fufu27Avatar border
TS
fufu27
[Speaker] Edifier R900T, potensi performa 3x harganya!
Budayakan beri postingan komentar dan kasih rate di thread ane yah emoticon-Big Grin
emoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio

mw review speaker nih, Edifier R900T ane dapet sekon dari FJB dengan kondisi like new. kata seller lawasnya sih speaker ini kurang kencang suaranya. Dan setelah liat spesifikasinya ternyata emang total powernya cm 10 watt RMS. yah terbilang kecil utk bersaing dengan spiker2 simbadda pada kususnya hehe.

tapi, klo gak spesial suaranya ngapain ane sampai review di sini?
spesialnya dimana? mari kita lihat dr beberapa aspek, antara lain harga/ built quality/ sound quality dan potensi. mari disimak, berhubung ini sangatlah subyektif jadi klo ada pro kontra ane minta maaf
Spoiler for spesifikasi R900T:

Spoiler for penampakan R900T:

Price vs Built Quality
speaker ini keren built nya, pakai kayu seperti bookshelf biasa, bahan penutup depannya pun bagus dan warnanya keren gak kliyatan klo harganya under 400k hehe, temen2 ane yg liat pasti nyangka ini spiker passive cz tombol ada diblakang dan bentuknya woody banget dengan dilapisi warna hitam sebagai finising. Rata2 ngira ini spiker monitor harga jutaan hehe, syg panel dibelakang spiker yg buat susah klo mau atur2 volume/ bassnya.

Price vs Sound Quality =adapun file yg saya pakai cm hasil download'an youtube HD x-factor UK dan beberapa lagu2 flac semacam led zeppelin, pink floyd, maroon5, toto, beyonce dan lagu2 all genre lainnya. ruangan ane 3x3 posisi duduk lesehan dan pakai laptop ASUS A43SJ sebagai tester dan cmoy 3CH buatan sendiri klo dirasa masih kurang.

BASS = yg dihasilkan ane kira kecil dan klo settingan di full kan bakal boomy dan suaranya boxy nurut ane. tapi sangat punchy dan utk midbassnya sama skali gak bikin malu, cz spesialnya dia bermain di mid bass yg sangat nyaman didengarkan di volume yg tinggi skalipun, suara2 drum di toto terasa riil dan ajeb2nya lagu2 pitbull juga enak disini, utk ukurannya gak ngira dah bassnya bisa gini, itu ane setting 3/4 dr full bass.
produksi bassnya gak menutupi treble/ mid nya.

VOKAL = vokalnya riil banget, klo didengarkan utk vokal cewe bisa bikin suara tuh vokalis serasa main di nada tinggi dengan smooth dan klo vokal cowo, low nya juga terasa bnget bikin merinding apalagi buat lagu2 audiophile serta video2 youtube x-factor luar negeri, rasanya kita berasa jadi penonton live nya. so imagine dari vokal di R900T ini ane kira baik sekali, apalagi penambahan eksternal DAC sangat lah berguna utk mendongkrak volume dan detilnya. nafas terdengar jelas, tidak lelet dan rasanya bertenaga, belum nemu sibilan disini gan, halus tapi bertenaga.

TREBLE = utk lagu2 mr.big ane kira cocok banget sebagai tester utk
spiker ini cz suara2 cabikan2 gitar serasa forward tanpa nutupin sektor lain, tentu aja micro detil seperti suara kacang hijau esek2 terasa banget biarpun volume nya dikecilkan dan klo dibesarkan volumenya ane kira masih cukup halus dan detil treblenya,

KESIMPULAN = klo dibandingkan dengan T&V Vertrag ane masih pegang R900T utk bassnya, tapi utk dilawankan dengan kurbis ane kira bassnya masih enak kurbis, ya tapi itu aja harganya juga lebih dari 3 kali lipat R900T ini, hny aja utk melibas vertrag yg harganya 600an dah mampu banget (tapi syaratnya kudu colok ke external DAC ky fiio E07k/ E10/ cmoy 3CH) hehhe, dan bisa mendongkrak 2x performa awal dengan SC std laptop ane, utk lagu2 audiophile serasa berada didalam lounge/ lobby sebuah hotel bintang 5 menurut ane cz soundstage yg dihasilkan bisa dibilang luas banget utk harga segini. buat anak2 yg suka lagu rock ane kira cocok, cz bassnya jauh dari kesan lelet.

PLUS =
  • Harga vs performa mantab
  • 2.0, detil/ staging/ soundstage mantab
  • dipakai dikamar cocok
  • built + design mantab
  • listrik PLN powered

MINUS =
  • power kecil
  • potensi kluar klo ada eksternal DAC/ source yg powerful
  • bass klo dibesarkan boomy
  • panel dibelakang (susah gapai-nya)

review lainnya ada disini : http://www.kaskus.co.id/profile/view...hreads/4094294
0
42.8K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan