang, nyasarnya bisa sampai DO atau pun kuliah jadi lama... hehehe. Jadi usahakan jangan nyasar dengan menyimpan baik-baik petanya.

Strategi

Belajar keras tidak menjamin untuk bisa cepat selesai kuliah. Jadi perlu strategi yang jitu. Disini kita tidak mengandalkan kemampuan untuk belajar 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 12 bulan setahun hehehe... Tapi kita menggunakan strategi dimana sedikit belajar tapi hasil maksimal... Wow mantappp......



Strategi mensiasati SKS

Dalam perkuliahan biasanya diwajibkan untuk mengambil sekitar 144 SKS untuk bisa menyelesaikan program Sarjana S1 dengan waktu tempuh normal 8 semester atau 4 tahun. Tiap perguruan tinggi biasanya berbeda tapi bedanya biasanya 1-2 SKS doang... Tapi jangan kuatir karena saya akan memberikan contoh untuk menyelesaikan 147 SKS dalam waktu sesingkat-singkatnya. Disini anda coba keluarkan peta yang disimpan tadi, maksud saya lembar yang berisi mata kuliah yang anda akan peroleh selama kuliah....hehehe
Contoh pembagian SKS per tiap semester dengan jumlah total 147 SKS



tulah kurang lebih pembagian SKS per tiap semester. Namun di beberapa kampus biasa terdapat semester pendek dimana anda bisa mengambil mata kuliah yang lain atau mengulang suatu mata kuliah sehingga anda bisa cepat selesai kuliah. Saya sarankan gunakan semester pendek ini dengan baik. Oleh sebab ketika anda memilih suatu perguruan tinggi anda harus memastikan bahwa di perguruan tinggi tersebut terdapat semester pendek dan sistem semester pendeknya gimana karena itulah kuncinya kawan untuk lulus cepat.


Masuk Semester 1 dan 2 (Tahun pertama)

Okay, kita mulai sekarang pembahasannya, memasuki semester 1 dan semester 2, kita belum bisa berbuat banyak karena kita mendapat kewajiban untuk menyelesaikan 38 SKS yaitu 19 SKS di semester 1 dan 19 SKS di semester 2. Dimana di sini kita belum bisa untuk mengambil banyak SKS, jadi tidak ada jalan selain anda berusaha untuk lulus semua mata kuliah tersebut dengan nilai yang bagus agar di semester berikutnya anda mempunyai kesempatan untuk mengambil mata kuliah yang lebih banyak. Mau tidak mau anda harus berusaha dan berjuang bagaimana anda bisa mendapat IPK sekitar 3,5 supaya jalan ke depannya bisa lebih lancar. Tapi jangan takut, semester 1 dan semester 2 biasanya terdiri dari mata kuliah yang pelajarannya telah anda dapatkan dulu di SMA kawan. Jadi sangat besar peluang untuk bisa mendapatkan IPK 3,5 bahkan 4,0 hahahaha (ngotot bangat). Yang penting anda yakin dan percaya maka pasti bisa. pernah membaca sebuah kata mutiara yaitu “Percaya adalah yakin terhadap apa yang tidak kita lihat dan imbalan atas keyakinan itu adalah melihat apa yang kita percaya”, wow...luar biasa bukan. Jadi mulai sekarang anda harus percaya dan yakin anda bisa meraih impian anda.



Masuk Semester Pendek (Tahun pertama)

Semester pendek adalah semester yang diadakan sekali setahun yaitu setiap semester genap telah selesai dimana semester pendek ini mempunyai tujuan untuk memperbaiki nilai ataupun mempercepat kuliah. Disemester pendek ini biasanya kita mempunyai kesempatan untuk bisa memperoleh SKS maksimal 10 SKS, dan akan berlangsung kurang lebih 2 bulan kawan. Semester pendek ini bukanlah suatu kewajiban untuk mengikutinya, kebanyakan mahasiswa lebih memilih mengambil liburan selama 2 bulan ketimbang mengikuti semester pendek. Tapi di sini anda harus berbeda dengan orang lain, anda harus punya prinsip, hidup jangan ikut-ikutan. Kalau anda ingin mendapat hasil lebih, anda juga harus berbuat lebih dong artinya anda harus mengorbankan waktu senang-senang/liburan selama 2 bulan dan anda gunakan untuk mengambil semester pendek. Tidak ada hasil yang besar tanpa pengorbanan yang besar juga, jadi jika anda sudah komitmen lkanlah dan jangan ragu-ragu. Yakinlah bahwa ini yang membuat anda berbeda dengan yang lain. Usahakan mengambil sebanyak-banyaknya SKS di semester pendek ini, asumsikan 10 SKS dan usahakan anda bisa lulus semua artinya ketika semester pendek selesai anda telah menyelesaikan 48 SKS dimana 38 SKS telah anda selesaikan di semester 1 dan semester 2 dan 10 SKS di semester pendek. Ketika anda mengambil mata kuliah di semester pendek ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan :
Ambillah mata kuliah yang berada di semester ganjil karena jumlah total SKS di semester ganjil (total dari semester 1,3,5,7) lebih banyak dibandingkan jumlah total SKS di semester genap (total dari semester 2,4,6,8)

Anda bisa mengambil mata kuliah yang berada di semester 3 pada semester pendek tahun pertama ini sehingga jumlah SKS anda di semester 3 bisa menjadi berkurang.

Jika anda jurusan teknik ataupun jurusan yang terdapat hitung-hitungan saya menyarankan anda untuk mengambil mata kuliah hitungan dibandingkan mata kuliah hafalan karena biasanya mata kuliah hitungan lebih susah dan jika anda mengambilnya di semester pendek dan anda lulus itu berarti anda akan mengurangi beban anda di semester 3. Karena anda harus ingat bahwa target di semester 3 adalah mengambil 24 SKS dan itu terlalu berat ketika banyak mata kuliah hitungan di semester tersebut makanya dengan taktik ini maka akan mengurangi sedikit beban anda di semester 3. Jadi total SKS yang telah selesai adalah 38 SKS, dengan rincian sebagai berikut :



Masuk semester 3 (Tahun kedua)

Di semester 3 beban SKS normal anda adalah 20 SKS tetapi karena 10 SKS telah anda selesaikan di semester pendek dengan nilai yang memuaskan (ciehhh) maka beban SKS anda menjadi 10 SKS. Disini target anda adalah mengambil 24 SKS artinya anda harus menambah 14 SKS. Tambahan 14 SKS ini bisa anda ambil dari semester ganjil lain yaitu dari semester 5 ataupun semester 7. Terkadang disemester 7 terdapat mata kuliah yang tidak mensyaratkan mengambil mata kuliah lain terlebih dahulu untuk mengambil mata kuliah tersebut artinya anda bisa mengambil mata kuliah semester 7 tersebut di semester 3 dan biasanya mata kuliah tersebut berupa mata kuliah hafalan, tapi ini tidak selalu hafalan biasa juga mata kuliah hitungan. Anggap aja tambahan mata kuliah sebesar 14 SKS ini anda ambil 10 SKS dari mata kuliah semester 5 dan 4 SKS dari mata kuliah semester 7.



*Update ya gan sekalian nunggu istirahat dulu, pegel ngetiknya emoticon-Mewek
0
42.1K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan