- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Kereta Buatan Indonesia


TS
supir.ids
Kereta Buatan Indonesia
Spoiler for Buka:

Disini ane bakal ngasih sedikit jenis kereta buatan Indonesia.
1.Lokomotif
Spoiler for CC300:
Lokomotif CC300 merupakan salah satu seri lokomotif yang berada di Indonesia. Lokomotif ini dibuat oleh PT INKA desain dan integrasi sistemnya murni hasil pemikiran engineer Indonesia.
Lokomotif CC300 saat menjalani test run
Lokomotif ini mempunyai panjang 19 m, lebar 2,642 m dan berat sekitar 90 ton. Kecepatan maksimalnya adalah 120 km/jam, power outputnya adalah 2500 HP dan memiliki traction effort sebesar 270 kN untuk starting. Mesinnya memakai mesin diesel Caterpillar dengan transmisi hidrolik Voith Turbo Transmission L620reU2. Sistem pengereman memakai produk Wabtec, master controller memakai produk Woojin dari Korea Selatan, juga dilengkapi dengan genset CAT C18 dari Caterpilar sehingga tidak memerlukan kereta pembangkit jika menarik rangkaian kereta penumpang.
Saat ini sudah ada 7 lokomotif CC300 (CC300 12 01, CC300 12 02, CC300 12 03, CC300 13 01, CC300 13 02, CC300 14 01, CC300 14 02) yang dibuat oleh PT INKA dan sedang menjalani test run di pabrik INKA. Direncanakan lokomotif ini akan ditempatkan di beberapa dipo lokomotif yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Lokomotif CC300 saat menjalani test run
Lokomotif ini mempunyai panjang 19 m, lebar 2,642 m dan berat sekitar 90 ton. Kecepatan maksimalnya adalah 120 km/jam, power outputnya adalah 2500 HP dan memiliki traction effort sebesar 270 kN untuk starting. Mesinnya memakai mesin diesel Caterpillar dengan transmisi hidrolik Voith Turbo Transmission L620reU2. Sistem pengereman memakai produk Wabtec, master controller memakai produk Woojin dari Korea Selatan, juga dilengkapi dengan genset CAT C18 dari Caterpilar sehingga tidak memerlukan kereta pembangkit jika menarik rangkaian kereta penumpang.
Saat ini sudah ada 7 lokomotif CC300 (CC300 12 01, CC300 12 02, CC300 12 03, CC300 13 01, CC300 13 02, CC300 14 01, CC300 14 02) yang dibuat oleh PT INKA dan sedang menjalani test run di pabrik INKA. Direncanakan lokomotif ini akan ditempatkan di beberapa dipo lokomotif yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Spoiler for pics:

2.KRL
Spoiler for KFW i9000:
KRL i9000 adalah KRL AC kedua dan KRL kelima yang dirakit oleh PT. INKA Madiun yang bekerjasama dengan Bombardier AG dan didanai oleh Kreditanstalt für Wiederaufbau, sebuah bank pemerintah yang berkantor di Frankfurt, Jerman . KRL ini mulai dirakit tahun 2010 dan telah diresmikan bersama kereta api Gajah Wong pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2011. KRL ini dibuat sebanyak 10 set, per setnya memiliki 4 kereta dengan kodifikasi baru (K3 1 11 xx). Keunggulan dari KRL yang di banderol seharga Rp.48 M per transet ( 1 transet terdiri dari 4 gerbong ) adalah tahan terhadap tegangan listrik yang naik turun,hal itu biasa terjadi saat jarak kereta di jam sibuk terlalu dekat pada pagi dan sore hari, daya tahan itu tidak di temui di krl ex jepang karna pada saat listrik naik turun di jam-jam sibuk itu lah yang menyebabkan AC dalam kereta sering tak berfungsi dengan baik. Seperti yang udah sering di sebutkan oleh banyak media krl ini di rakit sebanyak 10 set atau 40 gerbong krl,untuk setiap rangkaian krl ini terdiri dari 8 kabin penumpang dan 4 kabin masinis.Dua kabin masinis terletak di ujung-ujung rangkaian,sedangkan 2 kabin masinis lainnya ada di kabin penumpang bagian tengah yaitu nomor 4 dan 5 . Disain ini berbeda dengan krl jepang yang hanya mempunyai 2 kabin masinis di ujung-ujungnya. Design Eksteriornya tidak beda jauh dengan KRL Produksi PT. INKA sebelumnya, KRL-I Prajayana. Cuma bagian muka KRL saja yang terlihat berbeda. Perbedaan yang mencolok adalah banyaknya lampu pada KRL KfW ini. Jika dihitung ada 12 buah lampu baik lampu semboyan atau Headlight yang menempel di muka KRL ini. Namun perbedaan mencolok dapat dilihat di Interior rangkaian. Berbagai macam Inovasi telah dilakukan INKA dalam menggarap Interior KRL ini. Bangku yang pada KRL-I menggunakan bahan fiber telah diubah menjadi berbahan sofa demi kenyamanan penumpang. Penumpang yang berdiri pun dimudahkan dengan adanya Hand Grip berlogokan INKA. Untuk mengetahui info lokasi, diatas pintu telah disisipkan Layar Monitor yang dilengkapi GPS sehingga penumpang dapat mengetahui informasi mengenai lokasi kereta berada. Sebagai bentuk pengamanan, KRL ini dilengkapi suara penanda apabila pintu akan dibuka atau ditutup. Ada pula tombol darurat di dekat pintu penumpang, yang kaca pengamannya bisa dipecahkan saat kondisi darurat. Ada pula tabung pemadam kebakaran di setiap kabin penumpang.
Spoiler for pics:

3.KRD
Spoiler for KRD Prameks:
Sejarah
Cikal bakal kereta komuter yang melayani rute Yogya-Solo telah beroperasi sejak tahun 1960-an hingga akhir 1970-an. Kereta tersebut bernama "Kuda Putih" (karena ada logo bergambar kuda di bagian atas jendela masinisnya) dan merupakan KRD pertama di Indonesia. Setelah Kuda Putih tidak aktif (dihentikan pada tahun 1980-an), tidak ada lagi kereta api komuter yang menghubungkan kedua kota itu.
KA Prameks Solo–Yogyakarta pergi pulang (PP) kali pertama diluncurkan tanggal 20 Mei 1994, dengan hanya menggunakan empat rangkaian kereta kelas bisnis yang ditarik oleh lokomotif diesel dengan tarif 2000 rupiah. Rangkaian ini memakai kereta milik KA Senja Utama Solo yang beroperasi hanya pada malam hari. Awalnya KA itu berjalan hanya dua kali sehari pergi-pulang. Dalam kurun pengoperasiannya, KA Prameks telah mengalami beberapa kali perubahan jadwal pemberangkatan maupun sarana yang dipergunakan. Bahkan untuk periode yang singkat, ke dalam rangkaian ini pernah pula ditambahkan satu gerbong KA eksekutif dengan tarif 5000 rupiah.
Setelah pola keberangkatannya diubah sesuai dengan keinginan pelanggan menjadi lima kali PP sehari, maka pada masa angkutan Lebaran 1998, manajemen PT KA (Persero) mengganti rangkaian kereta yang ditarik oleh lokomotif menjadi tiga set rangkaian KRD (kereta rel diesel).
Namun karena rangkaian KRD ini dianggap uzur (buatan tahun 1980-an), KA Prameks sering mengalami kerusakan yang mengakibatkan keterlambatan. Akhirnya Ditjen KA Dephub bersama manajemen PT KA menambah satu set armada Prameks berupa KRDE prototipe pertama dari PT Inka Madiun pada 1 Maret 2006. Rangkaian ini adalah yang pertama kali dioperasikan di Indonesia. KRDE ini merupakan modifikasi dari KRL buatan BN/Holec ("Belgien-Nederland-Holland Electric", perusahaan KA Belanda-Belgia), Belgia, yang dimodifikasi oleh PT INKA dengan mengganti sumber daya menggunakan satu mesin diesel.Lima unit kereta Prameks per rangkaian KRDE tersebut terdiri atas satu unit kereta mesin (engine, KDE) diesel, satu unit kereta ko-trailer, dua unit kabin trailer dan satu unit trailer ditambah kabin masinis. KRDE ini diberi kode KDE-3, yang berarti KRDE kelas ekonomi.
Sejak 13 Maret 2006, ditambahlah dua perjalanan KA Prameks ini menjadi tujuh kali PP. Seiring dengan dioperasikannya jalur rel ganda Yogyakarta-Kutoarjo pada 29 September 2007 dan sekaligus untuk memenuhi permintaan masyarakat Kulonprogo dan Purworejo, PT KA Daop VI Yogyakarta sejak 15 Oktober 2007 mulai melakukan uji coba perjalanan KA Prameks Yogyakarta-Kutoarjo-Solo Balapan PP dengan pola operasi dua kali perjalanan sehari.
Dengan bertambahnya dua set KRDE yang diluncurkan oleh Menhub di Setasiun Solo Balapan, 16 Februari 2008, pola operasi KA Prameks Solo-Yogyakarta mengalami peningkatan dari tujuh kali menjadi sepuluh kali PP, sedangkan Solo - Yogyakarta - Kutoarjo menjadi empat kali PP. Kereta api ini juga sekarang berhenti di Stasiun Maguwo (Bandara Adisucipto), sebagai bagian dari sistem terpadu transportasi Yogyakarta yang menghubungkan sarana transportasi umum darat (bus TransJogja dan taksi), kereta api, dan pesawat terbang.
Saat ini Prameks dibantu KA Madiun Jaya Ekspress, KA Madiun Jaya AC, serta KA Sriwedari dalam operasi koridor Solo-Jogja.
Spoiler for pics:

Cukup sekian dulu gan
Kalo threadnya berantakan mohon maaf ane masih newbie
Spoiler for sumber:
http://id.wikipedia.org/
Ane sangat mengharapkan


dan jangan di


Mohon maaf kalo


Diubah oleh supir.ids 14-05-2014 07:27
0
4.9K
Kutip
51
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan