- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Fenomena lalu lintas JABODETABEK


TS
User telah dihapus
Fenomena lalu lintas JABODETABEK
Selamat pagi agan semua. Di pagi awal minggu dan akhir bulan ini, ane mau menyampaikan uneg-uneg ane mengenai per-lalu-lintas-an JABODETABEK dsk (baca aja: dan sekitarnya). Nggak Cuma di daerah JABODETABEK aja sih sebenernya, di derah lain juga banyak terjadi, tapi berhubung ane domisili di bekasi saat ini, dan sering muter2 dari Bogor sampe Pantai Marina, maka yang ane bahas yang sering ane temui aja fenomena-fenomena ajaib di JABODETABEK yang terjadi di jalan berkaitan dengan lalu lintas.
Latar belakang :
Ane suka touring muter-muter Jakarta, kadang siang kadang malem. Selama perjalanan banyak fenomena-fenomena lalu lintas yang ane temui sepanjang jalan yang nggak sreg sama hati ane. Cie…
Berikut nominasinya
Nominasi :
1. Macet
Hal biasa yang tentunya terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Bahkan bisa dibilang tiap hari kita menghadapai kejamnya macet ibukota. Nggak cuma di jalan-jalan besar atawa jalan utama, bahkan di jalan alternatif pun yang katanya alternatif=lebih cepet lebih sedikit hambatan, kita masih nemuin yang namanya macet. Macet sering banget terjadi di sekitar pertigaan / perempatan. *Kalo perduaan biasanya lancer, gan
. Solusi untuk mengurangi macet? Menurut ane taat peraturan lalu lintas pun belum bisa ngurangin macet. Pengurangan jumlah kendaraan? Belum tentu bisa mengurangi macet (exp : tau kan kaya gimana lebarnya jalur pantura? Kalo yang lewat truk container dkk jalan selebar itupun tentu bisa macet). Jadi walaupun jumlah kendaraan dikurangi, hasilnya akan sama saja apabila ukuran kendaraan naik.
Panjang x lebar 1 kontainer(k) = 3 sedan(s).
Pengurangan 3 sedan menjadi 1 container = 3(s)-1(k) = 3(1)-1(3) = 3-3 = 0.
Hasilnya 0, tidak ada perubahan sama sekali. Semakin positif hasilnya, dapat dikatakan volume macet bisa berkurang, tapi ini tidak berlaku mutlak tentunya dan belum tentu bisa diterapkan.
Pelebaran jalan? Sama halnya dengan di atas. Faktor ukuran kendaraan & jumlah kendaraan juga berpengaruh - faktor x juga mempengaruhi perubahan nilai volume macet. Jadi solusinya?
*Ini masih menjadi sebuah misteri… *Yang bisa bantu comment ya, gan..
2. Zebra Cross buat siapa?
Ini yang sering jadi pertanyaan TS ketika berhenti di persimpangan. Zebra cross sering banget dipake buat berhenti mobil & motor. Ane sering lihat di sebelah lampu merah itu kan ada peringatan buat berhenti di belakang garis marka ya? Tapi para pengendara tu tetep aja ada yang berhenti nglewatin garis marka. Apa mereka nggak lihat ada peringatannya, dan seandainya nggak ada banner peringatannya, apa para pengendara juga nggak tau tentang peraturannya? TS pernah waktu itu di klakson sama motor belakang TS, waktu itu TS berhenti di belakang garis marka, kebetulan TS agak di ke tengah, jadi kanan-kiri ada pengendara juga. Cuma bedanya TS berhenti di belakang garis marka, sementara pengendara sebelah TS berhentinya agak majuan (tepat di zebra cross). Kan otomatis jadi kaya ada ruang kosong di depan TS. Nah, mungkin gara-gara liat ruang kosong itu ya pengendara yang di belakang TS jadi ribut bunyiin klakson mulu. Sayangnya, di nggak bisa nyerobot kanan/kiri TS. Ya udah TS nikmati aja tu suara klakson di belakang sambil bikin pengendara yang di belakang ngasap
. TS pikir “Bodo Amat, situ pindah ke depan juga tetap aja berhenti kok”
. Akhirnya setelah lampu ijo & jalan beberapa meter tu pengendara melaju di samping kanan ane, kaya dia ngomong sesuatu + maki-maki (ane nggak tau & nggak denger, soalnya dianya pake masker & ane nggak merhatiin baik2), tapi mungkin karena dia di kanan, sementara ane mau belok kiri udah & nyalain lampu sein kiri, ane belok kiri tu sementara dia masih teriak2 nggak jelas ke ane, kagak ngarti dah..
.
Dari situ TS cuma bisa nyimpulin “Mungkin tu pengendara SIM-nya nembak, atau amnesia sampe lupa peraturan-peraturan yang dipelajari & diujikan waktu ujian bikin SIM” Positif thinking aja, bro
3. Yang udah ijo aja nyaris ketrabak, apalagi masih merah.
Kebiasaan yang paling sering ditemui ketika nunggu di trafiic light dan dapet paling depan. Kesel nggak sih gan, kalo lagi enak-enak nunggu dengan sabar & dapet paling depan tiba-tiba dari belakang di klakson-klakson buat sepet jalan sementara traffic light masih merah? Biasanya para pengendara bakal tancap gas begitu lihat traffic light merah menunjukkan angka 3 atau 2. Dipikirnya segitu udah aman? Mungkin. Kenapa? Iya kalo yang dari arah lain taat peraturan & langsung pasang rem buat berhenti. Kalo misal dari arah lain ada pengendara yang coba ngejar lampu ijo supaya dia nggak perlu berhenti gara-gara lampu udah kuning, bukannya injek rem tapi malah tancap gas pol? Tabrakan kan pastinya? Bikin tambah macet lagi.
Mending tunggu sampe bener-bener ijo dulu, gan. Ibaratnya di Kaskus : Apa susahnya sih nunggu dapet cendol? Kalo bata aja diterobos, ya benjut kepala ente, gan
Kalo denger ada yang klakson dari belakang gara-gara masalah ntu, ane jadi pengen banget bawa banner terus dibentangkan kalo ada yang klakson kaya gitu, nyang kaya gini tulisannya:
“YANG UDAH IJO BARU LEWAT AJA HAMPIR KETABRAK, APALAGI YANG MERAH?”
4. In here, yellow mean : Speed up bro, not slow down
Ngaku hayo siapa yang sering kaya gitu? Pasti ini salah satu tersangka dari nominasi case diatas
. Lampu kuning artinya apa, gan? Kalo yg jawab tancap gas, mending balik ke kantor polisi, balikin SIM, ulangin lagi SDnya sampe bener-bener lulus deh. Kuning kan hati-hati, kalo dari kecepatan tinggi ya direm dong, gan. Kebanyakan dari kita pernah ngelakuin ini, sering mungkin. Tapi coba dipikir ulang gan, case ini berkaitan dengan case nomor 3. Agan tentu tau gimana rentetan peristiwanya secara logika. Kalo misal ketangkep & ketilang terus dengan alesan buru-buru/ udah terlambat kerja/ ada yang di rumah sakit/ keadaan genting, jangan nyesel kalo tu polisi jawab :
- Situ telat berangkat kerja? Kenapa nggak siap2 dari tadi? Ketiduran? Kalo nggak penting makanya bobonya jangan malem-malem. Masih ngantuk pake ngebut juga
- Ada yang di rumah sakit/ keadaan genting? Mas/mbak, coba nglamar jadi supir ambulan di RS terdekat atau baca ini deh
http://www.hukumonline.com/klinik/de...eadaan-darurat
Nah, ngerti kan, gan? Apa susahnya buat menunggu dibandingkan dengan meresikokan nyawa kita? Pilih mana?
*Jomblo aja bisa nunggu, masa’ kamu nggak?*
5. Kecil-kecil motornya bagus
Satu lagi yang cukup bikin miris, anak-anak dibawah umur pada bawa motor kebut-kebutan di jalan. Ya kalo situ punya aji-aji *Rawarontek* mah, sok mangga atuh kebut-kebutan di jalan. Banyak banget kan gan kita liat anak smp bahkan SD yang udah pada bawa motor. Kadang ugal-ugalan/kebut-kebutan sesuka hati nggak liat jalanan kanan kiri. Mana tak pakai helm pula?
GIliran ditilang mewek nggak ada duit buat sogok. Ironi sekali bukan?
Agan-agan yang punya adek/anak yang masih SD/SMP ane saranin mending dilarang dulu buat belajar bawa motor. Menggunakan kendaraan bermotor itu memang hak, tapi ada juga kan kewajiban yang harus dipenuhi sebelum mendapat hak tersebut? (exp : SIM).
6. Apaan tu yang keluar dari gang?
Wussss… tanpa nengok kanan kiri. Yang keluar dari gang dan suka kebut-kebutan biasanya gitu. Sebelum keluar dari gang nggak pake berhenti, langsung tancap gas aja bro.. Toh yang hampir nabrak pasti menghindar. Menghindar ndiyyassssmuuu!! Yang ada pengendara lain tu shock tentunya, hilang kendali, kemungkinan bakal jatuh/nabrak. Pengalaman temen TS yang sekarang udah almarhum
, dia meninggal juga gara-gara case seperti ini. Dia kaget waktu ada orang bawa motor ngebut keluar dari gang, otomatis kan dia injek rem, ternyata nggak nyampe & si tersangka juga ketubruk, jatuh semua. Cuma sayang, setelah 24 jam dirawat, temen TS nggak tertolong
. Pelajaran buat kita semua, gan. Nyelonong keluar dari gang itu membahayakan diri sendiri dan orang lain. Kucing aja yang nyelonong bisa bikin kecelakaan apalagi manusia? Jadi kalo ada orang yang klakson-klakson agan ketika agan keluar dari gang, jangan marah, tapi berterima kasihlah, agan telah diberi saran & peringatan buat mengurangi resiko kematian.
7. Moge (-motor body gede- Sport, touring, dkk) vs Mocil (motor body kecil -Bebek, matic, dkk)
Yang bawa moge biasanya suka trobos kanan kiri nggak jelas (mentang-mentang ada handguardnya) , bunyiin klakson tat-tet-tat-tet (mentang-mentang klaksonnya suaranya keras), gede-gedein suara knalpot (mentang-mentang knalpotnya ngebass) – nggak semua pengendara moge gitu. Tapi *mayoritas* para pengguna motor yang ukuran bodinya lebih gede pasti ngerasa lebih keren & lebih berkuasa/lebih jantan. Doktrin yang sudah ditanamkan semenjak iklan produk ntu motor keluar. Sehingga seolah-olah mereka ngerasa lebih mendominasi di jalan. Serasa seperti yang punya jalan, tapi percayalah, semua itu nggak akan berguna kalo ntu motor pajaknya telat.
Hak setiap pengendara sama, nggak peduli motor/ mobil mereka merk & jenis apa, yang membedakan cuma kewajiban berapa pajak yang harus dibayarkan. Inget gan, semakin tinggi harga kendaraan, semakin tinggi pula nominal pajak yang harus di bayarkan.
Sesama penguna jalan, hendaknya saling menghormati. Semua boleh mengakses jalan secara tertib, jangan menang sendiri. Yang punya motor gede & bagus, hargailah pengendara yang motornya kastanya lebih rendah, nggak perlu klakson-klakson kalo nggak dapet tempat di traffic light/jalan. Begitu pula untuk motor bebek/matic, berikan kenyamanan pengendara lain dalam berkendara, tertib laulintas, taati peraturan.
TS nggak memihak, soalnya TS berada di kedua belah pihak
- Kalo jalan jauh : pake motor gede, mesin motor biasa nggak begitu tangguh buat touring, apalagi TS juga pulang kampong ke jawa tengah. Bekasi-Magelang.
- Kalo lagi nyantai : Pake matic dong, lebih nyaman buat kerja & kemana-mana dalam lingkup kota. Nggak ribet juga
8. Motor & pengendaranya sama-sama pretelan
Ngerti kan gan, maksudnya? Yup.. pengendara motor tanpa helm & motor tanpa spion. Berapa kali kah agan nemu yang beginian? Wah, sampe nggak kehitung ya. Asal jangan pengendara dengan helm & spion tanpa motor
.
Selain berbahaya buat diri sendiri, berbahaya juga kan buat orang lain. Nggak cuma berbahaya, gan. Agan nggak mau kan tentunya shock setelah lewat pertigaan tiba-tiba ketemu razia & disuruh bayar denda sama petugas razianya? Jadi, biasakan kemana-mana pake atribut lengkap, gan, walaupun itu cuma ke ind*maret depan gang. Tapi akan lebih baik lagi kalo selama jarak yang ditempuh agan masih bisa ditolerir pake kaki, mending jalan kaki aja, lebih sehat, gan.
9. Kenapa motor nggak rodanya aja yang tiga?
Karena ada juga yang make motor buat bonceng 3. Ngeri banget gan liat yang bawa motor terus bonceng 3, terutama anak-anak yang masih labil gitu. Bahaya nggak sih? Tentu bahaya lah. Biasanya tersangkanya adalah anak-anak SMA/SMP/SD. Motor di design untuk mengangkut 2 penumpang + beberapa barang dengan bobot maksimum tertentu di beberapa titik.
Tapi gan, yang masih jadi pergulatan batin ane adalah keluarga kecil yang bawa motor 1 gitu. Mereka kan bonceng 3 (1 anak) atau kadang ada yang 4(2 anak). Antara ngeri & kasihan juga. Menurut agan gimana? Kalo itu ortu ane mungkin ane bakal nyaranin buat pergi pake angkutan umum aja ato nggak pergi sama seklai kalo semuanya harus ikut. Kasihan adek ane yang paling kecil, gan. Ngeri pokoknya.
Awardnya:
Berkendara itu hak setiap orang, tapi inget gan. Untuk mendapatkan hak agan berkendara, tentunya penuhi semua kewajibannya baik itu sebelum, sesudah, maupun ketika agan berkendara. Menaati peraturan itu sebenarnya mudah, menyenangkan, & aman. Tinggal bagaimana prakteknya aja. Inget, gan. Jangan egois di jalan raya. Semua pengendara punya hak untuk menggunakan jalan, bukan hak untuk melanggar peraturan. Hormati & hargai sesama pengguna jalan.
Dimulai dari 1 orang, dari hal yang kecil, begitu menyebar dan berkembang, pasti dampaknya akan besar. Siapa tau, dengan menaati peraturan yang ada, lalu lintas di sekitar kita jadi lebih baik & lebih lancar.
Kalo agan melihat ada pengendara yang nakal ataupun memiliki bad attitude dalam berkendara, positif thinking aja, bro:
“Mungkin dia SIMnya nembak”

Minta bantu dicomment ya, gan..

Jangan lupa juga buat :





Yang berkenan, TS welcome banget buat disegerin pake :



Dan mohon jangan timpuk TS pake :



Terima Kasih, Salam Laos

Latar belakang :
Spoiler for Lt:
Ane suka touring muter-muter Jakarta, kadang siang kadang malem. Selama perjalanan banyak fenomena-fenomena lalu lintas yang ane temui sepanjang jalan yang nggak sreg sama hati ane. Cie…
Berikut nominasinya

Nominasi :
Spoiler for Nominasi:
1. Macet
Spoiler for Macet:
Hal biasa yang tentunya terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Bahkan bisa dibilang tiap hari kita menghadapai kejamnya macet ibukota. Nggak cuma di jalan-jalan besar atawa jalan utama, bahkan di jalan alternatif pun yang katanya alternatif=lebih cepet lebih sedikit hambatan, kita masih nemuin yang namanya macet. Macet sering banget terjadi di sekitar pertigaan / perempatan. *Kalo perduaan biasanya lancer, gan

Panjang x lebar 1 kontainer(k) = 3 sedan(s).
Pengurangan 3 sedan menjadi 1 container = 3(s)-1(k) = 3(1)-1(3) = 3-3 = 0.
Hasilnya 0, tidak ada perubahan sama sekali. Semakin positif hasilnya, dapat dikatakan volume macet bisa berkurang, tapi ini tidak berlaku mutlak tentunya dan belum tentu bisa diterapkan.
Pelebaran jalan? Sama halnya dengan di atas. Faktor ukuran kendaraan & jumlah kendaraan juga berpengaruh - faktor x juga mempengaruhi perubahan nilai volume macet. Jadi solusinya?
*Ini masih menjadi sebuah misteri… *Yang bisa bantu comment ya, gan..

2. Zebra Cross buat siapa?
Spoiler for Zebra Cross buat siapa?:
Ini yang sering jadi pertanyaan TS ketika berhenti di persimpangan. Zebra cross sering banget dipake buat berhenti mobil & motor. Ane sering lihat di sebelah lampu merah itu kan ada peringatan buat berhenti di belakang garis marka ya? Tapi para pengendara tu tetep aja ada yang berhenti nglewatin garis marka. Apa mereka nggak lihat ada peringatannya, dan seandainya nggak ada banner peringatannya, apa para pengendara juga nggak tau tentang peraturannya? TS pernah waktu itu di klakson sama motor belakang TS, waktu itu TS berhenti di belakang garis marka, kebetulan TS agak di ke tengah, jadi kanan-kiri ada pengendara juga. Cuma bedanya TS berhenti di belakang garis marka, sementara pengendara sebelah TS berhentinya agak majuan (tepat di zebra cross). Kan otomatis jadi kaya ada ruang kosong di depan TS. Nah, mungkin gara-gara liat ruang kosong itu ya pengendara yang di belakang TS jadi ribut bunyiin klakson mulu. Sayangnya, di nggak bisa nyerobot kanan/kiri TS. Ya udah TS nikmati aja tu suara klakson di belakang sambil bikin pengendara yang di belakang ngasap



Dari situ TS cuma bisa nyimpulin “Mungkin tu pengendara SIM-nya nembak, atau amnesia sampe lupa peraturan-peraturan yang dipelajari & diujikan waktu ujian bikin SIM” Positif thinking aja, bro

3. Yang udah ijo aja nyaris ketrabak, apalagi masih merah.
Spoiler for Yang udah ijo aja nyaris ketrabak, apalagi masih merah:
Kebiasaan yang paling sering ditemui ketika nunggu di trafiic light dan dapet paling depan. Kesel nggak sih gan, kalo lagi enak-enak nunggu dengan sabar & dapet paling depan tiba-tiba dari belakang di klakson-klakson buat sepet jalan sementara traffic light masih merah? Biasanya para pengendara bakal tancap gas begitu lihat traffic light merah menunjukkan angka 3 atau 2. Dipikirnya segitu udah aman? Mungkin. Kenapa? Iya kalo yang dari arah lain taat peraturan & langsung pasang rem buat berhenti. Kalo misal dari arah lain ada pengendara yang coba ngejar lampu ijo supaya dia nggak perlu berhenti gara-gara lampu udah kuning, bukannya injek rem tapi malah tancap gas pol? Tabrakan kan pastinya? Bikin tambah macet lagi.
Mending tunggu sampe bener-bener ijo dulu, gan. Ibaratnya di Kaskus : Apa susahnya sih nunggu dapet cendol? Kalo bata aja diterobos, ya benjut kepala ente, gan

Kalo denger ada yang klakson dari belakang gara-gara masalah ntu, ane jadi pengen banget bawa banner terus dibentangkan kalo ada yang klakson kaya gitu, nyang kaya gini tulisannya:
“YANG UDAH IJO BARU LEWAT AJA HAMPIR KETABRAK, APALAGI YANG MERAH?”
4. In here, yellow mean : Speed up bro, not slow down
Spoiler for yellow man:
Ngaku hayo siapa yang sering kaya gitu? Pasti ini salah satu tersangka dari nominasi case diatas

- Situ telat berangkat kerja? Kenapa nggak siap2 dari tadi? Ketiduran? Kalo nggak penting makanya bobonya jangan malem-malem. Masih ngantuk pake ngebut juga

- Ada yang di rumah sakit/ keadaan genting? Mas/mbak, coba nglamar jadi supir ambulan di RS terdekat atau baca ini deh
http://www.hukumonline.com/klinik/de...eadaan-darurat
Nah, ngerti kan, gan? Apa susahnya buat menunggu dibandingkan dengan meresikokan nyawa kita? Pilih mana?
*Jomblo aja bisa nunggu, masa’ kamu nggak?*

5. Kecil-kecil motornya bagus
Spoiler for Cabe ini pasti:
Satu lagi yang cukup bikin miris, anak-anak dibawah umur pada bawa motor kebut-kebutan di jalan. Ya kalo situ punya aji-aji *Rawarontek* mah, sok mangga atuh kebut-kebutan di jalan. Banyak banget kan gan kita liat anak smp bahkan SD yang udah pada bawa motor. Kadang ugal-ugalan/kebut-kebutan sesuka hati nggak liat jalanan kanan kiri. Mana tak pakai helm pula?
GIliran ditilang mewek nggak ada duit buat sogok. Ironi sekali bukan?
Agan-agan yang punya adek/anak yang masih SD/SMP ane saranin mending dilarang dulu buat belajar bawa motor. Menggunakan kendaraan bermotor itu memang hak, tapi ada juga kan kewajiban yang harus dipenuhi sebelum mendapat hak tersebut? (exp : SIM).
6. Apaan tu yang keluar dari gang?
Spoiler for jangan-jangan:
Wussss… tanpa nengok kanan kiri. Yang keluar dari gang dan suka kebut-kebutan biasanya gitu. Sebelum keluar dari gang nggak pake berhenti, langsung tancap gas aja bro.. Toh yang hampir nabrak pasti menghindar. Menghindar ndiyyassssmuuu!! Yang ada pengendara lain tu shock tentunya, hilang kendali, kemungkinan bakal jatuh/nabrak. Pengalaman temen TS yang sekarang udah almarhum


7. Moge (-motor body gede- Sport, touring, dkk) vs Mocil (motor body kecil -Bebek, matic, dkk)

Spoiler for No SARA motor:
Yang bawa moge biasanya suka trobos kanan kiri nggak jelas (mentang-mentang ada handguardnya) , bunyiin klakson tat-tet-tat-tet (mentang-mentang klaksonnya suaranya keras), gede-gedein suara knalpot (mentang-mentang knalpotnya ngebass) – nggak semua pengendara moge gitu. Tapi *mayoritas* para pengguna motor yang ukuran bodinya lebih gede pasti ngerasa lebih keren & lebih berkuasa/lebih jantan. Doktrin yang sudah ditanamkan semenjak iklan produk ntu motor keluar. Sehingga seolah-olah mereka ngerasa lebih mendominasi di jalan. Serasa seperti yang punya jalan, tapi percayalah, semua itu nggak akan berguna kalo ntu motor pajaknya telat.

Hak setiap pengendara sama, nggak peduli motor/ mobil mereka merk & jenis apa, yang membedakan cuma kewajiban berapa pajak yang harus dibayarkan. Inget gan, semakin tinggi harga kendaraan, semakin tinggi pula nominal pajak yang harus di bayarkan.
Sesama penguna jalan, hendaknya saling menghormati. Semua boleh mengakses jalan secara tertib, jangan menang sendiri. Yang punya motor gede & bagus, hargailah pengendara yang motornya kastanya lebih rendah, nggak perlu klakson-klakson kalo nggak dapet tempat di traffic light/jalan. Begitu pula untuk motor bebek/matic, berikan kenyamanan pengendara lain dalam berkendara, tertib laulintas, taati peraturan.
TS nggak memihak, soalnya TS berada di kedua belah pihak

- Kalo jalan jauh : pake motor gede, mesin motor biasa nggak begitu tangguh buat touring, apalagi TS juga pulang kampong ke jawa tengah. Bekasi-Magelang.

- Kalo lagi nyantai : Pake matic dong, lebih nyaman buat kerja & kemana-mana dalam lingkup kota. Nggak ribet juga

8. Motor & pengendaranya sama-sama pretelan
Spoiler for Bisa gitu?:
Ngerti kan gan, maksudnya? Yup.. pengendara motor tanpa helm & motor tanpa spion. Berapa kali kah agan nemu yang beginian? Wah, sampe nggak kehitung ya. Asal jangan pengendara dengan helm & spion tanpa motor

Selain berbahaya buat diri sendiri, berbahaya juga kan buat orang lain. Nggak cuma berbahaya, gan. Agan nggak mau kan tentunya shock setelah lewat pertigaan tiba-tiba ketemu razia & disuruh bayar denda sama petugas razianya? Jadi, biasakan kemana-mana pake atribut lengkap, gan, walaupun itu cuma ke ind*maret depan gang. Tapi akan lebih baik lagi kalo selama jarak yang ditempuh agan masih bisa ditolerir pake kaki, mending jalan kaki aja, lebih sehat, gan.
9. Kenapa motor nggak rodanya aja yang tiga?
Spoiler for kenapa hayo?:
Karena ada juga yang make motor buat bonceng 3. Ngeri banget gan liat yang bawa motor terus bonceng 3, terutama anak-anak yang masih labil gitu. Bahaya nggak sih? Tentu bahaya lah. Biasanya tersangkanya adalah anak-anak SMA/SMP/SD. Motor di design untuk mengangkut 2 penumpang + beberapa barang dengan bobot maksimum tertentu di beberapa titik.
Tapi gan, yang masih jadi pergulatan batin ane adalah keluarga kecil yang bawa motor 1 gitu. Mereka kan bonceng 3 (1 anak) atau kadang ada yang 4(2 anak). Antara ngeri & kasihan juga. Menurut agan gimana? Kalo itu ortu ane mungkin ane bakal nyaranin buat pergi pake angkutan umum aja ato nggak pergi sama seklai kalo semuanya harus ikut. Kasihan adek ane yang paling kecil, gan. Ngeri pokoknya.
Awardnya:
Spoiler for Tada!!!!!:
Berkendara itu hak setiap orang, tapi inget gan. Untuk mendapatkan hak agan berkendara, tentunya penuhi semua kewajibannya baik itu sebelum, sesudah, maupun ketika agan berkendara. Menaati peraturan itu sebenarnya mudah, menyenangkan, & aman. Tinggal bagaimana prakteknya aja. Inget, gan. Jangan egois di jalan raya. Semua pengendara punya hak untuk menggunakan jalan, bukan hak untuk melanggar peraturan. Hormati & hargai sesama pengguna jalan.
Dimulai dari 1 orang, dari hal yang kecil, begitu menyebar dan berkembang, pasti dampaknya akan besar. Siapa tau, dengan menaati peraturan yang ada, lalu lintas di sekitar kita jadi lebih baik & lebih lancar.
Kalo agan melihat ada pengendara yang nakal ataupun memiliki bad attitude dalam berkendara, positif thinking aja, bro:
“Mungkin dia SIMnya nembak”

Minta bantu dicomment ya, gan..


Jangan lupa juga buat :
Spoiler for rate:





Yang berkenan, TS welcome banget buat disegerin pake :
Spoiler for fresh:



Dan mohon jangan timpuk TS pake :
Spoiler for fresh:



Terima Kasih, Salam Laos

Diubah oleh User telah dihapus 23-05-2014 10:46
0
2.9K
Kutip
14
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan