Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nurapriyansyahAvatar border
TS
nurapriyansyah
Peneliti LIPI: Masyarakat Ingin Capres yang Sederhana
Jakarta - Dua bakal pasangan capres telah mencurahkan semua gagasan mereka tentang Indonesia 5 tahun dalam visi misi yang disetorkan ke KPU, meski ada yang akan merevisi. Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Siti Zuhro, menilai masyarakat akan senang dengan visi misi yang mencerminkan nilai-nilai kerakyatan.

"Masyarakat hanya melihat tongkrongan, tongkrongan itu sosok. Jadi dia punya leadership nggak. Bukan materi apalagi hedonis, masyarakat nggak suka," kata Siti Zuhro usai diskusi di Warung Daun, Jl Cikini Raya, Jakpus, Sabtu (24/5/2014).

"Masyarakat ingin capres itu yang sederhana yang betul-betul cerminkan kesusahan masyarakat," tambahnya.

Siti menilai, pemahaman tentang kerakyatan itu yang harusnya bisa diuraikan secara baik dan sederhana dalam visi misi oleh pasangan capres. Lalu mereka mensosialisasikannya sehinga bisa dikritisi bersama.

"Misal melihat meningkatnya indeks kesengsaraan masyarakat yang makin tinggi, dengan cara apa kemiskinan dan pengangguran terkurangi? Itu harus dijelaskan melalui bidang otonomi daerah atau pembangunan sumber daya alam? Itu kan masing-masing ada," paparnya.

Siti meminta pasangan calon dan tim parpol serius mensosialisasikan visi misi yang mereka usung, dan menjelaskan secara rinci karena visi misi kedua pasagan capres nyaris sama.

"Lewat sosialisasi kita mintakan gimana mereka berikan visi misi tersebut. Nanti masyarakat tanya silakan dijelaskan. Jadi jelas ini nantinya hanya angin surga atau betul ada harapan," ucapnya.
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
775
5
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan